Sukses

11 Tempat Wisata di Bandar Lampung Terpopuler, Alamnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bandar Lampung menyimpan berbagai pesona alam yang menakjubkan. Padahal, nama Bandar Lampung sebagai destinasi wisata seakan terlupakan dengan dibandingkan wilayah lainnya. Berbagai wisata pantai dan pulau indah bisa kamu kunjungi di Bandar Lampung.

Kondisi geografis Lampung membuatnya memiliki berbagai destinasi wisata, mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Maka dari itu, jangan heran kalau kamu menemukan bukit-bukit yang menawarkan pemandangan indah di Bandar Lampung.

Tempat wisata di Bandar Lampung terdiri dari laut dan alam perbukitan yang mengagumkan. Pesona keindahan pemandangan pantai hingga pemandangan alam dan kota dari atas bukit bisa kamu nikmati.

Selain itu, ada pula pusat konservasi gajah di Taman Nasional Way Kambas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Bandar Lampung dari berbagai sumber, Rabu (8/1/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Teluk Kiluan

Tempat wisata di Bandar Lampung yang tidak boleh dilewatkan adalah Teluk Kiluan. Meski letaknya agak jauh dari Bandar Lampung, kamu akan sangat menyesal bila tidak mengunjungi Lumba-lumba yang ada di sana. Teluk Kiluan memiliki julukan surga lumba-lumba, dimana kamu bisa melihat langsung aktivitas lumba-lumba di alam bebas.

Kamu bisa mengunjungi Teluk Kiluan dari Pantai Klara. Kamu bisa menyewa perahu yang akan membawamu berkenalan dengan para lumba-lumba di habitat aslinya.

Selain bermain dengan lumba-lumba, kamu juga bisa berenang di sebuah laguna cantik yang berada di balik bukit Teluk Kiluan. Laguna di Kiluan ini memang tidak sebesar Laguna Weekuri yang ada di Sumba, namun jernihnya air di sini akan membuatmu tidak sabar untuk berenang di dalamnya.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menjadi salah satu tempat wisata di Bandar Lampung yang populer berkat keindahan alam bawah lautnya. Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang wajib kamu lakukan di sini. Pulau ini dapat kamu akses dari Dermaga Ketapang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan Kecil. Pahawang Besar terbuka untuk wisatawan umum sedangkan Pahawang Kecil merupakan pulau pribadi.

Walaupun merupakan pulau pribadi, kita masih bisa bermain-main di area luarnya, tepatnya di lokasi pasir timbul yang unik. Saat ini, banyak resort dan penginapan yang dibangun di Pulau Pahawang, jadi kamu pun bisa menikmati sensasi menyenangkan ala pantai Maldives yang tidak terlupakan.

Selanjutnya, jika sudah sampai di Pulau Pahawang, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke Pulau Wayang yang suasananya mirip dengan di Raja Ampat. Pulau Wayang merupakan gugusan pulau dengan tebing yang tinggi dan tidak berpenghuni. Letaknya yang berbatasan langsung dengan laut dalam membuatnya terkenal sebagai spot memancing yang terkenal.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Pantai Mutun

Hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, pantai berpasir putih ini wajib kamu kunjungi. Selain menikmati pemandangan pantainya yang memukau, kamu juga bisa seru-seruan dengan aneka water sports, mulai dari kano hingga menaiki banana boat di salah satu tempat wisata di Bandar Lampung ini.

Pantai Mutun sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk keluarga, karena fasilitas yang disediakan sudah memadai termasuk parkir dan toilet umum. Bahkan terdapat mini water boom di dalam kompleks pantai. Pantai ini akan menjadi sangat ramai dikala akhir pekan, jadi sebaiknya kamu datang lebih awal.

Pulau Tangkil

Selain itu, jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, kamu bisa island hopping ke Pulau Tangkil.

