Sukses

7 Pemandian Alami di Jogja, Wisata Alam yang Indah dan Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta Pemandian alami di Jogja bisa menjadi destinasi wisata alam yang menyegarkan. Berenang di pemandian alami yang airnya masih jernih bisa membuat perasaan senang dan tenang. Bagi kamu pecinta wisata alam tentunya tidak boleh melewatkan pemandian alami ini.

Tidak hanya menyuguhkan air yang segar dan jernih, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Apalagi pemandian alami di Jogja ini memiliki lokasi yang tidak begitu dekat dengan hiruk pikuk kota. Tentunya udara di tempat ini masih bersih dan jauh dari polusi.

Pemandian alami di Jogja menawarkan kesegaran dan keindahan alam. Bagi kamu yang tidak bisa berenang tidak perlu cemas, karena kamu juga bisa bermain-main air atau menikmati pemandangan alam sekitar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/1/2019) tentang pemandian alami di Jogja.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Blue Lagoon dan Air Terjun Lepo

Blue Lagoon

Pemandian alami di Jogja yang pertama adalah Blue Lagoon. Lokasinya berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Hanya 30-40 menit perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Buat kamu yang ingin mandi di sini, kamu cukup bayar tiket masuk Rp3.000/orang dan biaya parkir Rp2.000/motor.

Blue Lagoon memiliki air jernih kebiruan yang sangat Instagramable. Karena memiliki warna jernih kebiruan itulah yang membuat destinasi wisata di Jogja ini disebut sebagai Blue Lagoon. Rekomendasi yang tepat bagi yang mencari pemandian alam dengan panorama yang menakjubkan.

Air Terjun Lepo

Selanjutnya ada Air Terjun Lepo sebagai pemandian alami di Jogja. Air Terjun Lepo adalah pemandian alami dengan air jernih kebiruan. Lokasi kolam dan air terjun ini berada di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul.

Kamu bisa mandi sepuasnya di kolam bawah air terjunnya. Airnya begitu segar, mengalir di antara bebatuan. Dijamin bisa melepaskan penat setelah aktivitas seharian. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya begitu menakjubkan yang terdiri dari beberapa tingkatan.

Untuk sampai lokasi memakan waktu 1 jam perjalanan atau memakan jarak tempuh sekitar 28 kilometer dari pusat kota Jogja. Utuk tiket masuknya, kamu cukup bayar seikhlasnya, sedangkan untuk parkir Rp2.000/motor dan Rp10.000/mobil.

3 dari 4 halaman

Laguna Pantai Wediombo dan Air Terjun Kedung Pedut

Laguna Pantai Wediombo

Beralih agak jauh ke Gunung Kidul, kamu juga bisa menemukan pemandian alami di Jogja di Pantai Wediombo. Laguna Pantai Wediombo memiliki pemandangan laut yang cantik dan airnya yang biru jernih.

Laguna ini sebenarnya adalah kolam alami yang terbentuk karena ombak tinggi menerjang karang di Wediombo. Kemudian, airnya terperangkap di cekungan batu karang. Kedalaman laguna sekitar 1,5 meter. Namun kamu perlu berhati-hati ketika bermain di sini, karena ombak besar bisa saja datang tiba-tiba dari arah laut.

Air Terjun Kedung Pedut

Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Air Terjung Kedung Pedut di Kulonprogo, tepatnya di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dengan pemandangan yang begitu alami.

Hawanya yang sangat sejuk membuat kamu ingin sekalian berenang di salah satu pemandian alami di Jogja ini. Mengunjungi air terjun ini akan memberikan kamu ketenangan dan kenyamanan. Tubuh pun akan lebih segar setelah liburan ke tempat ini. Tiket masuk Rp3.000, biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

4 dari 4 halaman

Air Terjun Kembang Soka, Taman Sungai Mudal, dan Curug Pulosari

Air Terjun Kembang Soka

Memiliki lokasi yang tidak jauh dengan Air Terjun Kedung Pedut, kamu juga bisa berlibur di Air Terjun Kembang Soka ini. Memiliki warna air yang hijau tosca membuat pemandian alami di Jogja ini begitu cantik.

Warna hijau didapat dari bebatuan tempat aliran air yang ditumbungi tumbuhan hijau, ditambah kilauan cahaya matahari. Lalu, sekelilingnya ditumbuhi pepohonan yang membuat sejuk udara. Walaupun kamu memutuskan untuk tidak berenang, kamu tetap disajikan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Ds. Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 38 kilometer dari pusat kota Jogja.

Salah satu spot hits di Kulon Progo ini harus kamu masukan ke dalam daftar destinasimu di Jogja. Tiket masuk gratis, biaya parkir Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor. Objek wisata ini mempunyai pesona alam yang sangat memukau, hampir setiap wilayahnya bisa dijadikan spot foto yang Instagramable.

Curug Pulosari

Pemandian alami di Jogja selanjutnya adalah Curug Pulosari. Lokasinya di Desa Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Kamu akan menemukan pemandangan air terjun bak tirai air yang sangat instagramable.

Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang atau sekadar main air saja. Kawasannya yang diapit dua perbukitan asri dan udaranya yang segar dan jauh dari polusi udara perkotaan membuat kamu akan merasa nyaman di wisata alam satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.