Sukses

12 Manfaat Jus Terung Belanda, Kaya Nutrisi Sehat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus terung belanda bisa didapat dengan meminumnya secara rutin. Terung belanda merupakan jenis tanaman buah terung-terungan bernama latin Solanum betaceum. Tanaman ini pertama kali di bawa dan dikembangkan di Indonesia oleh Bangsa Belanda. Faktanya, tanaman ini tidak berasal dari Belanda melainkan dari Amerika Latin. 

Buah terung belanda berbentuk bulat telur meruncing di kedua ujungnya. Kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga hingga kekuningan. Manfaat jus terung belanda dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai produk minuman dan makanan.

Terung belanda dikenal akan manfaat kesehatannya. Manfaat jus terung belanda biasa ditemukan dalam bentuk sirup siap minum. Manfaat jus terung belanda kaya akan vitamin, A, B6, C, E, serat dan antioksidan. Selain dijadikan sirup, manfaat jus terung belanda bisa didapat dengan mengonsumsi buahnya secara langsung.

Manfaat jus terung belanda didapat dari sifat antioksidan, antivirus, antiinflamasi, antijamur, dan antibakterinya. Berikut manfaat jus terung belanda yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(30/12/2019).

2 dari 7 halaman

Bantu penurunan berat badan dan tingkatkan metabolisme

Bantu penurunan berat badan

Jus terung belanda bertindak sebagai detoxifier ketika dikonsumsi. Sifat asamnya membantu mengurangi lemak. Terung belanda memiliki kandungan kalori rendah dan serat yang tinggi. Ini membuat jus terung belanda bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Rasa manis alami dan kandungan air yang tinggi dalam buah ini membuat tubuh terus merasa kenyang ehingga mengurangi kebutuhan untuk ngemil terus-menerus.

Tingkatkan metabolisme tubuh

terung belanda juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk mendukung metabolisme sehat. Vitamin B kompleks ini berperan meningkatkan produksi energi untuk memasok sel-sel tubuh dengan energi yang cukup.

3 dari 7 halaman

Sehatkan kulit dan atasi diabetes

Sehatkan kulit

Terung belanda mengandung vitamin A, C dan E untuk memastikan kulit tetap sehat dan bercahaya. Antosianin, fenol, dan flavonoid melindungi kulit dari stres oksidatif, polusi. Terung belanda juga membantu kulit dalam mencegah proses penuaan. Sifat antioksidan dalam terung belanda melindungi kulit dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan keriput, noda, jerawat dan penuaan.

Atasi diabetes

Asam klorogenik yang ada di terung belanda membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe II. Antioksidan dalam terung belanda juga dapat mengurangi stres oksidatif pada organ-organ seperti pankreas dan hati. Efek ini mampu mengatasi diabetes. Asam klorogenik di dalamnya membantu mempromosikan sensitivitas insulin dan mencegah munculnya diabetes.

4 dari 7 halaman

Cegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

Cegah penyakit jantung

Kalium, nutrisi yang banyak terdapat di terung belanda, membantu menyeimbangkan efek berbahaya kadar natrium tinggi di jantung. Efek ini membantu sistem kardiovaskular tetap sehat. Serat yang tinggi dalam terung belanda membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Karena sifat antioksidannya yang sangat baik, jus terung belanda membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan stroke.

Stabilkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam terung belanda membantu mengurangi tingginya tekanan darah di tubuh. Kandungan kalium dalam terung belanda mampu menstabilkan kadar natrium dalam sistem kardiovaskular. Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi.

5 dari 7 halaman

Sehatkan pengelihatan dan cegah kanker

Sehatkan pengelihatan

Terung belanda juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid dalam terung belanda membantu melindungi mata dari kerusakan internal maupun eksternal. Vitamin A mengembalikan kelembapan selaput mata yang bertindak sebagai penghalang bakteri dan virus. Efek ini melindungi mata dari ifeksi, mengurangi kerusakan kelainan mata seperti katarak, dan degenerasi makula.

Cegah kanker

Sifat antioksidan yang dimiliki terung belanda membantu dalam memerangi sel-sel radikal bebas yang menyebabkan kanker. Antosianin dalam buah ini adalah antioksidan yang sangat kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Jus terung belanda juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang dapat mencegah kanker.

6 dari 7 halaman

Cegah anemia dan lancarkan pencernaan

Cegah anemia

Terung belanda juga kaya akan zat besi yang mampu meringankan gejala anemia zat besi. Zat besi berperan mengatur dan mendukung produksi sel darah merah. Jus terung belanda membantu dalam melawan tanda-tanda yang terkait seperti kelelahan, kelemahan dan pusing. Zat besi yang terkandung dalam jus terung belanda menjadikan jus ini minuman yang sangat baik untuk memerangi anemia.

Lancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam terung belanda mampu mendukung pencernaan yang sehat. Konsumsi jus buah ini secara teratur membantu dalam masalah yang berhubungan dengan pencernaan seperti kembung, gas, dan diare.

Jus terung belanda juga membantu penyerapan nutrisi yang tepat dan mengatasi sembelit. Serat sehat dalam buah ini juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus yang melancarkan proses pencernaan.

7 dari 7 halaman

Tingkatkan kekebalan tubuh dan sehatkan otak

Tingkatkan kekebalan tubuh

manfaat jus terung belanda juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C dikenal bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Minum jus terung belanda secara rutin mampu memperkuat tubuh melawan unsur-unsur penyakit ringan maupun kronis.

Vitamin C mampu mencegah defisiensi sistem kekebalan tubuh, penyakit kardiovaskular, dan penyakit mata.

Tingkatkan fungsi otak

Terung belanda dikemas dengan kandungan phytochemical yang bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak, sehingga meningkatkan fungsi saraf yang sehat. Kandungan ini dapat mencegah dan mengatasi gangguan kognitif atau neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Sifat antioksidan dari buah ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan otak.