Sukses

14 Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya, Ada yang Sampai Ratusan Juta

Liputan6.com, Jakarta Jenis kucing peliharaan dan harganya bisa menjadi pertimbangan saat kamu ingin memelihara hewan ini. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit. Tingkahnya yang menggemaskan mampu mengusir stres pemiliknya. 

Hewan berbulu ini juga mudah ditemukan dan dirawat. Ada banyak jenis kucing peliharaan dan harganya. Banyak orang memilih untuk memelihara kucing ras dengan berbagai alasan. Jenis kucing peliharaan dan harganya ini bahkan diburu banyak para pecinta kucing.

Jenis kucing peliharaan dan harganya ini tergantung pada ras, kualitas, dan perawatannya. Tak jarang orang rela mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk memiliki kucing-kucing ini. Beberapa jenis kucing peliharaan dan harganya ini sangat populer.

Dengan mengetahui jenis kucing peliharaan dan harganya, kamu akan mempertimbangkan jenis kucing apa yang akan dipelihara. Berikut 14 jenis kucing peliharaan dan harganya yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/1/2020).

2 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Persia

Kucing Persia merupakan jenis kucing ras yang paling populer. Ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang panjang, lebat, berwajah bulat dan hidung pesek. Harga kucing persia tergantung pada umur dan subjenisnya. Untuk kucing persia ras Asli bisa dihargai mulai dari Rp 2.000.000 hingga belasan juta rupiah.

Kucing Anggora

Anggora menjadi jenis ras kucing yang paling banyak dicari. Kucing ini berasal dari Turki yang juga sering disebut Anggora Turki. Anggora merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing dan elegan.

Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Kucing Anggora asli bisa dihargai mulai dari Rp 1.500.000 hingga jutaan rupiah. Untuk jenis campuran bisa didapat mulai harga Rp 150.000 tergantung dengan jenis campurannya.

3 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Siam

Kucing Siam atau Siamese berasal dari Thailand yang kemudian menyebar hingga ke Eropa. Kucing Siam memiliki tubuh ramping, ekor panjang, mata berwarna biru, bulu pendek, dan memiliki titik gelap di beberapa bagian tubuh seperti wajah dan kaki. Harga kucing ini mulai Rp 150.000 hingga puluhan juta rupiah tergantung pada jenis dan keunggulannya.

Kucing Ragdoll

Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain. Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang. Ragdoll adalah kucing berbadan besar, dada yang lebar, dan panggul yang besar.

Panjang bulu Ragdoll sedang dengan tekstur seperti bulu pada kelinci. Selain itu, Ragdoll memiliki 4 pola warna, yaitu bicolor (dua warna), mitted, vandan point (solid, lynx, dan tortie).

Harga kucing ini bisa dibanderol mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 30.000.000 dilihat dari kualitas ras dan jenisnya.

4 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Maine Coon

Maine coon adalah kucing berbadan besar dan tinggi. Kucing Maine Coon betina bisa memiliki bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter. Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat.

Harga kucing ini cukup fantastis, mulai dari Rp 7.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Kucing Sphynx

Kucing Sphynx memilki penampilan unik dan istimewa. ika dilihat sepintas, maka tubuhnya tampak botak. Namun demikian memiliki bulu sangat pendek dan sangat sedikit sekali. Kucing ini bisa dihargai mulai Rp 3.000.000 hingga Rp 25.000.000.

5 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Russian Blue

Russian Blue merupakan kucing yang banyak digemari karena memiliki bulu pendek berwarna abu-abu kebiruan yang terlihat mengkilap. Matanya yang berwarna hijau cerah memancarkan pesona tersendiri. Kucing biru rusia adalah kucing yang ramah, cerdas, penasaran, dan tenang. Harga Kucing Russian Blue asli bisa mencapai Rp 30.000.000.

Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair memiliki ukuran tubuh sedang sampai dengan cukup besar dengan berat badan sekitar 4–8 kg. Kepalanya berbentuk bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Ras ini memiliki berbagai variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes dan blue.

Sesuai namanya, kucing ini memiliki bulu pendek yang lebat. Kucing ini bisa dihargai mulai Rp 10.000.000 hingga Rp 30.000.000.

6 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Himalaya

Kucing himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Kucing ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia. Kucing himalaya dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk wajahnya, yaitu kucing himalaya wajah boneka dan kucing himalaya wajah datar. Harga kucing ini bisa mencapai Rp 15.000.000 - Rp 25.000.000.

Kucing Scotish Fold

Kucing Scotish Fold memiliki ciri khas berupa telinga yang melipat. Kucing telinga lipat skotlandia memiliki kepala yang bulat, mata yang besar dan bulat, hidung yang pesek, serta leher dan kakinya pendek. Ras ini juga terdapat 2 versi, yaitu bulu panjang dan bulu pendek.

7 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing Bengal

Kucing bengal atau Blacan adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing ini memiliki tubuh yang besar dan gagah. Populasi kucing bengal belum begitu banyak sehingga harganya tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 10-40 juta rupiah.

Kucing Manx

Kucing ini dikenal akan ekornya yang sangat pendek bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena kelainan genetik yang bersifat dominan. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Berbeda dengan sifat kucing pada umumnya, manx sangat menyukai air, mereka suka memasukkan tangannya ke dalam air atau tempat minum. Kucing ini tergolong mahal, harganya dapat mencapai 10-40 juta.

8 dari 8 halaman

Jenis Kucing Peliharaan dan Harganya

Kucing savana

Kucing Sabana atau Savana merupakan kucing hasil persilangan dari ras kucing Afrika dengn kucing Bengal, Siam, dan Mesir. Kucing ini memiliki bulu yang tebal, berbadan tinggi lentur dan ramping. Penampakan fisiknya menyerupai kucing liar yang buas dengan motif bulu bertotol. Harga kucing ini sangat fantastis mulai dari Rp 30.000.000 hingga Rp 343.000.000.

Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair merupakan hasil persilangan antara ras persia dengan ras bulu pendek Amerika. Kucing ini memiliki badan dan bulu pendek. Matanya bulat dan besar, dengan warna kuning, biru, tembaga, dan keemasan. Telinga ras kucing ini pendek, kecil, dan berjauhan dari telinga sebelahnya. Harganya berada pada kisaran Rp. 2.000.000 sampai dengan Rp. 15.000.000.