Sukses

Paket Wisata Pulau Komodo, Intip Destinasi dan Aktivitas Menariknya

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Pulau Komodo bisa jadi pilihan berlibur yang tak akan terlupakan. Kawasan Pulau Komodo merupakan dikenal sebagai habitat asli kadal terbesar di dunia, Komodo. Pulau Komodo menjadi destinasi wisata yang banyak menarik wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Saat ini banyak yang menawarkan paket wisata Pulau Komodo dengan berbagai pilihan. Dengan paket wisata Pulau Komodo ini, Anda tak perlu ribet merencanakan liburan di wilayah Nusa Tenggara ini. Agen perjalanan wisata biasanya menawarkan paket wisata Pulau Komodo dengan akomodasi lengkap seperti transportasi, tiket masuk, makan, hingga penginapan.

Ada berbagai destinasi yang bisa dikunjungi dalam paket wisata Pulau Komodo. Di wisata Pulau Komodo ini, Anda bisa merasakan petualangan mengunjungi tempat-tempat menarik yang khas dan tiada duanya. Daya tarik dari paket wisata Pulau Komodo adalah Taman Nasional Komodo yang terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Berikut ulasan seputar paket wisata Pulau Komodo mulai dari destinasi, fasilitas, durasi, hingga harga, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020).

2 dari 8 halaman

Pulau Komodo

Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini pengunjung melakukan treking pendek untuk mengunjungi habitat asli Komodo. Selain komodo, terdapat pula flora dan fauna khas yang menarik untuk dilihat.

Tak hanya keindahan daratan, wilayah perairan di Pulau Komodo juga amat memanjakan mata. Di sini terhampar terumbu karang yang eksotis dengan beragam hewan laut. Perairan Pulau Komodo juga terkenal akan spot snorkeling maupun diving.

3 dari 8 halaman

Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan pulau kedua terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga relatif lebih dekat dari Labuan Bajo sehingga menjadi destinasi favorit banyak pelancong. Meski relatif kecil, pulau ini menarik untuk dikunjungi karena pesonanya yang begitu indah.

Di pulau ini juga hidup Komodo meski tak sebanyak di Pulau Komodo. Selain melihat kehidupan Komodo, di Pulau Rinca Anda bisa bersantai menikmati keindahan pasir putih, mendaki bukit, atau menyusiri hutan bakau.

4 dari 8 halaman

Pulau Padar

Pulau Padar juga masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Tak seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca, tak ada komodo di Pulau Padar. Meski begitu, pulau ini memiliki daya tarik tersendiri berupa bukit dan perairan yang eksotis.

Bukit di pulau ini bisa didaki oleh pengunjung. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Dari atas bukit, wisatawan bisa menyaksikan tiga teluk yang begitu memanjakan mata.

5 dari 8 halaman

Pantai Pink

Salah satu destinasi menarik dari paket wisata Pulau Komodo adalah pantai pink atau pantai merah. Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai berwarna pink. Pink Beach menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ingin dikunjungi banyak orang.

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

6 dari 8 halaman

Aktivitas yang bisa dilakukan dalam Paket wisata Pulau Komodo

Mengunjungi komodo

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di pulau Komodo pastinya mengunjungi habitat komodo. Di sini Anda bisa mengikuti tur Komodo dengan melihat langsung komodo dan memahami aktivitasnya.

Snorkeling dan diving

Kawasan Pulau Komodo juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti menyelam atau snorkeling. Di kawasan ini terdapat beberapa titik penyelaman yang menarik untuk disusuri seperti Manta Point, Batu Samsia atau Crystal Rock.

Menikmati pantai

Sebagai wilayah kepulauan, pantai adalah destinasi yang tak boleh terlewatkan di kawasan ini. Di sini terdapat berbagai pantai yang memanjakan mata seperti pantai pink. Anda bisa bersantai di pantai menikmati keindahan matahari terbenam. Pengunjung juga bisa berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya yang masing-masing punya keunikan tersendiri.

Mendaki bukit

Kawasan Pulau Komodo juga dikenal sebagai wilayah berbukit. Pulau seperti Padar dan Gili Laba memiliki bukit-bukit ini bisa didaki. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan panorama perbukitan yang berpadu dengan laut yang luas.

7 dari 8 halaman

Durasi Waktu dan Fasilitas Paket wisata Pulau Komodo

Biasanya agen perjalanan wisata menyediakan paket wisata Pulau Komodo dari Bandung dengan berbagai pilihan durasi waktu. Seperti 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan masih banyak lagi. Paket biasanya diperuntukkan bagi rombongan atau beberapa individu. Beberapa penyedia jasa wisata juga kerap membuka privat tour.

Biasanya dalam satu hari wisatawan dapat mengunjungi 3 sampai 4 destinasi wisata. Paket ini juga sudah dilengkapi dengan akomodasi mulai dari tiket masuk wisata, transportasi, makanan hingga penginapan. Semua tergantung pilihan dan kebutuhan wisatawan.

8 dari 8 halaman

Harga Paket Wisata Pulau Komodo

Harga Paket Wisata Pulau Komodo bervariasi sesuai dengan jenis paket yang ditawarkan. Harga juga biasanya tergantung pada jumlah rombongan wisata. Biasanya semakin banyak jumlah rombongan, akan semakin murah harganya. Namun, tak perlu khawatir jika ingin melakukan solo trip. Beberapa agen perjalanan wisata juga menawarkan open trip dengan harga terjangkau.

Untuk harga paket wisata Pulau Komodo satu hari biasanya dipatok mulai harga Rp. 650.000 / Orang. Sementara untuk paket wisata Pulau Komodo lebih dari satu hari seperti 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 Malam dipatok mulai Rp 1.000.000 hingga 2.500.000 / orang.

Paket wisata ini cocok bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk berlibur, dengan paket ini liburan jadi teragendakan dari mulai berangkat hingga pulang. Selain itu, menggunakan paket wisata juga tergolong lebih murah.