Sukses

8 Manfaat Selai Kacang Bagi Kesehatan, Perlu Batasi Porsinya

Liputan6.com, Jakarta Selai kacang sering kali dijadikan sebagai teman pendamping ketika menyantap roti, dicampurkan dalam smoothie, atau kerap dimakan langsung. Selain lezat, selai kacang ternyata punya manfaat sehat bagi tubuh. 

Manfaat selai kacang bagi kesehatan ini didapat karena adanya segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selai kacang tinggi lemak sehat dan merupakan sumber protein yang baik.

Nutrisi lain pada selai kacang seperti vitamin dan mineral, termasuk vitamin B jenis niasin, zat besi, kalium, dan vitamin E. Walaupun memiliki nutrisi melimpah dan menyehatkan, namun kamu tetap perlu memerhatikan jumlah konsumsinya.

Perlu diingat bahwa selai kacang tetap mengandung kalori yang tinggi. Bagi kamu yang sedang diet, dapat mengonsumsi satu sendok makan selai kacang yang mengandung sekitar 100 kalori.

Berikut manfaat selai kacang bagi kesehatan tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/1/2020).

2 dari 9 halaman

Mampu Kendalikan Berat Badan

Manfaat selai kacang bagi kesehatan pertama mampu membantu kendalikan berat badan. Walaupun kacang mengandung banyak lemak, namun kamu tidak perlu takut untuk mengonsumsinya (kecuali bagi kamu yang alergi terhadap kacang).

Protein dan serat selai kacang tergolong tinggi bisa membuat kamu merasa kenyang dan berenergi. Hal ini bisa membantu kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori, sehingga dapat mendukung usaha menurunkan berat badan.

Selain itu, konsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak energi, bahkan ketika kamu sedang beristirahat.

3 dari 9 halaman

Mampu Menjaga Kadar Kolesterol

Terlalu banyak mendapatkan asupan kolesterol dapat mengeraskan pembuluh darah dan menyebabkan stroke hingga penyakit jantung. Namun, mengonsumsi kacang-kacangan seperti almon, kenari, dan kacang-kacangan lainnya dapat menurunkan kadar kolesterol kamu.

4 dari 9 halaman

Mencegah dan Mengontrol Diabetes Tipe 2

Manfaat selai kacang juga dapat dirasakan dalam pencegahan dan mengontrol diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan selai kacang dapat membantu mengendalikan kenaikan berat badan, kadar gula yang tinggi, dan lemak dalam darah.

Selai kacang juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah melar dan sehat, yang mencegah terjadinya masalah jantung terkait dengan diabetes.

5 dari 9 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat selai kacang selanjutnya dapat memperkecil terkena penyakit jantung. Manfaat ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi selai kacang 28 gram atau 2 sendok makan selai kacang dalam seminggu untuk membantu kamu terhindar dari penyakit jantung.

6 dari 9 halaman

Menstabilkan Gula Darah dan Insulin

Sebagian besar lemak dalam kacang adalah jenis lemak tidak jenuh. Dibanding lemak jenuh dalam daging atau lemak trans dalam panganan olahan, selai kacang tentu lebih baik. Ini dapat membantu menstabilkan gula darah dan insulin kamu.

7 dari 9 halaman

Kaya Nutrisi

Manfaat selai kacang bisa didapat dikarenakan tingginya nutrisi di dalamnya. Bukan hanya tinggi protein dan lemak sehat. Kacang juga memiliki banyak nutrisi lain seperti vitamin E, B6, asam folat, niasin, magnesium, seng, tembaga, dan kalium.

Akan tetapi, hati-hati dengan dengan selai kacang yang sudah diolah dengan garam, gula, pengawet, dan lemak tidak sehat yang justru bisa lebih membahayakan tubuh.

8 dari 9 halaman

Tinggi Antioksidan

Selai kacang sangat tinggi antioksidan. Ini termasuk mineral seperti selenium dan mangan, vitamin C dan E, serta flavonoid, fenol, polifenol, dan zat lainnya. 

Deretan antioksidan ini bekerja sebagai tim untuk membantu melindungi sel-sel di tubuh. Selai kacang bahkan dapat membantu melindungi kamu dari ancaman kanker usus besar.

9 dari 9 halaman

Tinggi Magnesium

Magnesium sangat baik untuk saraf, otot, tulang, gula darah, dan tekanan darah. Mengonsumsi selai kacang yang terbuat dari kacang mete, kacang almon, dan kacang tanah terbukti memiliki banyak kandungan magnesium yang berguna untuk masalah kesehatan yang disebutkan sebelumnya.