Sukses

5 Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Secara Alami, Mudah dan Cepat

Sabun cuci piring bisa digunakan untuk mengatasi wc mampet.

Liputan6.com, Jakarta Water closet atau WC mampet merupakan masalah besar yang kerap diresahkan bagi pemilik rumah. Mereka pun mencari berbagai cara mengatasi WC jongkok mampet untuk mengembalikan fungsinya secara maksimal. 

Ada banyak faktor penyebab WC jongkok mampet, salah satu yang paling sering terjadi akibat kebiasaan buruk membuang sampah ke dalam wc jongkok. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cara mengatasi wc jongkok mampet secara alami.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan dapur untuk mengatasi WC jongkok mampet ini. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mengatasi WC mampet dengan bahan-bahan alami ini.

Enggak ribet, berikut lima cara mengatasi WC jongkok mampet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Wc Jongkok Mampet

Sebelum mengetahui cara mengatasi WC jongkok mampet, kamu perlu mengetahui apa yang menyebabkan WC jongkok bisa mampet. Dirangkum dari berbagai sumber, penyebab WC jongkok mampet karena kebiasaan buruk membuang sampah ke dalamnya.

Membuang sampah ke dalam WC jongkok dapat menghambat kinerjanya dalam mendorong kotoran. Sampah yang biasa dibuang ke dalam WC jongkok seperti tisu, pembalut, tusuk gigi, tisu basah, hingga popok bayi.

Untuk menghindari WC jongkok mampet, alangkah baiknya tidak membuang barang apapun ke dalamnya. Kamu bisa menyediakan tempat sampah di sekitar toilet agar tidak membuang sampah ke dalam WC jongkok.

Apabila masalah wc jongkok mampet sudah terjadi, maka kamu perlu mengetahui cara mengatasi WC jongkok mampet.

3 dari 7 halaman

Menggunakan Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi wc jongkok mampet pertama yang bisa kamu coba dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring. Cara melakukannya cukup mudah.

Cukup siapkan satu cangkir sabun cuci piring cair, air panas yang cukup banyak, dan handuk. Letakkan handuk di lantai sekitar WC untuk melindunginya dari tumpahan air wc.

Lalu masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga sabun mengendap. Sabun cuci piting berguna untuk melicinkan pipa saluran wc agar benda yang menyumbatnya mampu mengalir ke dalam septic tank dengan mudah.

Setelah itu, tuangkan air panas sebanyak mungkin namun jangan sampai keluar dari WC. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya siram dengan air biasa untuk mengecek apakah WCmasih tersumbat atau tidak.

Apabila WC jongkok masih mampet, lakukan cara mengatasi wc jongkok mampet secara alami dengan berulang hingga beroperasi dengan normal.

4 dari 7 halaman

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi WC jongkok mampet selanjutnya dengan menggunakan baking soda dan cuka. Baking soda dan cuka merupakan bahan dapur yang dipercaya ampuh untuk mengatasi ragam permasalahan hunian. Mulai dari membersihkan kotoran membandel hingga mengatasi wastafel tersumbat.

Selain wastafel tersumbat, baking soda dan cuka juga dapat mengatasi WC jongkok mampet. Cara melakukannya cukup mudah. Cukup menebarkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC.

Kemudian tunggu hingga mengendap. Setelah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar agar cuka tersebar merata.

Cara mengatasi WC jongkok mampet ini akan menghasilkan gelembung-gelembung dan reaksi kedua bahan tersebut. Pastikan gelembung-gelembung tersebut tidak keluar dari WC jongkok.

Tunggu hingga kurang lebih selama satu jam. Setelah itu, siram dengan menggunakan air biasa. Apabila masih mampet, lakukan cara mengatasi WC jongkok mampet ini dengan manambahkan baking soda dan cuka lebih banyak.

Kemudian diamkan semalaman untuk mendapatkan hasilnya. Keesokan harinya kamu akan mendapati WC jongkok sudah tidak mampet lagi.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Gantungan Baju Kawat

Cara mengatasi wc jongkok mampet selanjutnya dengan menggunakan gantungan baju kawat. Penggunaan gantungan baju kawat dilakukan apabila penyebab WC jongkok mampet tidak terlalu jauh dari corong WC-nya.

Cara melakukannya cukup dengan memotong kawat gantungan baju menjadi lurus. Bungkus bagian ujung kawat yang tajam dengan kain seperti kain perca dan selotip agar tidak membuat WC jongkok rusak.

Lalu, masukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam WC jongkok. Cara ini dilakukan untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank.

Apabila berhasil, maka akan ditandai dengan menyusutnya air WC. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan air biasa. Jika WC jongkok masih mampet, maka kamu perlu cara mengatasi WC jongkok mampet yang lainnya.

 

6 dari 7 halaman

Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

Cara mengatasi wc mampet selanjutnya lebih dianjurkan untuk WC duduk. Gunakan plastik pembungkus makanan bening, yang biasa digunakan sebagai pembungkus buah potong dan sayuran di supermarket.

Siapkan plastik pembungkus makanan dan gunakan untuk menutupi dudukan pada WC. Pastikan plastik benar-benar menempel. Kemudian tekan tombol flush.

Plastik pembungkus ini akan mengembang. Lakukan menekan flush secara berulang. Cara ini berguna untuk mengatasi WC duduk mampet guna menekan balik udara ke dalam wc, sehingga udara tersebut mendorong benda yang menyumbat WC.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Penyedot Khusus Wc

Apabila cara mengatasi wc jongkok mampet di atas tidak ada yang berhasil, maka kamu bisa menggunakan penyedot khusus WC. Pluger merupakan alat khusus yang dirancang untuk menyedot WC yang mampet.

Cara mendapatkannya cukup mudah. Begitu juga dengan cara menggunakan pluger hanya dengan memasangkannya pada lubang atau aliran WC dan tarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini