Sukses

8 Kebiasaan Sederhana Sebelum Tidur untuk Menurunkan Berat Badan

Hindari makan terlalu malam dan bermain gadget sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Kegiatan yang rutin dan konsisten merupakan salah satu kunci berhasil untuk menurunkan berat badan. Selain olahraga, ada beberapa kebiasan-kebiasaan lainnya untuk membantu mendapatkan berat badan ideal.

Memulai beberapa kebiasaan sederhana sebelum tidur dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Malam hari merupakan waktu bagi tubuh kamu untuk membakar antara 300 hingga 400 kalori. Ini hampir sama dengan jumlah energi yang kamu buang dalam jangka waktu satu jam.

Para ahli mengatakan bahwa ridur yang berkualitas di malam hari dapat berkonstribusi dalam menurunkan berat badan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sesaat sebelum tidur, agar berat badan turun secara perlahan. 

Berikut beberapa kebiasaan sederhana sebelum tidur untuk bantu menurunkan berat badan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Makan Malam Lebih Awal

Menurut sebuh studi, makan malam yang lebih sedikit di awal merupakan cara yang efektif untuk menghindari penambahan berat badan. Hal ini berkaitan dengan sekresi insulin yang sangat efektif terjadi di pagi hari.

Insulin adalah hormon yang mendorong otot dan sel-sel lemak tubuh untuk menyerap gula, yang kemudian diubah menjadi energi atau disimpan sebagai lemak. Karena sekresi insulin kurang efisien di malam hari, maka makan karbohidrat dan gula berlebih akan mengakibatkan penimbunan lemak. Oleh karena itu, semakin awal kamu berhenti makan, akan lebih baik.

3 dari 9 halaman

Camilan Tinggi Protein

Sebuah studi menemukan bahwa makan camilan di malam hari tidak dipermasalahkan. Asalkan konsumsi camilan di bawah 150 kalori. Komposisi makanan ini tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan dan justru akan bermanfaat untuk sintesis protein otot dan kesehatan kardiometabolik.

Terlebih lagi, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa makan camilan protein sebelum tidur dapat membantu tidur. Ahli Diet, Upton, mengatakan bahwa dirinya akan menyarankan untuk mengonsumsi satu atau dua telur telur rebus untuk sumber protein berkualitas tinggi.

4 dari 9 halaman

Minimalisir Penggunaan Gadget

Kebiasaan sederhana sebelum tidur yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah meminimalisir penggunaan gadget. Cahaya berlebihan pada gadget merupakan salah satu penyebab kamu tidak bisa tidur dengan benar di malam hari.

Hal ini dikarenakan cahaya biru dari ponsel khususnya telah menunda tubuh memproduksi melatonin. Hal inilah yang membuat kamu butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan bangun dengan rasa lelah.

Cobalah untuk menghindari menggunakan gadget selama 2 jam sebelum pergi tidur dan menempatkannya ke mode malam. Ganti tablet dengan buku dari kertas untuk dibaca. Kamu pun akan segera merasakan melatonin bekerja memanggil kamu untuk tidur.

5 dari 9 halaman

Rutin Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Penelitian menunjukkan bahwa jadwal tidur yang tidak teratur dikaitkan dengan kenaikan berat badan berlebihan. Biasanya, hormon melatonin yang memberi tahu kapan kita harus tidur. Hormon ini juga membantu mengaktifkan sel-sel lemak krem yang membantu membakar kalori.

Jika waktu tidur kamu tidak konsisten, maka kamu akan mengganggu produksi melatonin dan menghilangkan kualitas tidur. Akibatnya, kamu akan merasa lelah di pagi hari dan ingin makan berkalori tinggi untuk meningkatkan energi.

6 dari 9 halaman

Melakukan Latihan dengan Repetisi

Latihan fisik merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres dan meningkatkan metabolisme kamu sebelum tidur. Baik latihan kardio dan aerobik terbukti efisien, namun pelatihan ketahanan adalah yang membantu kamu untuk membakar lemak.

Berenang atau angkat berat merupakan solusi olahraga di malam hari yang bisa dipilih. Olahraga tersebut tidak membuat kamu terlalu berolahraga, tapi pasa saat yang bersamaan akan merangsang pembakaran kalori yang berlangsung bahkan setelah kamu tertidur.

7 dari 9 halaman

Mengatur Suhu Kamar

Para ahli merekomendasikan untuk mengatur suhu kamar menjadi sekitar 18 derajat Celcius di malam hari untuk meningkatkan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih dingin mengaktifkan sel-sel lemak krem yang bertanggung jawab atas termoregulasi.

Ketika kamu tidur di ruangan yang dingin atau tidur telanjang, tubuh kamu mulai membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas. Ini sebabnya kamu mungkin merasa lebih kurus di pagi hari.

8 dari 9 halaman

Menghindari Alkohol

Kebiasaan sederhana sebelum tidur untuk menurunkan berat badan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjauhkan konsumsi alkohol. Dikatakan oleh Upton bahwa alkohol akan merusak siklus tidur dan akan menstimulasi nafsu makan.

9 dari 9 halaman

Konsumsi Teh Herbal

Kebiasaan sederhana selanjutnya yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah mengonsumsi teh. Jenis teh tertentu dapat membantu kamu menurunkan berat badan di malam hari.

Salah satunya adalah teh herbal alami seperti kayu manis. Jenis teh ini dapat memerangi peradangan dan mencegah kembung di pagi hari. Teh peppermint juga dapat mengurangi nafsu makan dan membantu kamu terhindar dari rasa ingin ngemil. Sedangkan teh chamomile dapat meningkatkan kinerja pencernaan dan melemaskan saraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini