Sukses

12 Cara Menggunakan Kamera DSLR bagi Pemula, Pahami Komponennya

Penting untuk memahami setiap komponen pada kamera DSLR untuk menciptakan hasil gambar yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula perlu diperhatikan secara detail dan langsung mempraktikkannya. Memotret objek dengan menggunakan kamera DSLR bisa dibilang bukan sesuatu hal yang mudah, namun bukan hal yang sulit untuk dipraktikkan.

Bentuknya yang sangat berbeda dengan kamera saku, mempelajari cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula maka sangat dianjurkan. Kamera DSLR cocok digunakan bagi kamu ingin menciptakan hasil gambar yang lebih tajam, detail, dan lebih kreatif.

Untuk menghasilkan gambar yang bagus dan sempurna, sebagai dasarnya kamu perlu mempelajari cara menggunakan kamera DSLR. Dengan memahami komponen-komponen ditambah dengan latihan berulang akan membantu kamu untuk menciptakan gambar yang keren.

Berikut cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Kenali Komponen Kamera DSLR

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula pertama yang perlu dipahami adalah mengenali fungsi tombol-tombol pada kamera. Bagi pemula, kamu pasti akan sedikit kebingunan dengan banyaknya tombol pada kemara DSLR.

Pasalnya, akan terasa perbedaan dibanding menggunakan kamera saku dengan kamera DSLR. Untuk mempermudah mengoperasikan kamera DSLR, pelajari terlebih dahulu fungsi setiap tombol kamera dengan membaca buku panduan yang tersedia.

Pahami Mode Aperture dan Shutter

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula selanjutnya dengan memahami mode shutter dan aperture. Hal ini dikarenakan kedua mode ini sangat penting pada kamera digital.

Penggunaan mode aperture dan shutter akan memudahkan kamu untuk memotret. Kamu juga dapat menggunakan manual mode yang berfungsi untuk memunculkan setting aperture maupun shutter yang bervariasi.

3 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Mengenal White Balance

Bagi pengguna kamera DSLR pemula, kamu juga perlu memahami white balance. Persoalan warna gambar yang kurang tepat merupakan salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengguna pemula DSLR.

Untuk itu, kamu harus mengenal terlebih dahulu white balance agar kamera dapat memotret dengan warna sesuai dengan keadaan. Hal ini untuk memperkecil masalah salah warna pada objek yang difoto.

Memahami Konsep Segitiga Eksposur

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula selanjutnya yang pelu dipahami adalah mempelajari teknik segitiga eksposur atau pencahayaan. Segitiga eksposur merupakan tiga fitur kamera DSLR yang terdiri dari ISO, aperture, dan shutter speed.

Dengan menggunakan konsep segitiga eksposur dalam fotografi, kamu dapat menciptakan foto dengan pencahayaan dan fokus yang seimbang.

4 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Mengoptimalkan Viewfinder

Viewfinder merupakan celah kaca kecil di bagian belakang kamera yang biasa digunakan untuk membidik objek. Walaupun banyak kamera DSLR keluaran terbaru yang sudah menghadirkan fitur layar LCD untuk melihat objek, namun penggunaan viewfinder memungkinkan kamu untuk menangkap objek lebih jelas, akurat, dan kamu dapat memegang bodi kamera dengan lebih stabil.

Memahami Rule of Third

Untuk menghasilkan foto dengan objek dan latar belakang yang selaras, pelajari pengaturan komposisi foto yang paling mendasar dalam dunia fotografi, yaitu rule of thirds (aturan sepertiga).

Dengan memahami teknik ini, kamu dapat membagi komposisi frame menjadi tiga bagian yang sama besar. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan komposisi objek foto dengan bagian latar belakangnya.

5 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Kenali Depth of Field

Untuk mendapatkan komposisi foto yang bagus, cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang perlu dikenali selanjutnya adalah Depth of Field. Kamu dapat menciptakan Depth of Field lewat pengaturan kedalaman background.

Kamu juga bisa menciptakan background terlihat blur agar subjek semakin terlihat menonjol.

Mengenal Histogram

Bagi pemula, histogram kerap dianggap rumit untuk dipelajari. Padahal, komponen ini cukup penting dalam setting kamera dan aturan pakai kamera DSLR. Dengan histogram kita bisa mengetahui hasil foto lebih detail, apakah sempurna, terlalu gelap, atau terlalu terang.

6 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Melepas Shutter

Tombol shutter pada kamera DSLR tidak bisa digunakan sembarangan. Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula harus mempelajari teknik melepas shutter.

Terkadamg menekan setengah shutter dapat membuat fokus pada lensa. Jadi, perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

Mengetahui Cara Mengunci Fokus

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang harus dipelajari adalah mengunci fokus atau focal. Kamu harus bisa menemukan focal length yang tepat, sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan latar belakang. Apabila kamu salah mengunci fokus, maka akan menghasilkan gambar yang blur.

7 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Mengurangi Penggunaan Flash

Bagi pemula, penggunaan flash pada kamera DSLR terkesan sepele. Padahal, penggunaan flash bisa menambah kesan mendalam sebuah foto.

Kamu dapat memainkan pencahayaan agar subjek terlihat jelas. Akan tetapi. penggunaan flash yang tidak tepat justru akan menghasilkan foto yang terlalu terang.

Memegang Kamera dengan Tepat

Bagi pemula yang terbiasa memegang kamera saku, tentu kamu akan sedikit janggal saat menggunakan kamera DSLR yang rata-rata berukuran lebih besar.

Untuk itu, kamu perlu memahami cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula dengan memegangnya yang benar. Cara memegang kamera dengan stabil dan benar menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Apabila salah memegang kamera, maka akan membuat kualitas foto tidak sempurna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini