Sukses

6 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas terdiri dari makanan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas terdiri dari makanan sehat. Agar memiliki buah hati yang sehat dan cerdas, sebagai orangtua kamu harus memperhatikan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Bahkan, nutrisi ini harus tercukupi sejak buah hati di dalam kandungan.

Perkembangan otak dan kognitif bayi telah dimulai sejak ia masih berbentuk janin dalam kandungan. Perkembangan tersebut sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu selama masa kehamilan.

Makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas bisa dikonsumsi secara rutin. Apalagi setiap orang tua tentunya ingin memiliki anak yang cerdas kelak. Oleh karena itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat kehamilan agar bayi cerdas.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada, kangkung dan brokoli adalah makanan yang kaya nutrisi juga vitamin. Makanan ini tak hanya membuat tubuh ibu sehat tetapi juga membuat perkembangan fisik maupun psikis janin di kandungan lebih mengesankan.

Sayuran seperti bayam juga kaya asam folat, zat besi dan vitamin lainnya yang dibutuhkan otak anak. Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut penelitian, anak-anak yang ibunya mengonsumsi asam folat, secara keseluruhan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan ketahanan yang lebih tinggi serta kosa kata yang lebih banyak. Adapun zat besi membantu untuk mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama kehamilan, dengan begitu perkembangan otak janin pun berjalan optimal.

3 dari 7 halaman

Telur

Makanan selanjutnya yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah telur. Telur mengandung nutrisi yang sangat mengesankan buat tumbuh kembang otak anak. Telur mengandung asam amino kolin, omega 3 dan nutrisi lain yang tak hanya baik buat otak tetapi juga buat mata dan organ tubuh lainnya.

4 dari 7 halaman

Ikan

Makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas berikutnya adalah ikan. Ikan adalah makanan yang memiliki rasa enak serta menggugah selera. Ikan juga mengandung nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang otak anak.

Salah satu unsur yang berperan penting dalam perkembangan otak adalah Asam lemak omega-3. Salah satu sumber omega-3 yang sangat tinggi terdapat pada ikan seperti salmon, makarel, tenggiri, sarden, halibut, tuna, dan kod. Ibu hamil disarankan untuk makan ikan sebanyak 2 porsi atau lebih seminggu.

Tapi ingat, saat mengonsumsi ikan usahakan untuk memastikan bahwa ikan tersebut tidak mengandung logam berat merkuri atau bahan lain yang berbahaya buat janin juga ibu. Sebaiknya ikan dikonsumsi setelah dimasak hingga benar-benar matang.

5 dari 7 halaman

Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil jika ingin mendapatkan anak cerdas. Yogurt mengandung protein, kalsium dan yodium yang sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Makanan kaya protein seperti yoghurt diperlukan untuk membentuk sel-sel saraf yang sehat di dalam rahim ibu untuk perkembangan kognitif bayi. Yoghurt juga baik untuk tulang bayi dengan kandungan probiotiknya.

6 dari 7 halaman

Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang bisa membuat anak cerdas dan sebaiknya dikonsumsi ibu sejak anak di kandungan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai adalah sumber asam folat yang baik buat otak anak.

Kacang-kacangan seperti almond dan walnut merupakan sumber asam folat yang sangat baik untuk Ibu hamil dan janin. Almond sendiri kaya dengan protein, lemak sehat, magnesium, dan vitamin E. Selain itu, almond dan walnut juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak.

7 dari 7 halaman

Beri

Ibu hamil juga sebaiknya rajin mengonsumsi buah-buahan. Berbagai jenis buah beri seperti bluberi, stroberi, dan raspberi, selain memiliki rasa yang segar, juga bisa membantu optimalisasi pembentukan sistem syaraf pada janin yang dikandung.

Buah beri kaya akan fitokimia yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan melindungi jaringan otak janin dari radiasi serta membuat otak janin menjadi lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini