Sukses

3 Cara Menyimpan Ikan Tanpa Dimasukkan Kulkas Agar Tetap Segar

Ikan bisa tetap bisa diolah tanpa perlu dimasukkan ke kulkas sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Ikan merupakan bahan makanan yang dapat dijadikan dalam berbagai aneka masakan lezat. Namun, bagi kamu yang tidak ingin langsung mengolah semua ikan yang telah dibeli dapat menyimpannya untuk digunakan dalam beberapa waktu ke depan.

Pada metode menyimpan ikan, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Pasalnya, ikan yang masih mentah sangat rentan membusuk apabila tidak disimpan dengan cara yang tepat.

Salah satu metode penyimpanan ikan yang sangat mudah dengan memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki kulkas atau freezer di rumah, tak perlu khawatir.

Ada beberapa cara menyimpan ikan tanpa dimasukkan kulkas agar nantinya masih bisa diolah menjadi masakan lezat. Selain memilih ikan dengan kualitas baik hingga membersihkannya dengan cara yang benar, menyimpannya tanpa dimasukkan ke kulkas pun tidak boleh sembarangan.

Berikut cara menyimpan ikan tanpa dimasukkan ke dalam kulkas yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Ikan yang Boleh Tidak Disimpan di Kulkas

Sebelum mengenal cara menyimpan ikan, kamu perlu mengetahui beberapa jenis ikan yang memang harus disimpan di kulkas atau freezer. Ikan yang cenderung basah harus dimasukkan ke dalam freezer. Jenis ikan cenderung basah seperti ikan lele, nila, dan bawal.

Sedangkan ikan yang masih aman atau bisa disimpan di luar freezer seperti ikan tuna dan ikan tongkol. Hal ini dikarenakan ikan yang cenderung basah kristal airnya harus dibekukan agar dapat mendorong benang-benang protein ikan tetap pada posisinya.

Ketika kristal air mencair dan menetes keluar dari ikan, justru ikan akan kehilangan rasa nikmatnya saat dimasak. Ikan yang disimpan dalam kondisi beku dapat tahan lama hingga berminggu-minggu.

3 dari 5 halaman

Dibungkus dengan Kain Basah

Cara menyimpan ikan tanpa dimasukkan kulkas agar bisa bertahan lama dengan membungkusnya menggunakan kain. Metode penyimpanan ini mampu menjadikan ikan tetap segar selama 24 jam.

Cara melakukannya, cukup siapkan kain yang sudah dibasahi dengan cuka. Selain cuka, kamu bisa menggantinya dengan perasan jeruk nipis atau garam sebagai bahan pengawet alami.

Selanjutnya, bungkus ikan segar dengan kain tersebut. Setelah dibungkus, dianjurkan untuk memask ikan sebelum 24 jam .

4 dari 5 halaman

Asinkan Ikan

Cara menyimpan ikan tanpa dimasukkan ke kulkas namun tetap awet dengan mangawetkannya. Kamu bisa menggunakan garam untuk mengawetkan ikan. Metode menyimpan ikan tanpa dimasukkan ke kulkas ini bisa dilakukan sangat sederhana.

Pertama, balut ikan segar dengan garam. Kemudian jemur ikan di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Metode ini akan membuat tekstur ikan menjadi sangat kering.

Namun, ikan yang diasinkan dapat bertahan lama hingga berminggu-minggu jika kamu menjemurnya sampai benar-benar kering.

 

5 dari 5 halaman

Ikan Diasapi

Cara menyimpan ikan tanpa dimasukkan kulkas selanjutnya dengan mengasapinya. Metode penyimpanan ikan ini sangat efektif untuk menjaga ikan agar tetap bisa dikonsumsi.

Untuk melakukan metode pengasapan ikan ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencuci dan membersihkan ikan hingga bersih, lalu bumbui ikan dengan garam, kunyit, dan bawang putih. Ikat ikan yang sudah dibumbui di atas bara api yang mengeluarkan asap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini