Sukses

8 Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan, Perhatikan Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Daging kambing merupakan daging merah yang banyak dijadikan sebagai bahan olahan makanan lezat. Daging kambing dapat dijadikan sebagai olahan masakan lezat seperti tongseng, gulai, sate, dan lain sebagainya. 

Terlepas dari kelezatan daging kambing, ternyata daging kambing juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat daging kambing bagi kesehatan dikarenakan adanya kandungan gizi seperti protein, lemak alami, kolin, kolesterol, mineral, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat merasakan manfaat daging kambing bagi kesehatan, kamu perlu memerhatikan cara memasak serta jumlah konsumsinya. Berlebihan atau terlalu sering makan daging kambing justru akan menimbulkan gangguan kesehatan tubuh.

Berikut manfaat daging kambing bagi kesehatan serta cara mengolahnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019).

2 dari 5 halaman

Kandungan Gizi Daging Kambing

Pada 100 gram daging kambing mengandung sekitar 258 kalori dengan 8,8 gram lemak. Dibandingkan dengan daging sapi, memiliki 217 kalori dengan 4,2 gram lemak.

Jika dilihat angkanya, kandungan lemak pada daging kambing cenderung lebih tinggi daripada daging sapi. Namun, lemak pada daging kambing lebih mudah dipisahkan ketika proses pengolahannya.

Daging kambing juga memiliki kandungan protein yang lebih berkualitas, sehingga tidak mudah lenyap saat dimasak. Berbeda dengan daging sapi yang kandungan proteinnya bisa hilang ketika kamu tidak memasaknya dengan cara yang tepat.

Daging kambing juga lebih mudah dicerna dibandingkan daging sapi. Daging kambing juga memiliki kandungan folat yang lebih tinggi daripada daging sapi. Menariknya lagi, daging kambing mengandung citamin K dan D yang tidak dimiliki oleh daging sapi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan zat besi pada daging kambing, menjadikan manfaat daging kambing memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup, dapat membuat tubuh tidak mudah terserang virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Sumber Energi

Untuk memperoleh energi yang cukup, kamu bisa mengonsumsi daging kambing. Daging kambing bisa dijadikan sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan lemak, protein, dan kalorinya dapat memberi energi yang cukup untuk tubuh.

Cegah Anemia

Manfaat daging kambing mampu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan daging kambing memiliki kandungan zat besi dan mineral lainnya yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin dalam darah.

Mengonsumsi daging kambing, secara tidak langsung dapat meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah pusing, kelelahan, hingga anemia.

Kurangi Nyeri Haid

Mengonsumsi daging kambing juga dapat mendatangkan manfaat untuk mengurangi nyeri haid. Nyeri haid yang menyakitkan dapat diredakan karena daging kambing mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kualitas darah dan mengurangi peradangan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan

Baik untuk Jantung

Daging kambing mengandung lemak jenuh, kolesterol yang lebih rendah sehingga bermanfaat untuk jantung. Rutin mengonsumsi daging kambing sebulan dua kali dapat mengurangi riisko penyakit kardiovaskular.

Tingkatkan Kadar Kolesterol

Daging kambing mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kualitas kadar kolesterol baik dan menghilangkan yang buruk.

Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat daging kambing dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk menurunkan nerat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein pada daging kambing yang dapat menekan rasa lapar sehingga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Daging kambing juga rendah lemak yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi teratur.

Menjadikan Pria Kuat

Daging kambing berisi torpedo dan empedu yang baik untuk mengobati masalah kesuburan pada pria. Dengan demikian membantu pria kuat dan meningkatkan kekuatannya.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengolah Daging Kambing yang Tepat

Dilihat dari kedua perbandingan daging kambing dan daging sapi, sebenarnya keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan. Keduanya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan menjaga kesehatan.

Hal ini dikarenakan kedua daging merah ini mengandung berbagai zat gizi yang dapat membantu tubuh melakukan tugasnya dengan baik. Memang, apabila ditilik dari segi kandungan gizi, daging kambing lah yang lebih unggul daripada daging sapi.

Walaupun lebih sehat, kamu tetap perlu memperhatikan porsi, frekuensi, dan cara memasak daging kambing maupun daging sapi. Mengolah makanan yang tidak tepat justru akan menghilangkan manfaatnya.

Sebaiknya daging kambing tidak dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering. Daging kambing merupakan salah satu sumber lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Sedangkan dalam cara mengolah daging kambing, sebaiknya tidak diplah dengan cara digoreng dan dibakar, karena dapat menambah kadar lemak jahat. Olah daging kambing dengan cara dikukus atau direbus agar lebih sehat.

Batasi juga jumlah asupan daging kambing, yaitu hanya sebanyak 1-2 porsi setiap minggunya.