Sukses

Jenis Kaca Film Mobil, Ketahui Bahan Terbaik dan Merek yang Populer

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan jenis kaca film mobil harus diperhatikan saat ingin melapisi kaca mobil. Pasalnya, kaca film pada mobil tak cuma menawarkan tampilan mobil yang lebih privasi namun juga melindungi kendaraan dan penumpangnya dari sinar UV yang berbahaya dari matahari.

Kaca film adalah film laminasi tipis yang dapat dipasang pada interior atau eksterior permukaan kaca pada mobil atau eksterior kaca di rumah dan bangunan. Ada banyak jenis kaca film mobil yang bisa digunkanan. Jenis kaca film mobil dikategorikan secara umum berdasarkan komponen konstruksinya dan berdasarkan kinerja teknisnya.

Memilih jenis kaca film mobil yang paling tepat adalah sedikit tantangan bagi sebagian besar pemilik mobil. Jenis kaca film mobil yang tepat untuk mobil, bagaimanapun, akan tergantung pada kebutuhan dan budget yang dimiliki. Masing-masing dari jenis kaca film mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut jenis kaca film mobil yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/12/2019).

2 dari 5 halaman

Jenis kaca film mobil sesuai bahannya

Dyed Window Tinting

Kaca ini terbuat dari lapisan film poliester dicelup diapit antara lapisan perekat dan mantel keras anti gores. Dyed Window film merupakan pilihan yang relatif murah namun efektif dapat menghalangi sinar matahari. Beberapa lapisan pewarna menyerap dan mencegah panas matahari lewat. Namun, tingkat pengurangan panas secara substansial lebih rendah daripada jenis film lainnya. Penampilan buram meningkatkan privasi di mobil, tetapi cenderung memudar seiring waktu dan perlu diganti.

Metalized Window Tinting

Mirip dengan Dyed Window, jenis kaca film mobil ini menggunakan enggunakan partikel logam kecil untuk menghalangi sinar matahari. Filter otomatis metalized menyaring panas dengan memantulkannya dan tidak akan mudah pudar. Partikel-partikel yang hampir tak terlihat yang tertanam dalam film memberikan kilau berbeda ke kaca mobil. Metalized Window Film luar biasa dalam hal daya tahan, pengurangan silau yang efektif, dan kualitas pemblokiran UV yang efisien.

3 dari 5 halaman

Jenis kaca film mobil sesuai bahannya

Hybrid Window Tinting

Seperti namanya, jenis pewarnaan jendela otomatis ini terdiri dari partikel pewarna dan logam. Film hibrida menawarkan keunggulan masing-masing sekaligus mengurangi aspek negatif. Titanium dan pewarna abu-abu adalah kombinasi umum yang tidak terlalu gelap atau terlalu reflektif, yang menjadikannya pilihan yang fantastis untuk mendapatkan privasi dan perlindungan yang cukup dari panas dan sinar UV.

Carbon Window Tinting

Carbon Window Tinting memiliki hasil akhir matte unik yang menghasilkan kendaraan yang menarik. Jenis kandungan karbon pada jendela ini memblokir persentase yang baik sekitar 40% dari radiasi IR yang memanaskan interior mobil. Film karbon itu sendiri sangat tahan lama dan tidak akan pudar seperti jenis kaca film lainnya.

Ceramic Auto Window Tinting

Film keramik dianggap memberikan kualitas warna tinggi dan kinerja tinggi. Terbuat dari partikel keramik, ini menunjukkan sifat non-konduktif sambil memblokir hingga 50% dari panas matahari dan hingga 99% dari sinar UV memasuki interior mobil. Sebagai jenis pewarnaan jendela mobil yang relatif baru, jenis keramik mungkin harganya mahal.

4 dari 5 halaman

Merk kaca film mobil yang populer

V-Kool

Beberapa pabrikan menggunakan produk kaca film V-Kool sebagai original equipment manufacturer (OEM).

Kaca film V-Kool adalah polyester film transparan yang memantulkan inframerah yang dapat direkatkan ke permukaan kaca yang pada awalnya dikembangkan untuk program ruang angkasa dan saat ini diadaptasi untuk penggunaan komersial.

Masterpiece

Kaca film Masterpiece dibuat dengan perpaduan dua teknologi terbaik dari Jepang yaitu Sputtered Technology dan Heat Shielding (perisai panas) Technology, sehingga menghasilkan kaca film dengan kekuatan maksimal untuk menolak panas serta membentuk suatu perisai yang hebat dalam menangkal sinar ultraviolet dan infrared dari matahari.

3M

Kaca film 3M dirancang untuk menambah kenyamanan, melindungi interior kendaraan dan pengendara, serta dilengkapi dengan teknologi yang dapat meminimalisir efek panas dan negatif dari sinar matahari.

3M memiliki berbagai produk kaca film yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti 3M Crystalline dan 3M Black Beauty, kedua varian kaca film tersebut memiliki kejernihan visibilitas yang unggul dan tampilan yang premium.

5 dari 5 halaman

Merk kaca film mobil yang populer

First Klass

Kaca film First Klass merupakan kaca film Nano Hybrid Serum yang diciptakan dengan teknologi teratas (top of the top technology) dari pabrikan kelas dunia. Kaca film First Klass memiliki kemampuan menolak panas infrared dan sinar ultraviolet (UV 400) yang sempurna, mengandung SPF 1300+ sehingga dapat mencegah kanker kulit dan kerusakan mata akibat sinar matahari.

Teknologi Nano Hybrid Serum pada kaca film First Klass adalah teknologi peleburan partikel nano serum pada permukaan polyester secara berlapis sehingga tercipta kaca film dengan lapisan optik berkualitas tinggi.

O2

Kaca film O2 adalah kaca film organik pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dalam teknologi kaca film banyak digunakan zat atau bahan kimia yang mudah menguap apabila terkena panas. Pada saat mobil parkir di bawah sinar matahari maka suhu dalam kabin akan naik terutama disebabkan karena kaca mobil yang panas akibat terpapar sinar matahari langsung. Ini menyebabkan berbahaya karena zat kimia tertentu dari kaca film akan menguap.

Loading