Sukses

12 Makanan untuk Anak saat Terserang Demam, Bantu Cepat Pulih

Makanan ini bisa bantu sembuhkan demam anak.

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan tiba, anak bisa rentan tekena penyakit seperti demam. Demam bisa menjadi pertanda baik bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja dengan efektif. Demam terjadi ketika suhu tubuh naik di atas kisaran normal 36-37 ° Celcius.

Suhu tubuh yang tinggi, atau demam adalah salah satu cara sistem kekebalan tubuh kita berupaya memerangi infeksi. Biasanya, kenaikan suhu tubuh membantu tubuh menyelesaikan infeksi. Suhu tinggi bisa mengkhawatirkan, tetapi pada anak yang sehat biasanya itu bukan sesuatu yang serius.

Meski merupakan gangguan ringan, demam bisa menjadi masalah tersendiri pada anak. Demam pada anak terutama anak yang lebih kecil akan membuatnya rewel. Suhu tubuh yang panas ditambah gejala lain seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa menimbulkan kegelisahan tersendiri bagi orang tua.

Selain kompres air dan obat, ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan demam dan mempercepat pemulihan. Berikut makanan yang dapat mengatasi demam pada anak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(23/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan berkuah

Sup ayam

Sup ayam sering direkomendasikan sebagai obat untuk gejala flu seperti demam dan pilek. Sup ayam adalah sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein yang mudah dikonsumsi. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar saat sakit.

Sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik untuk hidrasi. Tubuh juga akan membutuhkan lebih banyak cairan jika demam. Sup ayam juga menghambat aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat.

Kaldu

Mirip dengan sup ayam, kaldu adalah sumber hidrasi yang sangat baik saat anak demam. Kaldu tulang mengandung kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat dan fosfor. Minum kaldu adalah cara yang baik untuk tetap terhidrasi.

Menggunakan kaldu juga bisa membantu menambah nafsu makan anak. Pada saat sakit atau demam, anak cenderung rewel karena perut yang terasa tidak nyaman karena harus mengonsumsi makanan padat.

3 dari 7 halaman

Buah-buahan

Alpukat

Alpukat merupakan buah rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak. Secara khusus, alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun. Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang dapat mempercepat penyembuhan saat sakit.

Alpukat adalah makanan yang baik ketika sakit karena memberikan kalori, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Alpukat juga lunak, relatif hambar dan mudah dimakan anak. Karena lemak sehat yang terkandung dalam alpukat, terutama asam oleat, mereka membantu mengurangi peradangan sambil juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah terbaik untuk demam karena manis, sehat, kaya air, dan bersifat mendinginkan tubuh. Semangka membantu anak tetap terhidrasi dan mempercepat proses pemulihan dan metabolisme energi dalam tubuh. Makan beberapa irisan semangka setelah makan berat bisa membantu mengendalikan panas tubuh.

4 dari 7 halaman

Buah-buahan

Buah-buahan jeruk

Buah jeruk, seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali, mengandung kadar flavonoid dan vitamin C yang tinggi. Buah ini bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu melawan demam.

Buah beri

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang disebut quercetin, yang juga ditemukan dalam buah beri, dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Virus ini bertanggung jawab atas sebagian besar flu yang menyebabkan demam.

5 dari 7 halaman

Makanan kaya protein

Telur

Telur mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan saat demam. Mengonsumsi protein saat demam dapat membantu memberikan sistem kekebalan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.

Susu

Susu adalah sumber kaya protein berkualitas yang mengandung semua sembilan asam amino esensial. Susu juga mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Nutrisi ini penting dipenuhi saat anak sedang sakit untuk mencegah peradangan dan mempercepat pemulihan.

6 dari 7 halaman

Makanan kaya probiotik

Yogurt

Yogurt adalah makanan yang sangat baik untuk dimakan saat demam dan sakit. Yoghurt juga kaya akan kalsium dan penuh dengan vitamin dan mineral lainnya. Beberapa yogurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat. Mengonsumsi yogurt dapat mempercepat pemulihan aank dari demam. Mengonsumsi makanan probiotik secara teratur yang mengandung bakteri hidup yang menguntungkan, dapat menurunkan demam pada anak yang sakit.

Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan fermentasi terbaik untuk sumber probiotik. robiotik dari tempe dapat menambah jumlah bakteri alami dalam usus. Anak-anak yang mengonsumsi makanan kaya probiotik dapat pulih lebih cepat dan cenderung bisa terhindar dari demam selanjutnya.

7 dari 7 halaman

Perbanyak cairan

Air kelapa

Air kelapa baik untuk menstabilkan suhu tubuh. Saat demam, tubuh banyak berkeringat, muntah, atau diare, ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak air dan elektrolit. Air kelapa mampu mengisi kembali kebutuhan cairan dan elektrolit. Selain manis dan beraroma, air kelapa mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan untuk rehidrasi.

Air jahe

Cara lain untuk mengobati demam adalah dengan menggunakan jahe. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membuang kuman yang tidak diinginkan, dan membantu fungsi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini