Sukses

12 Makanan Khas Daerah Sulawesi Utara, Penuh Cita Rasa

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas daerah Sulawesi Utara tak boleh dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke provinsi ini. Provinsi dengan ibu kota Manado ini menyimpan ragam kuliner yang siap menggoyang lidah. Makanan khas daerah Sulawesi Utara yang dapat dicoba mulai dari makanan utama hingga makanan ringan pencuci mulut.

Makanan khas daerah Sulawesi Utara dikenal sebagai Masakan Minahasa atau Masakan Manado. Makanan khas daerah Sulawesi Utara biasanya didominasi dengan olahan makanan laut, daging, dan cita rasa pedas.

Kue-kue atau makanan ringan dalam makanan khas daerah Sulawesi Utara unik karena terpengaruh kuliner Eropa. Makanan khas daerah Sulawesi Utara juga dikenal dengan bumbu rempah dan cita rasa pedasnya.

Makanan khas daerah Sulawesi Utara dapat dengan mudah ditemui di tiap sudut Sulawesi Utara. Berikut 12 makanan khas daerah Sulawesi Utara yang berhasli Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019).

2 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Bubur dan nasi

Bubur Manado

Bubur Manado atau Tinutuan merupakan makanan khas daerah Sulawesi Utara yang paling populer. Bubur Manado merupakan olahan bubur dengan campurang berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, jagung, singkong atau ubi, dan kemangi. Di Manado, Tinutuan biasa disajikan berasama sambal roa, dabu-dabu, atau ikan cakalang.

Tinutuan juga dapat dicampur dengan sup kacang merah yang disebut brenebon. Tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini kadang juga ditambahkan tetelan sapi.

Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan olahan nasi khas Sulawesi Utara. Cara memasak nasi jaha mirip dengan nasi lemang khas Sumatera.

Nasi jaha yang merupakan campuran beras dan ketan dibumbui dengan rempah seperti jahe, bawang merah, bawang putih, dan garam. Seluruh bahan dimasukkan ke dalam batang bambu dan kemudian dibakar dalam bara api. Nasi Jaha disajikan dengan dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 cm dan dimakan bersama sajian khas lainnya.

3 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Olahan ikan

Mie cakalang

Mie cakalang merupakan olahan mi dengan kuah cakalang. Kuliner ini berisi mi kuning, ikan cakalang, caisim, kubis, cabai, daun bawang, bawang merah dan bawang putih.

Mie cakalang menjadi kuliner khas Manado yang tak kalah populer dari bubur Manado. Mie cakalang dapat ditemukan di tiap sudut kota di Manado dengan harga terjangkau.

Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan olahan ikan cakalang atau tongkol yang dibumbui, dijepit dengan kerangka bambu, dan diasap hingga matang. Kuliner ini merupakan hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Daging ikan dibaluri garam dan bubuk soda.

Cakalang Fufu biasa dikonsumsi bersama nasi panas dan dabu-dabu. Suwiran daging cakalang fufu juga dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.

4 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Masakan unik

Dabu Dabu

Dabu-dabu adalah jenis sambal khas Sulawesi Utara yang biasa disajikan bersama ikan atau bubur Manado. Dabu-dabu terdiri dari irisan cabai merah, rawit, bawang merah, tomat, jeruk nipis, kemangi, dan garam. Dengan varian yang beragam seperti dabu dabu iris, dabu dabu bakar, dabu dabu lilang, serta dabu dabu lemong membuat makanan menjadi bertambah lezat.

Sate Kolombi

Kolombi dalam bahasa setempat berarti keong. Sate Kolombi merupakan olahan keong mas yang dibumbui, ditusuk seperti sate, dan dibakar di atas bara api. Sate Kolombi merupakan kuliner unik yang tak boleh terlewatkan saat ke daerah Sulawesi Utara. Sate Kolombi biasa disajikan dengan sambal kacang atau campuran ikan.

5 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Olahan sayuran

Pangi

Pangi merupakan olahan daun kluwak yang dimasauk bersama rempah dan bahan lainnya. Pangi kerap hadir dalam acara seperti pernikahan, ulang tahun, baptisan, dan banyak lagi. Masayarakat Manado biasanya memasak sayur daun pangi dengan campuran daging, lemak, dan darah babi. Namun, daging babi juga bisa diganti dengan ikan, sapi atau ayam.

Brenebon

Brenebon merupakan olahan sup kacang merah yang banyak ditemui di daerah Minahasa. Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging, dengan rempah seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, merica, pala, hingga cengkih.

6 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Makanan ringan

Klappertart

Klappertart merupakan kue khas Manado yang sangat populer. Kue ini berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur.

Klappertart termasuk ikon kuliner di Sulawesi Utara. Klappertart tersedia dalam bentuk padat yang dipanggang atau lembut menyerupai custard.

Panada

Selain Klappertart, Sulawesi Utara juga punya Panada sebagai camilan. Kue dengan bentuk mirip paste ini berisi suwiran ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang. Panada sudah ada di Minahasa sejak bangsa Spanyol memasuki wilayah ini.

7 dari 7 halaman

Makanan khas daerah Sulawesi Utara yang terkenal

Dodol Amurang

Dodol Amurang mirip seperti jenang di Jawa, terbuat dari campuran gula aren dan beras ketan yang dimasak di atas api panas. Dodol Amurang biasanya ditaburi kacang kenari untuk menambah kelezatan.

Di Minahasa, Dodol Amurang dibuat sebagia bentuk syukur warga atas hasil panen yang diperloleh. Dodol Amurang hampir dapat ditemui di tiap sudut toko oleh-oleh di Sulawesi Utara

Tinoransak

Tinorangsak adalah hidangan umum yang disajikan dalam upacara-upacara tradisional suku Minahasa. Tinorangsak merupakan olahan daging pedas yang didapat dari ampuran rempah-rempah khas Manado.

Daging paling umum yang dipakai dalam tinorangsak adalah daging babi. Namun jenis daging lainnya seperti sapi, ayam atau ikan juga sering digunakan. Biasanya, tinorangsak disajikan dengan nasi jaha.