Sukses

6 Potret Sebelum dan Sesudah Kebakaran di Australia Ini Bikin Prihatin

Liputan6.com, Jakarta Bencana kebakaran Australia benar-benar memancing perhatian dunia internasional. Bagaimana tidak? Ribuan rumah habis terbakar, jutaan hektar lahan dilalap api, serta ada jutaan spesies yang ikut tewas karena si jago merah.

Sejak Oktober 2019 kemarin, tercatat setidaknya ada 1.400 rumah yang habis dilahap api, menelan korban jiwa sebanyak 24 orang, dan hewan yang tak terhitung jumlahnya. Dewan Asuransi Australia memperkirakan kerugian dari musibah kebakaran Australia dahsyat ini sudah menghanguskan jutaan hektar lahan hutan ini mencapai lebih dari 700 juta dolar Australia.

Tampak jelas perbedaan wilayah tersebut dari yang mulanya asri menjadi memprihantikan. Hutan yang mulanya dipenuhi dengan pepohonan, kini menjadi tandus. Asap pekat pun terlihat menyelimuti Australia. 

Kerusakan ini pun terekam dalam bingkai kamera. Dilansir dari Boredpanda, berikut Liputan6.com ulas potret kondisi saat sebelum dan sesudah dilanda kebakaran Australia, Kamis (9/1/2020).

2 dari 7 halaman

1. Potret 2 jam sebelum dan 3 hari sesudah kebakaran di Sarsfield, Victoria. Sebelumnya nampak hijau dan kini terlihat tandus.

3 dari 7 halaman

2. Jika sebelumnya jalan di Pulau Kanguru nampak rindang, kini nampak kering dan tandus akibat si jago merah.

4 dari 7 halaman

3. Pemandangan di Taman Margasatwa Mogo. Asap kebakaran membuat langit berwarna merah.

5 dari 7 halaman

4. Perbedaan jalan di Cobargo, Australia. Asap pekat terlihat menyelimuti jalanan tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Pantai Tathara yang indah kini diselimuti kabut tebal yang membuat langit berwarna oranye.

7 dari 7 halaman

6. Pemandangan memprihatinkan dari Blue Mountain sebelum dan sesudah kebakaran. Jago merah memusnahkan pepohonan.