Sukses

7 Manfaat Berkuda bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Olahraga berkuda dapat menjaga kesehatan jantung hingga kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Berkuda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer saat ini. Berkuda merupakan istilah yang mengacu kepada keterampilan menunggangu, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda.

Berkuda bukan hanya dilakukan untuk bersenang-senang saja. Melainkan dengan berkuda dapat memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti memperkuat otot, menstabilkan otot perut, punggung, dan pelvis.

Walaupun tergolong olahraga yang cukup mahal, namun ada segudang manfaat berkuda yang dapat kamu rasakan ketika melakukannya secara rutin. Olahraga modern ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melatih berbagai bagian tubuh agar lebih baik.

Berikut manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat berkuda bagi kesehatan pertama adalah mampu melatih kardiovaskular. Manfaat ini didapat bergantung pada kecepatan dan ketangkasan kuda, menunggang kuda bisa membutuhkan lebih banyak usaha, energi, dan kapasitas kardiovaskular.

3 dari 8 halaman

Melatih Mental

Manfaat berkuda bagi kesehatan kedua adalah mampu melatih mental. Alison Stout, DO, dari EvergreenHealth Sport & Spine Care mengatakan bahwa menunggang kuda memiliki banyak manfaat bagi mental.

Ada kepercayaan diri yang datang dari belajar bagaimana menangani dan berinteraksi dengan hewan ini. Kamu benar-benar belajar tentang diri kamu saat menunggang kuda. Selain itu, Stout menemukan bahwa menunggang kuda menjadi pengalaman yang sangat santai dan menenangkan.

"Menunggang kuda adalah latihan yang bagus. Manfaat sebenarnya yang saya dapatkan sekarang ada hubungannya dengan kuda dan ketenangan pikiran yang datang dari setiap sesi berkuda," tambahnya. 

4 dari 8 halaman

Kekuatan Inti

Kata Dr. Stout, menunggang kuda merupakan latihan isometrik, yang berarti menggunakan otot tertentu untuk bertahan dalam posisi tertentu. Dalam hal ini dapat menjaga keseimbangan pada kuda. Alhasil, kekuatan postural menjadi sangat penting dalam menunggang kuda.

5 dari 8 halaman

Meningkatkan Fleksibilitas

Seiring dengan otot inti, paha bagian dalam dan otot panggul mendapatkan latihan terbesar saat pengendara memposisikan dirinya sendiri. Latihan ini dapat membantu fleksibilitas keseluruhan otot dengan baik. Dr. Stout mengatakan bahwa penguatan otot bisa sama efektifnya dengan latihan beban karena lengan dan bahu bekerja.

6 dari 8 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk wanita, berkuda termasuk olahraga berat. Namun, masih dalam ambang wajar kerja jantung apanila hanya dilakukan selama 30 menit.

Berbeda dengan jenis olahraga futsal dan flying fox, baik wanita maupun pria yang menderita serangan jantung diperbolehkan untuk melakukan olahraga ini. Hal ini dikarenakan berkuda memiliki dampak positif bagi kesehatan.

7 dari 8 halaman

Membakar Kalori

Manfaat berkuda bagi kesehatan juga mampu membakar kalori. Berkuda berbeda dengan jenis olahraga lainnya seperti lari atau mendayung. Dengan berkuda, kudalah yang melakukan sebagian besar pekerjaan.

Meskipun demikiam, menunggang kuda juga dapat membakar kalori. Menurut British Equestrian Federation, berlari dengan lembut selama 30 menit dapat membakar sekitar 360 kalori dan membantu mengancangkan perut.

8 dari 8 halaman

Membantu Menekan Depresi

Manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya dapat menekan depresi. Bagi wanita, manfaat berkuda dapat dirasakan untuk menekan rasa tidak karuan saat Pre Menstrual Syndrome (PMS). Berkuda dapat diklasifikasikan sebagai anti depresan alami non obat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.