Sukses

9 Tips Belanja Makeup di Online Shop yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Belanja produk makeup merupakan salah satu hal yang disukai oleh sebagian perempuan. Hal ini dikarenakan makeup berguna untuk menyempurnakan penampilannya. 

Ada beragam cara untuk mendapatkan produk makeup yang diinginkan sesuai kebutuhan. Mulai belanja makeup di online hingga datang langsung ke toko offline-nya.

Belanja makeup di online shop banyak dipilih karena dirasa sangat efektif dan terjangkau. Selain pilihan produknya bervariasi, harganya pun terbilang lebih murah daripada di toko offline.

Walaupun terbilang mudah, namun kamu enggak boleh menyepelakan belanja sembarangan produk makeup di online shop. Kamu tidak melihat langsung produk barangnya secara langsung.

Untuk itu, kamu perlu usaha lebih untuk memastikan produk makeup asli atau original guna menghindari penggunaan makeup palsu yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut tips belanja makeup di online shop yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019).

2 dari 10 halaman

Tentukan Makeup yang Ingin Dibeli

Tips belanja makeup di online shop pertama yang perlu diperhatikan, yaitu menentukan makeup yang ingin dibeli. Ada banyak produk makeup yang tersedia di pasaran, mulai alas bedak, bedak padat, lipstik, dan lain sebagainya.

Tentukan makeup apa yang ingin kamu beli dan mereknya. Cara ini akan memudahkan kamu saat belanja online, sehingga waktu tidak tersita hanya karena ingin membeli satu produk makeup saja.

3 dari 10 halaman

Baca Ulasan di Internet

Apabila kamu sudah mengetahui jenis makeup yang diinginkan, selanjutnya kamu perlu membaca berbagai ulasan produk makeup di internet. Ada beragam media dengan ulasan berbagai macam produk makeup, seperti di YouTube, blog, atau majalah gaya hidup.

Lewat sebuah ulasan yang kamu baca, kamu dapat memutuskan apakah ingin membeli produk tersebut atau mencari produk makeup lainnya dengan kualitas lebih bagus.

4 dari 10 halaman

Perhatikan Komposisi Makeup

Tips belanja makeup di online shop selanjutnya, mencari-cari informasi mengenai komposisi atau bahan pembuatan makeup tersebut. Pastikan makeup tidak mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri atau paraben.

Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut dapat merusak wajah setelah penggunaannya. Baik dalam jangka waktu pemakaian lama atau bahkan sebentar.

5 dari 10 halaman

Pastikan Produk Aman dan Terpercaya

Fungsi ketiga tips belanja makeup di online shop di atas berguna untuk memastikan produknya aman dan terpercaya. Untuk itu, kamu perlu mengunjungi website dari produk makeup yang kamu pilih dan lihat apakah sudah memiliki kode keamanan.

Pastikan juga bahwa makeup yang kamu beli tidak boleh lebih murah dibanding website resminya, apalagi ditambah biaya pengiriman dan sebagainya. Apabila ada makeup impor yang harganya lebih murah dibanding harga di website resminya, kamu boleh curiga bahwa itu merupakan makeup palsu.

6 dari 10 halaman

Pilih Online Shop Terpercaya

Bukan hanya makeup dengan berbagai macam produk saja yang semakin banyak, online shop yang menjual makeup juga semakin tinggi. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan konsumen terhadap konsumsi makeup.

Oleh karena itu, untuk menghindari produk-produk asli atau original kamu perlu berhati-hati memilih online shop. Pasalnya enggak semua online shop dapat di[ercaya begitu saja.

Kamu perlu meluangkan waktu untuk membaca testimony dari pembeli lainnya sebelum memastikan untuk belanja produk makeup di online shop tersebut. Hal ini guna memastikan apakan online shop tersebut terpercaya atau tidak.

7 dari 10 halaman

Gunakan Sampel dan Baca Review Produknya

Tips belanja makeup di online shop lainnya bisa menggunakan sampel dan membaca review produknya. Terlebih pada produk impor yang bisa dibilang harganya tidak begitu murah.

Agar kamu tidak menyesal, kamu bisa menggunakan produk sampelnya untuk uji coba kecocokan dengan kulit wajah kamu. Apabila cocok, kamu bisa melanjutkan pembelian berikutnya dalam ukuran besar.

Apabila tidak tersedia produk sampel, kunjungi blog-blog review produk tersebut. Kamu bisa membaca apakan makeup yang diinginkan bagus atau tidak.

8 dari 10 halaman

Bandingkan Harga Produk Makeup

Selain beragam produk dan toko online, harga di setiap toko pun juga sangat beragam walaupun berasal dari merek yang sama. Untuk itu, kamu perlu membandingkan harga makeup di online shop satu dengan lainnya untuk mendapatkan harga termurah.

Walaupun perbedaan harga tidak terlalu jauh, namun tetap saja cukup lumayan untuk berhemat. Dapat produk original, online terpercaya, dan harga yang relatif lebih murah sangat menguntungkan bukan?

9 dari 10 halaman

Bicarakan Kemungkinan Garansi Barang

Tips belanja makeup di online shop berikutnya, ketika sudah mendapatkan online shop yang dirasa tepat, seringlah berbincang dengan penjual. Tanyakan hal-hal seputar kosmetik yang kamu beli, mulai cara pemakaian, fungsi, atau apapun.

Pastikan juga kamu menanyakan kemungkinan bila barang cacat atau rusak dalam perjalanan, apakah akan mendapat ganti rugi atau tidak. Makeup seperti eyeshadow, blus on dan makeup cair seringkali rusak dalam perjalanan. Tanyakan di awal agar kamu dan penjual sama-sama enak dan tidak saling menyalahkan.

10 dari 10 halaman

Perhatikan Cara Pembayaran

Biasanya online shop menyediakan berbagai jenis pembayaran setelah kamu berhasil memilih produk makeup yang ingin dibeli. Mulai dari kartu kredit, bank transfer, e-banking, hingga melalui merchant tertentu.

Onlien shop dengan fasilitas pembayaran seperti itu akan memudahkan kamu untuk mengatasi saldo ATM sewaktu-waktu habis. Dengan begitu kamu tetap bisa menyelesaikan transaksi menggunakan uang tunai di merchant yang disediakan. Sehingga proses belanja makeup di online shop pun semakin mudah.