Sukses

Aksi Terpuji Anjing Rajin Punguti Sampah Plastik Ini Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Plastik sekarang ini menjadi salah satu bahan yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Seiring pertumbuhan populasi dunia, plastik makin besar-besaran diproduksi dengan berbagai variannya. Hal ini menimbulkan meledaknya sampah plastik di dunia.

Berjuta-juta ton sampah berakhir di laut, sungai bahkan hutan setiap tahunnya, termasuk sampah plastik. Hal ini mengakibatkan ratusan hingga ribuan hewan mati setiap tahun akibat ekosistem yang dipenuhi sampah plastik.

Berbagai upaya dilakukan penuntasan masalah ini. Peringatan tentang bahaya sampah plastik sebenarnya sudah ada sejak awal 1970-an. Sayangnya, pesan ini hanya disadari oleh segelintir orang. Belum lama ini viral video seekor anjing yang terlihat rajin memunguti sampah plastik.

Video ini menjadi tamparan untuk manusia yang kebanyakan masih tidak mau memungut sampah yang dilihat. Anjing bernama Chipper ini viral setelah videonya memunguti sampah plastik di Taman Nasional Arizona beredar di media sosial.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Anjing Memunguti Sampah

 

Chipper menjadi perbincangan di media sosial karena rajin memunguti sampah botol plastik yang dibuang sembarangan oleh orang-orang di Taman Nasional Arizona, Amerika Serikat.

Dalam video tersebut, Chipper terlihat aktif memunguti sampah botol plastik yang ada di jalanan maupun atas sungai, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Dodo, Rabu (8/1/2020).

Terlihat Chipper sangat antusias memunguti sampah dan kemudian memberikannya kepada sang pemilik Katie Pollak. Aksi Chipper yang memunguti sampah botol plastik langsung mengundang perhatian para pengunjung Taman Nasional Arizona.

Sang pemilik, Katie Pollak berharap aksi yang dilakukan oleh Chipper ini dan menginspirasi manusia untuk melakukan hal yang sama.

"Aku harap orang-orang yang melihatnya dapat sedikit terinspirasi untuk membuang sampah miliknya sendiri atau yang mereka lihat pada tempatnya," ujar Katie dalam video tersebut.

3 dari 3 halaman

Mendapatkan Respon Positif

Chipper diketahui adalah anjing yang diadopsi Katie dari penampungan setelah ia lulus kuliah. Tak hanya menyayangi Chipper, ia juga mengajari banyak hal, seperti mengambil sampah dan membuang pada tempatnya.

Video aksi terpuji Chipper ini hingga kini telah disaksikan lebih dari 800 ribu kali dan langsung mendapat beragam komentar positif. Bahkan beberapa di antaranya mengatakan bahwa Chipper lebih baik daripada manusia.

"Anjing lebih baik dari manusia kebanyakan dalam membereskan kekacauan," cuit @SafiMaasai.

"Rupanya anjing ini jauh lebih bisa berpikir daripada orang-orang yang pergi ke Taman Nasional," tulis @DeborahJGlick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.