Sukses

Jenis-jenis Kanker Kelenjar Getah Bening, Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening atau dalam istilah medis disebut limfoma merupakan jenis kanker yang terus meningkat setiap tahunnya. Limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel-sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh, yang disebut limfosit. Sel-sel ini berada di kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian tubuh lainnya. 

Sel-sel limfosit membantu melawan penyakit dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam pertahanan kekebalan tubuh. Karena jenis kanker ini berada dalam sistem getah bening, ia dapat dengan cepat bermetastasis ke berbagai jaringan dan organ di seluruh tubuh. Limfoma paling sering menyebar ke hati, sumsum tulang, atau paru-paru.

Kelenjar getah bening bertindak sebagai filter, menangkap dan menghancurkan bakteri dan virus untuk mencegah infeksi menyebar. Kanker ini juga termasuk jenis kanker darah. Ada beberapa jenis limfoma yang menyerang kelenjar getah bening yang perlu diwaspadai.

Berikut jenis kanker kelenjar getah bening dan gejalanya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(6/1/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin adalah kanker sistem limfatik yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling umum pada orang-orang berusia antara 20-40 tahun dan mereka yang berusia di atas 55 tahun. Pada limfoma Hodgkin, sel-sel dalam sistem limfatik tumbuh secara abnormal dan dapat menyebar di luarnya.

Para ahli belum dapat menyimpulkan penyebab utama Limfoma Hodgkin. Ada beberapa jenis limfoma Hodgkin yang dapat diidap sesorang. Diagnosis didasarkan pada jenis sel yang terlibat dalam penyakit dan perilaku sel.

3 dari 7 halaman

Jenis Limfoma Hodgkin

Penyakit Hodgkin yang menipis limfosit

Penyakit Hodgkin yang menipis limfosit atau Lymphocyte-depleted Hodgkin’s disease merupakan jenis limfoma agresif yang langka, terjadi pada sekitar 1 persen dari kasus limfoma, dan ini paling sering didiagnosis pada individu berusia 30-an. Pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang dikompromikan, seperti orang dengan HIV, lebih mungkin didiagnosis dengan limfoma jenis ini.

Penyakit Hodgkin yang kaya limfosit

Penyakit Hodgkin yang kaya limfosit atau Lymphocyte-rich Hodgkin’s disease sering terjadi pada pria, dan menyumbang sekitar 5 persen dari kasus limfoma Hodgkin. Penyakit Hodgkin yang kaya limfosit biasanya didiagnosis pada tahap awal, dan baik limfosit maupun sel RS hadir dalam tes diagnostik.

4 dari 7 halaman

Jenis Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin seluler campuran

Seperti halnya dengan penyakit Hodgkin yang kaya limfosit, seluler campuran Limfoma Hodgkin mengandung baik limfosit dan sel RS. Jenis kanker ini lebih umum. Limfoma Hodgkin seluler campuran hampir seperempat dari kasus limfoma Hodgkin adalah tipe ini. Limfoma Hodgkin seluler campuran lebih banyak terjadi pada pria dewasa yang lebih tua.

Penyakit Hodgkin dominan limfosit nodus

Penyakit Hodgkin yang dominan limfosit nodus atau Nodular lymphocyte-predominant Hodgkin’s disease merupakan jenis limfoma Hodgkin terjadi pada sekitar 5 persen pasien limfoma, dan ditandai oleh tidak adanya sel RS. Kanker ini jenis limfoma Hodgkin terjadi pada sekitar 5 persen pasien limfoma, dan ditandai oleh tidak adanya sel RS.

Sclerosis nodular Limfoma Hodgkin

Sclerosis nodular Limfoma Hodgkin atau Nodular sclerosis Hodgkin’s lymphoma merupakan limfoma jenis umum, terjadi pada 70 persen kasus Hodgkin. Limfoma jenis ini terjadi pada kelenjar getah bening yang mengandung jaringan parut, atau sklerosis.

5 dari 7 halaman

Limfoma non-Hodgkin

Limfoma non-Hodgkin merupakan jenis kanker kelenjar getah bening yang lebih umum dari Limfoma Hodgkin. Dalam kebanyakan kasus, dokter tidak tahu apa yang menyebabkan limfoma non-Hodgkin. Namun, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan yang melemah. Kanker ini muncul ketika tubuh memproduksi terlalu banyak limfosit abnormal.

Biasanya, limfosit melewati siklus hidup yang dapat diprediksi. Limfosit tua mati, dan tubuh menciptakan yang baru untuk menggantikannya. Pada limfoma non-Hodgkin, limfosit tidak mati, tetapi terus tumbuh dan membelah. Kelebihan pasokan limfosit ini berkerumun ke kelenjar getah bening, menyebabkan pembengkakan. Sama seperti Limfoma Hodgkin, jenis kanker ini juga terbagi dalam beberapa tipe:

6 dari 7 halaman

Jenis Limfoma non-Hodgkin

Limfoma sel-B

Limfoma sel B besar difus adalah jenis Limfoma non-Hodgkin yang paling agresif. Limfoma yang tumbuh cepat ini berasal dari sel B abnormal dalam darah. Limfoma ini dapat disembuhkan jika dirawat, tetapi jika tidak diobati, dapat menyebabkan kematian.

Limfoma sel-T

Limfoma sel T tidak seperti limfoma sel B yang umum. Hanya ada 15 persen dari semua kasus Limfoma non-Hodgkin jenis ini. Ada beberapa jenis limfoma sel-T.

Limfoma Burkitt

Limfoma Burkitt adalah jenis Limfoma non-Hodgkin langka agresif dan paling umum pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Limfoma jenis ini paling sering terjadi pada anak-anak di Afrika sub-Sahara, tetapi itu terjadi di bagian lain dunia.

Limfoma folikular

Jenis Limfoma non-Hodgkin yang dimulai dalam sel darah putih, paling umum pada orang yang lebih tua. Usia rata-rata diagnosis adalah 60. Limfoma ini juga tumbuh lambat, sehingga perawatan dimulai dengan menunggu dengan waspada.

7 dari 7 halaman

Jenis Limfoma non-Hodgkin

Limfoma sel mantel

Bentuk limfoma agresif ini jarang terjadi, hanya sekitar 6 persen dari kasus Limfoma non-Hodgkin. Limfoma sel mantel juga lebih sering didiagnosis pada tahap selanjutnya, dan biasanya melibatkan saluran pencernaan atau sumsum tulang.

Limfoma limfositik kecil

Limfoma limfatik kecil adalah jenis limfoma yang tumbuh lambat. Sel-sel kanker Limfoma limfatik kecil kebanyakan ditemukan di kelenjar getah bening. Limfoma limfatik kecil identik dengan leukemia limfositik kronis.

Waldenstrom macroglobulinemia (limfoma limfoplasma)

Limfoma limfoplasmacytik adalah jenis kanker langka yang hanya terjadi dalam 1 sampai 2 persen dari semua kasus limfoma. Ini sebagian besar mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua. Kanker ini menyebabkan produksi antibodi yang abnormal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.