Sukses

12 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan, Bantu Detoksifikasi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun Serai telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Baik tanaman dan ekstraknya telah digunakan untuk penyedap masakan serta untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Serai, juga disebut sereh, adalah tanaman perdu tinggi, dengan tangkai dan daun memanjang. 

Minyak esensial serai digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati. Sereh memiliki aroma segar mirip seperti lemon. Manfaat daun serai biasa digunakan sebagai penyedap beragam masakan di Asia.

Manfaat daun serai juga digunakan dalam pengobatan herbal. Manfaat daun serai didapat dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Serai mengandung senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Manfaat daun serai dapat megatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat daun serai bisa didapatkan dengan cara meminum air rebusan batang dan daun serai. Produk teh serai yang sudah dikeringkan juga dapat dengan mudah didapat di toko herbal. Berikut manfaat daun serai yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(26/12/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan

Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai dalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

Antimikroba

Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Anti peradangan

Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan. Senyawa-senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu dalam tubuh. Dengan sifat anti peradangan ini, serai dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pecernaan akibat peradangan.

3 dari 6 halaman

Mengurangi risiko kanker dan detoks tubuh

Mengurangi risiko kanker

Citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker.

Detoksifikasi tubuh

Serai dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Meminum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

4 dari 6 halaman

Sehatkan pencernaan, turunkan berat badan, kurangi kecemasan

Dukung pencernaan sehat

Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol.

Menurunkan berat badan

Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

Kurangi kecemasan

Banyak orang menemukan bahwa menyeruput teh panas untuk membuat rileks, tetapi teh serai dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih banyak lagi. Aroma serai dapat membantu orang mengatasi kecemasan. Serai juga memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu tidur nyenyak. Ini juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

5 dari 6 halaman

Sehatkan tekanan darah

Meningkatkan kadar sel darah merah

Dilansir dari Medical News Today, hasil studi 2015 menunjukkan bahwa minum infused water serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Atasi tekanan darah tinggi

Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga membantu membersihkan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

6 dari 6 halaman

Redakan PMS dan Sehatkan kulit

Redakan gejala PMS

Air rebusan serai dapat digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan rasa panas. Serai memiliki sifat yang menenangkan perut dan anti-inflamasi. Selain itu, minyak serai juga berguna membantu mendinginkan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sifat antiseptik dan astringen dari air serai dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minyak esensial daun teh dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatannya. Air serai juga dapat mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit. Serai juga dapat mengobati infeksi seperti folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti mikrobanya juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS