Sukses

12 Manfaat Edamame untuk Kesehatan, Kaya Protein

Liputan6.com, Jakarta Kacang edamame merupakan kacang kedelai utuh yang masih muda ketika dipanen. Kacang ini belum dikeluarkan dari kulitnya, masih berwarna hijau dan memiliki rasa gurih. Kacang ini biasa direbus untuk dimakan langsung atau dimasukkan pada campuran masakan.

Kacang edamame adalah makanan dan camilan nabati populer yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kacang ini kini banyak dijual di supermarket atau pasar. Kacang edamame secara alami bebas gluten dan rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, dan merupakan sumber protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik.

Meski begitu, makanan kedelai masih dianggap kontroversial. Beberapa orang menghindari makan kedelai secara teratur, sebagian karena mereka dapat mengganggu fungsi tiroid. Namun, mengonsumsi kedelai termasuk edamame dalam jumlah yang tidak berlebihan, masih tergolong aman dan tidak menganggu kesehatan.

Berikut 12 manfaat edamame untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/12/2019).

2 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Tinggi protein

Kacang-kacangan termasuk edamame adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Secangkir (155 gram) edamame yang dimasak menyediakan sekitar 18,5 gram protein.

Edamame merupakan sumber protein utuh yang menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Protein yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang optimal.

Bantu turunkan berat badan

Makanan tinggi protein dan rendah lemak dapat menekan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan. Edamame tinggi protein dan rendah lemak yang cocok dimasukkan dalam makanan diet sehat. Protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengurangi kelebihan lemak tubuh.

3 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Turunkan kolesterol

Protein kedelai dinilai mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain menjadi sumber protein kedelai yang layak, edamame kaya akan serat sehat, antioksidan dan vitamin K. Senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, ukuran lemak termasuk kolesterol dan trigliserida.

Aman untuk penderita diabetes

Seperti kacang lainnya, edamame tidak meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Edamame memiliki kandungan karbohidrat rendah yang terdiri dari protein dan lemak. Indeks glikemik yang dimiliki kacang ini aman untuk penderita diabetes.

4 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Turunkan risiko kanker payudara

Ada kontroversi tentang efek kedelai terhadap risiko kanker payudara. Beberapa isoflavon dalam kedelai, yang dikenal sebagai fitoestrogen, tampaknya bertindak dalam cara yang mirip dengan estrogen. Kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara spesifik.

Tapi, studi pada wanita di Asia, sebaliknya, menyimpulkan bahwa kedelai dapat mengurangi risiko kanker payudara. alah satu alasannya adalah bahwa genistein, isoflavon utama dalam kedelai, mengandung sifat antioksidan yang dapat menghambat, pertumbuhan sel kanker.

Menurut American Cancer Society (ACS), bukti sampai sekarang tidak menunjukkan bahwa produk kedelai meningkatkan risiko payudara atau jenis kanker lainnya. ACS menyimpulkan bahwa manfaat mengonsumsi kedelai mungkin lebih besar daripada risiko buruknya.

Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Studi menunjukkan bahwa kedelai, seperti edamame, tidak hanya menguntungkan wanita. Edamame juga melindungi pria terhadap kanker prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk kedelai seperti edamame dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 30%.

5 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Mengurangi Gejala Menopause

Isoflavon dalam kedelai dapat mengurangi gejala menopause. Beberapa jenis bakteri dapat mengubah isoflavon menjadi equol, senyawa yang dapat meringankan gejala menopause.

Sehatkan tulang

Setiap cangkir edamame yang dimasak mengandung sekitar 1,6 miligram mangan. Mangan penting untuk membangun tulang yang kuat. Kacang-kacangan juga tinggi kalium dan magnesium yang mendukung kesehatan tulang. Beberapa penelitian observasional menemukan bahwa mengonsumsi produk kedelai secara teratur, yang kaya isoflavon, dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause.

6 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Sehatkan otak

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi isoflavon kedelai dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Isoflavon kedelai edamame dapat membantu meningkatkan aspek berpikir dan kognisi, seperti memori nonverbal dan kefasihan verbal.

Cegah penyakit kardiovaskular

Edamame dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Melalui kandungan serat, kandungan antioksidan, dan mekanisme lainnya, edamame juga mendukung kesehatan jantung dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Menurut American Heart Association, mengonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, edamame memiliki konsentrasi asam alfa-linolenat (AHA) tinggi yang dapat dikonversi oleh tubuh menjadi EPA dan DHA, senyawa yang terkait dengan menurunkan kolesterol darah dan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

7 dari 7 halaman

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Atasi depresi

Edamame mengandung folat yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan DNA dan pembelahan sel yang tepat. Asupan folat yang cukup dapat membantu mencegah depresi.

Folat dapat menghentikan prodksi homocysteine berlebih. Homocysteine tingkat tinggi dapat mencegah darah dan nutrisi lainnya mencapai otak, dan hormon dapat mengganggu produksi hormon serotonin yang membantu suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Tingkatkan kesuburan

Mengonsumsi lebih banyak zat besi dan protein dari sumber tanaman seperti edamame, bayam, kacang-kacangan, labu, tomat, dan bit dapat meningkatkan kesuburan atau menurunkan risiko gangguan ovulasi. Edamame adalah sumber zat besi, folat, dan protein nabati yang baik untuk kesuburan.