Sukses

12 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat yang Populer, Sejuk dan Memesona

Mulai kawah, sungai, hingga gua bisa kamu nikmati ketika berada di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Jawa Barat identik dengan suasana pegunungan, terutama gunung api. Kondisi ini menyebabkan suasana di Jawa Barat cenderung sejuk, membuat kawasan wisatanya indah dan menawan.

Jawa Barat merupakan provinsi yang berbatasan dengan Laut Jawa di bagian Utara dan Samudra Hindia di bagian Selatan. Letak geografis inilah yang membuat Jawa Barat banyak diminati pelancong atau wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata alam di Jawa Barat.

Bagi kamu yang ingin mencari suasana liburan dengan suasana alam yang sejuk, tempat wisata alam di Jawa Barat adalah pilihan yang tepat. Berikut pilihan tempat wisata alam di Jawa Barat populer yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kawah Putih dan Situ Patenggang

Kawah Putih, Bandung

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan adalah Kawah Putih. Tempat wisata alam ini menjadi tujuan utama ketika berada di Bandung.

Kawah Putih menawarkan pemandangan danau kawah berwarna putih susu atau cokelat susu saat sedang berkabut. Sedangkan saat cuaca panas, warna air danau terkadang berubah menjadi biru kehijauan yang menawan.

Situ Patenggang, Bandung

Keindahan tempat wisata alam di Jawa Barat juga bisa kamu nikmati di Situ Patenggang. Situ Patenggang merupakan danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1.600 mdpl.

Karena letaknya berada di ketinggian, menjadikan suasana di area ini sangat sejuk. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan dengan manaiki perahu dan mengelilingi Situ Patenggang.

3 dari 7 halaman

Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Pancar

Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Gunung Tangkuban Perahu juga merupakan tempat wisata alam di Jawa Barat yang sudah sangat terkenal. Di tempat ini, kamu bisa melihat kawah yang jumlahnya ada 10 buah.

Dari kesepuluh kawah, hanya ada tiga yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Untuk mengunjungi setiap kawah ini, kamu bisa menyewa kuda untuk ditunggangi.

Gunung Pancar, Puncak Bogor

Tempat wisata alam di Jawa Barat populer selanjutnya adalah Gunung Pancar Puncak Bogor. Tempat wisata alam ini menawarkan ribuan pohon pinus dengan pemandangan alam yang masih asri dan bisa melakukan aktivitas seru.

Mulai dari berkuda, hiking, tenis, bersepeda, berkemah, atau berendam di pemandian air panas bisa kamu lakukan di wisata alam ini. Menariknya lagi, Gunung Pancar Puncak Bogor juga biasa dijadikan sebagai latar belakang foto untuk pre-wedding.

4 dari 7 halaman

Green Canyon dan Kampung Naga

Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon merupakan satu dari tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling banyak diminati. Hal ini dikarenakan Green Canyon menyimpan beribu pesona, menyajikan keindahan dalam bentuk batu-batu stalaktik yang sangat menawan.

Mengunjugi Green Canyon bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajahi gua di sekitar sungai sambil berswafoto. Kamu juga bisa body rafting menyusuri sungai di bawahnya sepanjang 3 kilometer melewati pepohonan hijau di sisi kanan dan kiri.

Kampung Naga, Tasikmalaya

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang populer selanjutnya berada di Tasikmalaya. Kampung Naga merupakan destinasi wisata favorit di Tasikmalaya yang menawarkan budaya kearifan lokal yang unik.

Untuk bisa sampai ke Kampung Naga di Tasikmalaya ini, kamu perlu melewati sekitar 439 anak tangga yang cukup melelahkan. Di sini kamu akan melihat budaya Sunda masa lalu yang sangat kental.

5 dari 7 halaman

Telaga Remis dan Alam Panenjoan

Telaga Remis, Kuningan

Telaga Remis terletak di kaki Gunung Ciremai yang kerap disukai wisatawan untuk menikmati wisata alam di Jawa Barat. Tempat wisata alam di Jawa Barat satu ini memang terkenal dengan unsur alami yang eksotisnya.

Selain bersantai, kamu juga bisa mencoba menaiki perahu bebek untuk mengitari danau dengan airnya yang kehujauan. Kamu juga bisa menyaksikan banyak orang memancing di danau serta menikmati santap kuliner khas Sunda yang menggugah selera.

Alam Panenjoan, Purwakarta

Alam Panenjoan menawarkan keindahan perkebunan teh yang menawan. Tempat wisata walam di Jawa Barat ini kamu bisa menyaksikan pemandangan alam lewat balkon khusus yang telah disediakan.

Dari ketinggian ini, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang sangat memesona. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan yang indah di Alam Panenjoan di Purwakarta ini, ya.

6 dari 7 halaman

Pantai Ujung Genteng dan Curug Cikaso

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng sangat terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Tempat wisata alam di Jawa Barat ini akan menyajikan panorama dan luasnya hamparan pasir putih yang indah.

Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa menyalurkan hobi berselancar di ketinggian ombak yang cukup besar. Karena pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka tak heran kalau keindahan alamnya mirip dengan pantai di Bali.

Curug Cikaso, Sukabumi

Curug Cikaso memiliki keindahan air terjun yang tidak diragukan lagi. Tempat wisata alam di Jawa Barat ini terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dan kolam di bawahnya yang memiliki warna air biru kehijauan.

Air terjun ini memiliki ketinggi mencapai 80 meter serta lebar tebing mencapai 100 meter. Berkunjung ke sini nantinya kamu akan disuguhkan pemandangan limpahan air dengan dikelilingi hijaunya pepohonan.

7 dari 7 halaman

Goa Buni Ayu dan Arung Jeram Citatih

Goa Buni Ayu, Sukabumi

Apabila kamu ingin menghabiskan libur dengan dengan uji adrenalin, tempat wisata alam di Jawa Barat yang patut dikunjungi adalah Goa Buni Ayu. Berpetualang di dalam goa menjadi momen menyenangkan yang bisa kamu rasakan.

Di goa ini kamu akan melihat stalakmit dan stalaktik yang indah. Ada terdapat hewan yang tidak dapat kamu temyi di permukaan Bumi.

Arung Jeram Citatih, Sukabumi

Destinasi yang menawarkan uji adrenalin berikutnya adalah arung jeram. Di Jawa Barat, kamu bisa mengunjungi tempat wisata alam di Sukabumi yang cukup populer, yaitu Arung Jeram Sungai Citatih.

Arus air di sungai ini sangat deras dan kedalaman sungainya cukup dalam. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Sungai Citarik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini