Sukses

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer, Bisa Rusak Kualitasnya

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan makanan di freezer yang biasanya terdapat di lemari pendingin (kulkas) merupakan salah satu cara yang sering dilakukan hampir sebagian orang. Makanan yang disimpan di freezer akan menjadikannya tahan lama, sehingga masih dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam freezer. Baik makanan mentah maupun makanan yang sudah diolah tidak bisa sembarangan disimpan di dalam freezer.

Makanan yang dibekukan di freezer akan merusak kualitasnya. Oleh karena itu, kamu tidak bisa sembarangan menyimpan makanan di dalam freezer.

Berikut daftar makanan yang sebaiknya tidak disimpan di ruang pembeku kulkas yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/12/2019).

2 dari 6 halaman

Sayuran Hijau dan Kentang

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak air, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk menyimpannya ke dalam freezer. Ketika sayuran hijau dibekukan, air yang menjaga bentuk daun akan berubah sehingga sayuran yang tadinya segar akan berubah menjadi basah.

Tidak masalah jika kamu ingin menjadikan sayuran hijau untuk dijadikan sebagai jus sayur atau ditumis di penggorengan. Namun, apabila kamu ingin menjadikan sayuran hijau sebagai salad atau hidangan lain dalam keadaan mentah, maka jangan pernah menyimpannya di freezer.

Kentang

Layaknya sayurang hijau yang mengandung air cukup tinggi, kentang juga tidak dianjurkan disimpan di freezer. Baik dalam keadaan mentah maupun matang, tidak dianjurkan untuk menyimpannya di dalam freezer.

Menyimpannya di dalam freezer akan membuatnya beku, sehingga sulit untuk mengolahnya. Tempat yang dianjurkan untuk menyimpan kentang adalah tempat yang sejuk dan kering.

3 dari 6 halaman

Telur dan Daging Matang

Telur

Makanan yang tidak boleh disimpan di freezer selanjutnya, yaitu telur. Hal ini dikarenakan telur mentah di dalam cangkang akan mengembang saat proses pembekuan di freezer. Kondisi ini akan membuat cangkangnya retak dan isinya menjadi berantakan.

Daging Matang

Menyimpan daging mentah di freezer memang sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas. Namun, tidak berlaku pada daging yang sudah dimasak atau daging matang.

Kamu tidak dianjurkan untuk menyimpan daging matang ke dalam freezer. Hal ini dikarenakan daging matang bisa menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalamnya akan rusak.

Kondisi ini disebabkan daging matang sudah melalui proses pengolahan dengan berbagai bumbu masak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri.

4 dari 6 halaman

Makanan Kaleng dan Makanan yang Digoreng

Makanan Kaleng

Pada kondisi apapun, jangan pernah menyimpan makanan kaleng yang belum dibuka di freezer. Hal ini dikarenakan air pada makanan kaleng dapat mengembang saat pembekuan di freezer.

Kondisi ini memungkinkan kaleng menjadi bocor dan membuat freezer kamu jadi berantakan.

Makanan yang Digoreng

Menyimpan makanan yang digoreng ke dalam freezer akan menghilangkan tekstur renyahnya. Walaupun bisa digoreng kembali, namun hasil sajiannya akan terasa melempem dan basah.

Hal ini dikerenakan air terperangkap di bagian dalam makanan yang telah digoreng. Karena telah diolah menggunakan bumbu, penyimpanannya di dalam freezer akan merusak makanan lain yang disimpan di dalam freezer.

5 dari 6 halaman

Rempah-rempah, Nasi dan Pasta

Rempah-rempah

Rempah-rempah terbilang memiliki masa kadaluwarsa yang cukup lama dengan cara menyimpan yang benar. Menyimpan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur ke dalam freezer bukan tempat yang dianjurkan untuk menjaganya agar tetap awet.

Pasalnya, menyimpannya di freezer dapat mengubah tekstur dan rasa rempah. Untuk menyimpan rempah-rempah, sebaiknya simpan di tempat kering agar tidak menggumpal.

Nasi dan Pasta

Menyimpan nasi dan pasta yang sudah matang ke dalam freezer bukan ide yang baik. Menyimpan kedua makanan tersebut ke dalam freezer akan mengurangi kualitas serta menjadikannya tidak ada rasa (hambar).

 

6 dari 6 halaman

Keju dan Mentimun

Keju

Makanan yang tidak boleh disimpan di freezer lainnya, yaitu keju. Keju beku akan mengubah teksturnya menjadi lebih berat dan padat. Keju dapat bertahan berbulan-bulan apabila disimpan dengan benar, oleh karena itu jangan menyimpannya di freezer.

Mentimun

Apabila beberapa jenis sayuran akan terasa enak setelah dibekukan, berbeda dengan mentimun. Mentimun yang beku akan menghilangkan sensasi renyahnya. Hal ini dikarenakan bagian lembut pada daging mentimun akan membeku dan akan membuatnya tidak renyah seperti semula.