Sukses

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil dan Gejala Penyakit, Kenali Segera

Liputan6.com, Jakarta Sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil bisa jadi merupakan gejala penyakit. Rasa sakit di sisi kiri perut pada wanita juga bisa terjadi karena adanya masalah dengan organ pencernaan, reproduksi, saluran kemih, masalah kulit, atau pembuluh darah.

Kondisi ini menyebabkan gejala seperti nyeri, rasa tidak nyaman yang terus-menrus, dan kekakuan pada bagian perut kiri bawah. Pada wanita, sakit perut bawah kerap terjadi. Kondisi ini bisa jadi lebih serius atau memerlukan perhatian medis.

Sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil perlu dikenali segera. Apalagi, sakit perut tersebut bisa saja menandakan adanya penyakit yang sedang kamu derita. Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah tidak hanya tanda hamil saja, tapi juga merupakan gejala penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil

Kram Perut Bagian Bawah Tanda Hamil Muda

Kram perut bagian bawah dapat terjadi akibat implantasi sel telur yang berhasil dibuahi ke dalam rahim. Hal ini terjadi sekitar 10-14 hari setelah ovulasi atau masa subur. Waktunya memang sebelum atau hampir berbarengan dengan jadwal menstruasi.

Kram perut bagian bawah ini umumnya terjadi di bagian tengah dimana rahim berada, juga dapat disertai dengan keluarnya bercak darah. Flek tanda hamil ini biasanya berwarna agak pink atau bisa juga lebih gelap, jika dibanding darah haid yang rata-rata merah.

Apabila kamu mengalami kram atau sakit di sekitar waktu menstruasi sedangkan darah haid tidak keluar, atau hanya keluar berupa bercak, maka bisa jadi itu merupakan tanda awal kehamilan.

Jadi, kram perut bagian bawah merupakan tanda hamil muda, berbeda dengan sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil yang bukanlah tanda awal kehamilan.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil

Sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil sebenarnya bukan tanda awal kehamilan. Sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil ini biasanya terjadi saat usia kehamilan menginjak 4 bulan. Tidak hanya di kiri bawah saja, tanda ini juga kadang terjadi di sebelah kanan.

Hal ini terjadi akibat peregangan pada ligamentum rotundum (round ligament) yang merupakan struktur penopang rahim di sini kanan dan kirinya. Saat rahim kian membesar akibat pertumbuhan rahim, ligament jadi mengencang dan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit.

Kamu tak perlu khawatir, karena hal ini merupakan proses normal. Umumnya nyeri berlangsung sebentar lalu menghilang, namun berpotensi muncul lagi. Beberapa gerakan tiba-tiba, seperti batuk, bersin, berdiri, dan sebagainya bisa memicu rasa sakit.

3 dari 5 halaman

Endometriosis

Sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil juga bisa dikaitkan dengan berbagai gejala, salah satunya adalah Endometriosis. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estrogen, berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai dengan perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim.

Hal ini menyebabkan sakit perut dan menyebabkan kemandulan. Gejala lainnya adalah kram menstruasi menyakitkan yang memburuk seiring waktu, rasa sakit saat berhubungan seksual, buang air besar atau buang air kecil yang menyakitkan, periode menstruasi yang berat, dan bercak antara periode menstruasi.

Penyebab Endometriosis ini tidak diketahui, jadi saat kamu merasakan sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil, segera periksakan diri ke dokter, bisa jadi itu adalah gejala Endometriosis ini.

4 dari 5 halaman

Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium. Kista terbentuk sebagai bagian dari siklus menstruasi normal wanita. Kebanyakan kista tidak menghasilkan gejala dan hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista dengan ukuran yang besar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini mungkin juga menekan kandung kemih dan menyebabkan kamu lebih sering buang air kecil. Kista yang pecah dapat menyebabkan beberapa masalah serius, seperti sakit parah atau pendarahan internal.

Gejala yang perlu diwaspadai, yaitu sakit perut yang parah, sakit dengan demam atau muntah, dan munculnya tanda-tanda syok, seperti kulit dingin dan lembap, pernapasan cepat, pusing, atau lemah. 

5 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Lainnya

Sakit perut sebalah kiri bawah tanda hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti, infeksi saluran kemih, batu pada saluran kemih, radang panggul, gastroenteritis, radang usus, konstipasi, diverticulitis, polip usus, kanker usus, hingga kanker dubur.

Jadi, sakit perut sebelah kiri bawah tidak hanya merupakan tanda hamil, namun bisa jadi merupakan berbagai gejala dari penyakit. Untuk memperkirakan penyebabnya dibutuhkan informasi lain mengenai keluhan pencernaan, reproduksi, dan keluhan berkemih.

Tidak mungkin mencari penyebab pasti sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil tanpa melakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, silakan berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dengan lengkap untuk mencari penyebabnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS