Sukses

6 Keindahan Masjid Shah Cheragh, Terbuat dari Jutaan Cermin dan Kaca

Liputan6.com, Jakarta Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Kini, banyak masjid yang didesain sedemikian rupa agar memiliki kesan dan ciri khas tersendiri. Tak hanya itu, sekarang banyak sekali masjid yang dibangun seindah mungkin agar siapa saja nyaman dalam beribadah. 

Seperti salah satu masjid di Iran ini. Maskid tersebut memiliki keunikan dan keindahan yang memanjakan mata siapa saja yang datang ke sana. Meskipun berada di persimpangan Eropa dan Asia, penduduk Iran mayoritas beragama Islam.

98 persen penduduk Iran sendiri adalah beragama Islam. Tak heran jika banyak ditemukan masjid di sana. Salah satunya adalah Masjid Shah Cheragh yang memiliki keindahan yang luar biasa. Berada di Kota Shiraz, penampilan masjid ini sekilas sama seperti masjid-masjid pada umumnya.

Namun jika kamu beranjak ke kedalam, kamu akan dibuat kagum dengan arsitektur dan interiornya. Masjid dengan arsitektur Islam ini dibangun pada abad ke-14. Kadang, masjid ini disebut dengan Masjid Emerald, seperti yang Liputan6.com lansir dari Apochi, Senin (23/12/2019).

Berikut 6 keindahan Masjid Shah Cheragh yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Masjid Shah Cheragh hingga kini menjadi salah satu tempat ziarah populer di kalangan umat Islam-Syiah.

3 dari 7 halaman

2. Masjid Shah Cheragh memiliki keunikan yairu dibangun dengan mayoritas interior dari kaca dan cermin.

4 dari 7 halaman

3. Interior kaca mulai dibuat di era pemerintahan Ratu Tashi Khatun. Saat itu, ia menginginkan agar interior bangunan bisa memantulkan cahaya seribu kali lipat.

5 dari 7 halaman

4. Dari sini lah ide tersebut muncul. Masjid Shah Cheragh terdiri dari jutaan cermin kecil yang memantulkan cahaya dari segala arah, sehingga menimbulkan kesan layaknya berlian.

6 dari 7 halaman

5. Tak hanya untuk ibadah, masjid ini juga merupakan tempat pemakaman tokoh-tokoh muslim di Iran. Tak heran jika tempat ini jadi tempat ziarah terpopuler.

7 dari 7 halaman

6. Pemerintah Iran pun juga terus memperluas halaman Masjid Shah Cheragh hingga menjadi seluas sekarang.