Sukses

6 Artis Ini Pernah Idap Penyakit Lyme Disease, Terbaru Justin Bieber

Justin Bieber beberkan jika dirinya mengidap Lyme Disease lewat Instagram miliknya.

Liputan6.com, Jakarta Cukup lama tak muncul di hadapan publik dan dunia musik, Justin Bieber membagikan kabar cukup mengejutkan. Lewat akun media sosial Instagram pribadinya, Justin menyampaikan jika tengah berjuang melawan Lyme Disease. 

Lewat unggahan di Instagramnya pada Kamis (9/1/2020) musisi yang baru saja merilis single terbaru berjudul ' Yummy' ini memberitahu jika mengidap Lyme Disease. Justin Bieber angkat bicara setelah tersiar luas kabar jika dirinya menggunakan obat-obatan terlarang.

Lyme Disease merupakan salah satu jenis penyakit menular pada manusia dan hewan dengan perantara berupa kutu. Penyakit ini disebabkan oleh Borrelia burgdoferi, bakteri dari golongan Spirochetes dan disebarkan secara luas oleh kutu Ixodes scapularis.

Biasanya Lyme Disease menimbulkan ruam di tubuh, wajah tampak lelah, sendi nyeri, pusing, gangguan tidur dan susah berkonsentrasi. Gejala tersebutlah yang membuat banyak orang berspekulasi jika Justin menggunakan narkoba.

Ternyata tak hanya Justin Bieber saja yang pernah mengidap Lyme Disease ini. Berikut ini 6 artis yang pernah idap Lyme Disease, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (10/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Justin Bieber

Penampilan Justin Bieber yang semakin terlihat kurus dan pucat membuat bebarapa opini publik mengira dirinya menggunakan obat-obatan terlarang. Setelah beredar kabar simpang siur tersebut, akhirnya Justin Bieber memberikan klarifikasi di media sosialnya. Ia mengunggah sebuah foto yang bertuliskan jika dirinya divonis mengidap Lyme Disease. 

"Di saat ada begitu banyak orang yang bilang Justin Bieber terlihat seperti sampah, pakai narkoba, dan sebagainya, mereka gagal menyadari jika sebenarnya belum lama ini aku didiagnosa mengidap Lyme Disease," tulis Justin Bieber dalam postingannya. 

Tak hanya itu, Justin juga menuliskan jika ia juga mengidap mono kronis yang berdampak pada kulitnya, fungsi otak, energi dan kesehatannya secara utuh. Ia juga berjanji akan mengunggah video di channel YouTube-nya untuk memperlihatkan bagaimana dirinya menghadapi penyakit Lyme Disease tersebut. 

3 dari 7 halaman

2. Yolanda Hadid

Sebelumnya, Yolanda Hadid juga pernah mengalami hal yang sama. Pada Sabtu (3/11/2018) lalu model cantik ini mengunggah foto tangan dengan selang infus di Instagram pribadinya. Dengan caption yang ia tulis panjang, diketahui ia tengah berjuang melawan Lyme Disease. 

Bahkan di akhir kalimat captionnya ia menambahkan tagar #LymeDiseaseAwareness #WeMustFindACure #AffordableForAll untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkait penyakit yang memang sulit dicegah ini. 

Idap Lyme Disease, Yolanda Hadid bahkan sampai membatalkan sleuruh jadwalnya dan fokus untuk kesembuhannya. 

4 dari 7 halaman

3. Avril Lavigne

Penyanyi terkenal Avril Lavigne juga pernah mengidap Lyme Disease. Ia membeberkan hal tersebut saat melakukan wawancara pada Juni 2015 di acara 'Good Morning America'. Avril mengtakan bahwa dirinya telah terbaring di tempat tidur pada Oktober 2014, dikutip dari Insider.

Ia menyebutkan pengalaman itu adalah pengalaman terburuk dalam hidupnya. Sejak saat itu ia mendirikan Avril Lavigne Foundation, yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada orang-orang yang berurusan dengan Lyme dan penyakit serius lainnya.

 

5 dari 7 halaman

4. Ben Stiller

Bintang 'Night at the Museum' Ben Stiller divonis mengidap penyakit Lyme Disease pada 2011 silam. Stiller mengatakan kepada The Hollywood jika ia mengidap Lyme Disease ketika dirinya berada di Nantucket, Massachusetts. 

"Saya mendapatkannya di Nantucket, Massachusetts, beberapa tahun yang lalu. Lutut saya meradang dan mereka tidak tahu apa itu, kemudian mereka tahu itu adalah Lyme." ucapnya dikutip dari Insider. 

Kini ia sudah sembuh total dan hingga kini ia tetap waspada ketika berpergian. 

6 dari 7 halaman

5. Kelly Osbourne

Bintang reality show, Kelly Osbourne,  bahkan tak tahu jika ia mengidap Lyme Disease. Ia baru menyadari setelah bertahun-tahun berlalu. Saat diperiksa dirinya diduga mengidap Lyme Disease sejak 2004. Semua berawal ketika ia pindah rumah pada tahun 2004 ke Inggris. Ia mendapatkan gigitan kutu hitam. 

Selama bertahun-tahun setelah itu, ia mengalami nyeri di tubuhnya. Seorang spesialis pengobatan alternatif akhirnya memeriksanya dan ia diagnosis positif. Akhirnya Kelly Osbourne terbang ke Jerman untuk perawatan. 

7 dari 7 halaman

6. Alec Baldwin

Selama wawancara pada 2011 dengan The New York Times, aktor "Saturday Night Live" ini menyebutkan bahwa ia menderita penyakit Lyme kronis. Alec Baldwin menyebutkan diagnosisnya lagi pada 2017 ketika dia berbicara di atas panggung di sebuah acara Bay Area Lyme Foundation.

Menurut majalah People, Alec Baldwin memberi tahu bahwa ia telah digigit kutu 17 tahun lalu dan digigit lagi beberapa tahun kemudian. 

"Yang pertama adalah yang terburuk," kenangnya.

"Dan aku benar-benar berpikir, 'Ini dia, aku tidak akan hidup. Saya akan mati karena penyakit Lyme," pikirnya saat berada di tempat tidur rumah sakit. 

Dari pengalaman tersebut, Alec Baldwin istrinya, Hilaria, tetap waspada dengan selalu memeriksa diri mereka dan kutu pada anjing peliharaannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini