Sukses

Viral Aksi Bapak-Bapak Masuk Gorong-Gorong Demi Bersihkan Sampah, Banjir Pujian

Liputan6.com, Jakarta Pada penghujung 2019 ini, wilayah di Indonesia memang tengah memasuki musim penghujan. Bahkan, hujan deras yang mengguyur di beberapa wilayah juga telah menyebabkan banjir. Ditambah dengan tumpukan sampah di gorong-gorong inilah yang juga menjadi salah satu penyebab banjir.

Permasalahan sampah sebelum masuknya musim penghujan seolah tidak ada habisnya. Tak sedikit pula para warga yang bergotong royong untuk membersihkan sampah di lingkungan sekitar guna mencegah banjir.

Namun, sampah yang terdapat di gorong-gorong dan menyumbat aliran air di jalanan jarang dilakukan pembersihan. Hal ini pula yang menyebabkan salah seorang warga rela masuk ke dalam gorong-gorong demi membersihkan sumbatan sampah.

Di media sosial Twitter beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang bapak-bapak rela menyelam di gorong-gorong demi memperlancar aliran air dan mencegah timbulnya banjir. Video berdurasi 45 detik tersebut diunggah oleh akun Twitter @juliuzickboy pada Sabtu (28/12/2019) petang.

2 dari 3 halaman

Rela menyelam ke dalam gorong-gorong

Video yang beredar di media sosial tersebut memperlihatkan seorang bapak-bapak yang rela menyelam ke dalam gorong-gorong. Pada video berdurasi 45 detik itu juga memperlihatkan salah seorang bapak-bapak lainnya terlihat memegang tangga bambu.

Diketahui jika pengambilan video mengenai bapak-bapak yang membantu mengalirkan genangan air di gorong-gorong tersebut berlokasi di daerah Bandung Utara. Bahkan, akun Twitter @juliuzickboy yang mengunggah video tersebut juga me-mention akun resmi milik Oded Muhammad Danial atau Mang Oded selaku Wali Kota Bandung. Ia juga menanyakan apakah bapak-bapak tersebut layak mendapatkan penghargaan atau tidak kepada Mang Oded.

3 dari 3 halaman

Banjir pujian dari netizen.

Video tersebut telah dibagikan sebanyak lebih dari 19 ribu kali dan mendapatkan tanda suka lebih dari 27 ribu kali oleh para netizen. Tak sedikit pula para netizen yang memberikan pujian dan apresiasi kepada bapak-bapak tersebut.

“Baik banget bpknya smg sehat terus bpknya aamiin” ujar akun @Alviadevana.

“Sekali nyelem, airnya langsung surut... Hebat euy..!” tulis akun @abu_waras.

“Ya Allah. Luar biasa hebat. Sehat sehat dan lancar rezeki yaaa bapknya” tulis akun @latifandria.