Sukses

Tata Cara Sujud Syukur dan Doanya, Rasakan Hikmahnya

Liputan6.com, Jakarta Tata cara sujud syukur dan doanya yang tepat perlu diketahui oleh umat Muslim. Bagi seorang Muslim, sujud merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Lewat sujud, seorang Muslim mengakui dirinya kecil dan tidak berdaya di hadapan Allah SWT.

Selama ini kita melakukan sujud hanya saat menjalankan salat. Karena sujud memang bagian tak terpisahkan dari rukun salat. Sujud adalah suatu gerakan di dalam salat ketika dahi, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung kedua jari kaki menempel pada alas salat.

Dalam Islam, hanya mengenal empat jenis sujud. Keempat jenis sujud dalam Islam adalah sujud dalam salat, sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur. Jika ada orang yang sujud karena hal lainnya, misalnya bersyukur karena dapat kesenangan atau terbebas dari masalah berat yang menimpanya. Dalam Islam, cara sujud yang demikian itu disebut sebagai sujud syukur.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana tata cara sujud syukur dan doanya. Berikut tata cara sujud syukur dan doanya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019). 

2 dari 6 halaman

Mengenal Sujud Syukur bagi Umat Muslim

Sebelum mengenal tata cara sujud syukur dan doanya, ada baiknya untuk mengetahui definisi sujud syukur. Sujud syukur dalah sujud yang dilakukan oleh seseorang ketika mendapatkan nikmat atau ketika selamat dari bencana.

Dari Al-Baraa', ia berkata:

“Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Kemudian Nabi SAW mengutus ‘Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. …... kemudian 'Ali RA menulis surat kepada Rasulullah SAW bahwa orang-orang disana sudah masuk Islam. Maka setelah Rasulullah SAW membaca surat itu, beliau menyungkur sujud." (HR. Baihaqi).

Sujud syukur dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sujud syukur bukanlah salat. Sujud syukur hanya berupa ungkapan rasa syukur seorang hamba atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Sujud syukur bukan ditujukan untuk nikmat Allah yang terus menerus melainkan sesuatu yang sangat lebih kita rasakan, seperti mendapat nikmat yang begitu banyak, sembuh dari sakit, atau selamat dari musibah.

3 dari 6 halaman

Hukum Melaksanakan Sujud Syukur dan Hikmahnya

Hukum sujud syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah SAW. 

Artinya: "Dari Abu Bakrah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, apabila datang kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, beliau langsung sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Sujud syukur merupakan perwujudan dari ungkapan rasa syukur setiap hambanya atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan. Bagi yang melakukan sujud syukur menandakan bahwa ia adalah hamba yang selalu ingat kepada Allah SWT.

Adapun hikmah yang didapat bagi mereka yang melakukan sujud syukur. Berikut hikmah yang dapat dilihat, sebagai berikut:

1. Mengingat Allah SWT.

2. Ungkapan rasa syukur.

3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT.

4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Merasa rendah diri di hadapan sang pencipta.

6. Mengikis rasa sombong.

7. Menjauhkan diri dari sikap takabur.

8. Melancarkan sirkulasi darah saat posisi sujud sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lancar.

9. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi.

10. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT.

4 dari 6 halaman

Kenali Rukun Sujud Syukur Terlebih Dahulu

1. Mempunyai Niat Sujud Syukur.

2. Takbiratul Ikhram, dibarengi membaca Takbir.

3. Sujud Sekali, dibarengi membaca Doa Sujud Syukur.

4. Salam.

5. Tertib (dilakukan berurutan).

Sebagai tambahan bahwa keutamaan melakukan sujud syukur ini antara lain akan mendapatkan pahala sunnah yang banyak, karena kamu sebagai seorang Muslim - Muslimah selalu ingat kepada Allah SWT dan telah melakukan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Hal inipun juga telah dijelaskan dalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

”Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah, dari Sunnah-SunnahKu. Dan kemudian diamalkan oleh Manusia, maka ia akan mendapatkan Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkan -nya, dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun”.

5 dari 6 halaman

Tata Cara Sujud Syukur dan Doanya yang Tepat Sesuai Sunnah

Setelah mengetahui rukun sujud syukur, sekarang kamu perlu mengetahui tata cara sujud syukur dan doanya yang tepat sesuai sunnah. Melakukannya dengan tepat dan kyusyuk akan membuat seseorang yang menjalankan tata cara sujud dan doanya akan menerima hikmah.

Sujud syukur merupakan ibadah sunnah biasanya diamalkan ketika mendapatkan rezeki atau kenikmatan dari Allah SWT. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara sujud syukur dan doanya yang benar sesuai ajaran Islam.

1. Berwudhu.

2. Berdiri menghadap kiblat.

3. Membaca niat sujud syukur

Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta'aalla.

Artinya: “Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalla”

Bacaan niat sujud syukur tersebut bisa dibaca di dalam hati atau diucapkan secara lirih lewat mulut.

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram.

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali.

6. Membaca doa sujud syukur saat dalam posisi masih sujud.

7. Duduk seperti duduk di antara dua sujud.

8. Mengucapkan salam seperti orang selesai sholat.

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa Ketika Sujud Syukur

Setelah memeahami tata cara sujud syukur, selanjutnya kamu dapat membaca doa sujud. Kamu boleh membaca doa sujud apa saja. Berikut beberapa bacaan doa sujud yang bisa kamu alamkan saat sujud.

Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Artinya: " Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung." 

Membaca doa sujud syukur

Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin.

Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta." 

Membaca Surat An-Naml ayat 19

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." 

Demikian tata cara sujud syukur dan doanya yang benar beserta hikmah bagi yang melakukan. Setiap kenikmatan yang kamu terima sebaiknya selalu ucapkan rasa syukur dan sujud syukur adalah salah satu dari ungkapan rasa terimakasih kepada Sang Pencipta.