Sukses

10 Fungsi Toner Wajah untuk Kulit, Tak Boleh Dilewatkan

Toner sangat penting untuk kesehatan wajah

Liputan6.com, Jakarta Fungsi toner wajah mungkin kerap dikesampingkan dalam perawatan kulit. Padahal produk satu ini bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Fungsi toner wajah bisa membuat kulit terasa segar dan terhidrasi. 

Toner mengandung berbagai asam, antioksidan, bahan anti-inflamasi, dan nutrisi yang dibutuhkan dalam perawatan kulit. Toner wajah adalah langkah perawatan kulit mendasar. Fungsi toner wajah berperan sebagai pelembab cair yang menembus kulit untuk menyediakan bahan-bahan penting dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Fungsi toner wajah berbeda untuk jenis kulit yang berbeda. Ini karena bahan-bahan toner akan berubah sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit. Pada umumnya, toner menjadi bagian penting dalam produk pembersih wajah.

Biasanya fungsi toner wajah digunakan setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan serum atau pelembab. Fungsi toner wajah sangat penting dalam ritual membersihkan wajah. Berikut fungsi toner wajah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(3/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fungsi toner wajah

Membersihkan kulit dari kotoran

Bahkan setelah kamu mencuci kulit dengan facial foam, sisa kotoran dan polusi, bersama dengan bahan kimia, tetap ada di kulit. Toner membantu membersihkan residu dari kulit dan menjadikannya lebih sehat dan cerah.

Toner wajah juga dapat digunakan untuk membersihkan di dalam dan sekitar telinga. Toner juga bisa digunakan untuk mengurangi deposit berminyak di punggung, dada, dan lengan, di mana jerawat juga cenderung terbentuk.

Menyegarkan kulit

Selain membersihkan, toner berperan sebagai penyegar kulit. Toner berperan untuk membersihkan kulit dari kotoran, bekas riasan, minyak berlebih, dan bahkan membuat kulit terus terhidrasi. Efek ini membuat kulit jauh lebih segar dan terhindari dari kulit kering.

3 dari 6 halaman

Fungsi toner wajah

Melembapkan kulit

Beberapa toner adalah humektan, yang berarti mereka membantu mengikat kelembaban pada kulit. Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tidak terasa dan terlihat kering. Banyak dari produk toner yang diresapi dengan bahan-bahan pelembab seperti asam hialuronat yang menjaga kulit tetap lembab, elastis, dan awet muda.

Seimbangkan pH kulit

Tingkat pH menunjukkan tingkat keasaman kulit. Pada skala 0-14, 7 adalah level netral pH kulit. Namun, pH optimal kulit manusia adalah 5,5. Keringat dan sebum yang dilepaskan oleh kulit membentuk mantel asam yang melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi. Menggunakan toner membantu melindungi mantel asam yang menjaga keseimbangan pH.

4 dari 6 halaman

Fungsi toner wajah

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori kulit yang besar adalah tempat kotoran dan polusi masuk ke kulit, menyebabkan penyumbatan dan jerawat. Menggunakan toner wajah akan mengencangkannya secara teratur, mencegah kotoran, minyak, dan polusi masuk dan menyumbat.

Angkat minyak berlebih

Penggunaan toner saat membersihkan wajah juga membantu mengangkat minyak berlebih. Ini cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Menerapkan toner dengan bola kapas dapat membantu membersihkan minyak berlebih dan membuat wajah bercahaya tanpa kilap minyak yang mengganggu.

5 dari 6 halaman

Fungsi toner wajah

Menghidrasi kulit

Saat menggunakan sabun pembersih, proses ini dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, menjadikannya kering dan gatal. Toner dapat membantu menjaga hidrasi kulit agar tetap lembap dan segar.

Toner wajah memberikan hidrasi pada kulit yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi kosmetik wajah. Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan seimbang.

Melindungi kulit

Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut asap dan residu kimiawi lainnya dari kulit. Bahan-bahan pelindung dalam toner dapat membantu menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dan menjaga kulit tampak sehat.

Toner dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan, mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan ke dalam kulit. Toner juga bisa melindungi dan menghilangkan klorin dan mineral yang ada dalam air.

6 dari 6 halaman

Fungsi toner wajah

Cegah jerawat

Jerawat bisa terasa menyakitkan dan tidak enak dilihat dan dapat menyebabkan jaringan parut pada wajah. Masalah ini juga dapat menyebabkan kulit tampak lebih berminyak, kusam, dan tidak seimbang. Toner mencegah penumpukan kotoran di pori-pori dan mengurangi sekresi minyak dan sebum yang berlebihan. Ketika kulit bersih dan jernih, tidak ada ruang untuk pembentukan jerawat.

Menggunakan toner juga penting untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas jerawat. Pembersihkan dengan toner juga aan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Bantu proses perawatan kulit

Toner dapat membantu memaksimalkan produk perawatan kulit lainnya dengan memungkinkannya menyerap lebih efektif. Toner membantu meningkatkan kemanjuran produk perawatan kulit lainnya. Mereka memastikan bahwa kulit siap menyerap semua kebaikan dari produk-produk skin care lainnya. Karenanya, jangan hilangkan toner dari rutinitas perawatan kulit dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.