Sukses

10 Bahan Alami untuk Mengobati Ambeien

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami untuk mengobati ambeien bisa meringankan berbagai gejalanya. Ambeien sendiri merupakan penyakit yang terjadi ketika adanya pembengkakan pembuluh darah pada daerah anus atau dubur. Hal ini terjadi karena peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur sehingga menghalangi aliran darah menuju anus. 

Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh seseorang yang susah buang air besar atau seseorang yang duduk dalam keadaan yang sama, dalam waktu lama. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, batuk terus menerus, hingga makan makanan terlalu pedas.

Bahan alami untuk mengobati ambeien bisa menjadi alternatif selain melakukan operasi. Kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk menghilangkan ambeien melalui cara operasi. Kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar rumah sebagai cara mengobatinya dengan cepat. Tentunya dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/1/2020) tentang bahan alami untuk mengobati ambeien

2 dari 6 halaman

Lidah Buaya dan Bawang Putih

Mengobati Ambeien dengan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya, mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

Kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien dengan cara:

- Ambil beberapa potong daun lidah buaya.

- Cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, lalu diblender.

- Minum jus ini dengan rutin setiap hari.

Mengobati Ambeien dengan Bawang Putih

Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi obat alami ambeien. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh  untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih mudah saja :

- Tumbuk halus 2 siung bawang putih.

- Oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus.

- Untuk membasmi bakteri dari dalam, kamu bisa melakukannya dengan cara meminum jus bawang putih setiap hari.

- Baik pengobatan dengan cara mengoleskan pada benjolan ataupun dengan cara meminumnya harus dilakukan dengan rutin agar benjolan ambeien cepat kempes.

3 dari 6 halaman

Kulit Manggis dan Orang-aring

Mengobati Ambeien dengan Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung banyak xanthone, yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh. Selain itu juga berguna sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, anti-plasmodial. Turunan dari xanthone yang paling banyak terdapat pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, kedua turunan senyawa xanthone itu berguna untuk menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis adalah:

- Keringkan kulit manggis terlebih dahulu

- Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut

- Minum air rebusan tersebut setiap hari

Mengobati Ambeien dengan Orang-aring

Mungkin kamu mengetahui manfaat dari orang-aring sebagai cara untuk menyuburkan rambut atau agar membuat rambut menjadi hitam berkilau, namun bukan hanya itu saja, orang-aring juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif.

Kandungan urang-aring, yaitu: ecliptine, alfa terthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone membuat orang-aring menjadi obat herbal yang berkhasiat dan mujarab.

Cara mengobati ambeien dengan menggunakan urang-aring adalah:

Untuk diminum:

- Rebus urang-aring hingga matang.

- Minum air rebusannya.

Untuk dioleskan:

- Tumbuk urang-aring hingga halus

- Oleskan pada benjolan.

4 dari 6 halaman

Akar Kangkung dan Bunga Pagoda

Mengobati Ambeien dengan Akar Kangkung

Kangkung juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien. Tapi bukan daunnya yang digunakan, kamu memanfaatkan bagian batang hingga akarnya.

Pada kangkung terdapat zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Tidak salah lagi dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, juga dapat digunakan untuk mengobati ambeien.

Caranya adalah:

- Ambil batang dan akar kangkung, kemudian cuci bersih

- Rebus dengan 2 gelas air mineral hingga menyisakan 1 gelas air mineral

- Minum air rebusan tersebut setiap hari. 

Mengobati Ambeien dengan Bunga Pagoda

Bunga Pagoda ini mungkin seringkali kali kita cicipi semasa kanak-kanak karena adanya rasa manis pada bunga ini. Ternyata rasa manis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif.

Ada kandungan saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoid pada bunga pagoda. 3 kandungan ini dapat berfungsi sebagai anti-peradangan.

Caranya menggunakannya mudah saja:

- Petik beberapa bunga pagoda, kemudian rebus.

- Setelah matang, minum air rebusannya.

5 dari 6 halaman

Daun Ungu dan Cocor Bebek

Mengobati Ambeien dengan Daun Ungu

Daun ungu atau daun handeuleum atau Latya Graptophyllum pictum L.Griffith (nama Latin) juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Karena daun ungu juga berguna sebagai anti-peradangan yang efektif. Daun ungu mempunyai kandungan alkaloid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Caranya menggunakannya:

- Rebus daun ungu secukupnya sampai matang

- Minum rebusan daun ungu tersebut setiap hari untuk mengempeskan benjolan atau ambeien yang terjadi. 

Mengobati Ambeien dengan Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek biasanya digunakan sebagai tanaman hias, tapi ternyata cocor bebek juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang mujarab. Karena terdapat banyak zat-zat dalam cocor bebek yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu: glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin.

Kandungan-kandungan tersebut yang membuat cocor bebek bisa berfungsi sebagai anti-peradangan yang mujarab.

Cara mengobati ambeien dengan menggunakan cocor bebek adalah:

- Pertama, jemur dulu daun cocor bebek hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari.

- Tumbuk hingga halus kemudian seduh seperti ketika menyeduh teh.

- Minum air seduhan tersebut.

6 dari 6 halaman

Daun Sirsak dan Kulit Pohon Ek Putih

Mengobati Ambeien dengan Daun Sirsak

Pada daun sirsak terkandung senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Sebab itu merupakan pilihan yang tepat jika kamu menggunakan daun sirsak sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak sebagai berikut:

Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral.Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja.Minum air rebusannya setiap pagi dan malam. 

Mengobati Ambeien dengan Kulit Pohon Ek Putih

Mungkin kamu jarang mengenal nama kulit ek putih, tapi jika mencari di toko herbal, ek putih mudah untuk ditemukan. Obat ambeien yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang berwarna putih dan dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa diandalkan sebagai obat ambeien internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatikk yang mampu menyembuhkan ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tesebut mengeluarkan darah. Tingginya kandungan kalsium dan tannin dari kulit kayu ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus.

Selain itu, ekstrak kulit kayu ek putih memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Kulit pohon ek putih biasanya direbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien atau dijadikan teh herbal untuk menyembuhkan wasir.