Sukses

12 Tempat Wisata di Pulau Bintan, Eksotis Memanjakan Mata

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pulau Bintan menawarkan beragam destinasi menarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Pulau Bintan merupakan pulau di Kepulauan Riau yang juga merupakan lokasi ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang.

Pulau yang berdekatan dengan Singapura ini banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada beragam tempat wisata di Pulau Bintan yang bisa dikunjungi.

Sejumlah tempat wisata di Pulau Bintan dapat dikunjungi secara bebas dan murah meriah. Tak sedikit pula tempat wisata di Pulau Bintan yang dikelola oleh pihak swasta sebagai resor atau hotel mewah yang menawarkan fasilitas eksklusif.

Tempat wisata di Pulau Bintan ini cukup beragam mulai dari pantai, pegunungan, wisata religi, hingga wisata unik yang tak dapat ditemui di daerah lain. Tempat wisata di Pulau Bintan pastinya tak boleh terlewat begitu saja saat mengunjungi Kepulauan Riau. Berikut 12 tempat wisata di Pulau Bintan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Pulau Bintan Berupa Pantai

Pantai Trikora

Tempat wisata di Pulau Bintan yang palin terkenal adalah Pantai Trikora. Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Pulau Bintan.

Di kawasan Pantai Trikora ini Anda dapat menemukan hamparan pantai pasir putih yang memanjang hingga 25 kilometer. Terdapat beragam panorama di pantai ini mulai dari batu granit berukuran besar, pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, dan masih banyak lagi.

Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum dengan empat bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. Wilayah Trikora 1 dan Trikora 2 merupakan kawasan umum yang bebas dikunjungi. Sementara Trikora 3 dan Trikora 4 merupakan pantai yang dikelola hotel atau resor.

Pantai Impian

Pantai lain yang terkenal di Pulau Bintan adalah Pantai Impian. Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dengan pemandangan yang langsung menghadap ke pusat Kepulauan Riau. Fasilitas yang dimiliki pantai ini juga lengkap mulai dari resort, tempat makan, dan tempat bersantai di pinggir pantai.

Pantai Senggiling

Pantai Senggiling merupakan salah satu pantai eksotis yang ada di Pulau Bintan. Pantai ini belum terlalu populer dibanding Pantai Trikora dan Pantai Impian.

Destinasi ini belum banyak dikunjungi karena aksesnya terbilang sulit. Namun, ketika sampai di pantai ini, rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama pantai pasir putih dengan bebatuan besar yang indah.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Pulau Bintan

Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung dulunya merupakan kawasan pertambangan pasir yang sudah berhenti beroperasi. Kawasan tambang ini kemudian meninggalkan gundukan pasir yang kemudian dikembangkan menjadi potensi wisata.

Bukit pasir ini makin hits dan populer ketika banyak diunggah ke Instagram. Di kawasan ini Anda dapat menyaksikan gurun pasir bak di Timur Tengah.

Telaga Biru

Di tengah Gurun Pasir Busung, terdapat pula telaga yang terbentuk dari bekas lokasi pertambangan. Berawal dari sebuah kubangan yang tergenang air hujan, dan juga air dari sungai hutan mangrove, perlahan membentuk danau dan menjadi sebuah telaga berwarna biru. Telaga Biru dan Gurun Pasir Busung, dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari Kota Tanjung Pinang.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Pulau Bintan

Rumah Arang

Selain keindahan alamnya, Bintan juga punya destinasi wisata unik berupa rumah arang. Rumah Arang merupakan bangunan berbentuk kubah milik warga Suku Laut di Bintan.

Bangunan ini dulunya merupakan dapur tungku milik warga Suku Laut untuk membuat arang. Kini Rumah Arang difungsikan sebagai destinasi wisata di Bintan yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Gunung Bintan

Gunung Bintan merupakan titik tertinggi di Pulau Bintan. Gunung yang dihiasi dengan rimbunan pepohonan, menjadi objek wisata yang banyak diminati oleh para pendaki.

Gunung Bintan bisa dicapai dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam dari arah Kota Tanjungpinang. Dari puncak Gunung Bintan, Anda dapat menyaksikan panorama Pulau Bintan yang memesona mata. Di kawasan Gunung Bintan juga terdapat lokasi untuk berkemah.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Pulau Bintan

Lagoi Bay

Lagoi Bay merupakan kawasan wisata yang sangat populer di Pulau Bintan. Lagoi Bay, yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan, merupakan wilayah administratif di desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti mengunjungi pantai Lagoi dan menyusuri hutan bakau Lagoi.

Crystal Lagoon

Selain Lagoi Bay, Pulau Bintan juga punya Crystal Lagoon yang merupakan kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara. Crystal Lagoon berada di kawasan Treasure Bay Bintan.

Crystal Lagoon merupakan danau buatan pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang, kano, ski, dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Pulau Bintan Berupa Wisata Religi

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan vihara terkenal yang ada di Pulai Bintan. Vihara ini juga dikenal sebagai Vihara Seribu wajah.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva memiliki 500 patung Lohan dengan berbagai ekpresi wajah, dan juga terdapat 40 lebih patung dewa-dewa dalam kepercayaan Budha. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terletak persis di sebelah Barat Kota Tanjungpinang.

Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau merupakan masjid bersejarah dan yang paling terkenal di Tanjungpinang. Masjid Sultan Riau ini memiliki desain arsitektural unik bergaya persia dan turki dengan empat menara berbentuk kerucut, dan memiliki tujuh pintu masuk serta enam jendela.

Masjid ini didominasi warna kuning menyala dan terlihat kontras dengan bangunan di sekitarnya. Masjid ini menjadi salah satu Masjid tertua di Indonesia.

Klenteng Sun Tekong

Klenteng Sun Tekong merupakan kelenteng Budha yang berada di pesisir Senggarang, Kota Tanjungpinang. Kelenteng Sun Te Kong diyakini sebagai tempat berkumpulnya warga Tionghoa sebelum menyebar ke seluruh Kepulauan Riau. Di area kelenteng terdapat banyak patung para dewa.