Tempat wisata di Bandar Lampung satu ini dapat ditempuh hanya dengan waktu 10 menit perjalanan mengendarai boat. Di Pulau Tangkil ini, kamu bisa melakukan parasailing yang merupakan satu-satunya di Lampung. Pasirnya yang putih dan air pantainya yang bening akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Pantai Sari Ringgung dan Pulau Tegal Mas

Tempat wisata di Bandar Lampung berikutnya adalah Pantai Sari Ringgun dan Pulau Tegal Mas. Pantai Sari Ringgung ini merupakan akses terdekat ke Pulau Tegal Mas. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga cukup lengkap. Jika merasa lapar, kamu bisa mampir ke beberapa restoran di sekitar pantai.

Salah satu hal unik yang bisa kamu temui di sini adalah keberadaan masjid apung. Masjid apung Al-Aminah merupakan bagian dari komplek kampung terapung para nelayan. Tidak hanya sampai di situ, dari pantai ini, kamu juga bisa island hopping ke Pulau Tegal Mas yang tidak kalah menakjubkan.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Jika sudah bosan dengan pantai dan laut, kamu bisa berkunjung ke Batu Granit di Tanjung Bintang. Batuan granit ini akan mengingatkan kita dengan Pulau Bangka Belitung, jadi tempat ini bisa jadi pengganti jika kamu belum sempat berlibur ke Bangka Belitung.

Bebatuan unik di sini tersusun bertumpuk-tumpuk, sehingga dikenal masyarakat lokal sebagai gunung batu. Jika bisa mencapai puncaknya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan hijau yang rindang dan sangat menyejukkan.

Lokasi tempat wisata di Bandar Lampung ini ada di Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Lampung.

Masuk ke Taman Batu ini, kamu terasa disuguhkan panorama bebatuan ala Afrika, lengkap dengan panorama hutan karet di sekitarnya.

Taman Nasional Way Kambas

Berikutnya, tempat wisata di Bandar Lampung yang juga cukup terkenal adalah Taman Nasional Way Kambas. Pusat konservasi besar ini menampung setidaknya 300 ekor gajah dan sampai saat ini terus bertambah. Pengunjung Way Kambas bisa melihat, bahkan berinteraksi langsung dengan gajah.

Lokasinya berada di Lampung Timur dan buka dari jam 8.00 WIB hingga 18.00 WIB. Selain gajah, di tempat wisata di Bandar Lampung ini terdapat hewan-hewan lain seperti harimau dan beruang yang bisa ditemui di tempat wisata di Bandar Lampung favorit ini. Untuk yang ingin berfoto, sebaiknya menggunakan Lensa kamera jarak jauh.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Pulau Mengkudu

Tempat wisata di Bandar Lampung berikutnya adalah Pulau Mengkudu. Lokasinya berada di Totoharjo, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Pulau Mengkudu belakangan tengah naik daun sebagai destinasi wisata provinsi Lampung.

Pulau ini menjadi ciri khas tersendiri di Lampung karena kondisinya yang menyerupai Tanah Lot di Bali. Pemandangan unik di Pulau Mengkudu dianataranya adalah Batu Lapis dan Pasir Timbul yang kian mempercantik panorama Pulau Mengkudu.

Danau Suoh

Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Danau Suoh yang jadi langganan penikmat alam sekaligus pemburu foto.

Tempat wisata di Bandar Lampung ini terdiri dari empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya, seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang. 

Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto di sana. Lokasinya berada di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata di Bandar Lampung terpopuler adalah Pantai Dewi Mandapa di Pesawaran. Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu jamah. 

Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Hanya saja untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20 ribu per lokasi. Lokasinya berada di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

Muncak Teropong Laut

Tempat wisata di Bandar Lampung berikutnya adalah Muncak Teropong Laut. Muncak Teropong Laut memungkinkan kamu menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian. Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian indah seiring datangnya senja. 

Ada sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Sekilas, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung. Tempat ini berlokasi di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.