Sukses

5 Cara Menghilangkan Noda Coretan di Dinding dengan Mudah

Cara menghilangkan noda coretan di dinding bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda coretan di dinding bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah. Tentunya membersihkan noda coretan spidol, krayon, maupun pena atau pensil bisa membuat kamu pusing. 

Apalagi anak kamu masih kecil dan sedang aktif bergerak, dinding rumah yang dapat dijangkaunya bisa penuh dengan coretan. Membersihkan coretan tersebut tentu tidak bisa hanya menggunakan air dan kain lap saja, kamu perlu menggunakan bahan-bahan lainnya.

Cara menghilangkan noda coretan di dinding ternyata tidak begitu sulit. Kamu bisa menggunakan berbagai bahan yang digunakan sehari-hari untuk membersihkannya. Sebut saja pasta gigi, soda kue, hingga perlengkapan mandi berbahan kimia bisa kamu gunakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020) tentang cara menghilangkan noda coretan di dinding

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda coretan di dinding yang pertama adalah menggunakan pasta gigi. Kandungan kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat dan magnesium trislikat pada pasta gigi, rupanya efektif untuk membantu menghilangkan coretan spidol, krayon, pulpen atau pensil yang menempel pada dinding rumah.

Oleskan sedikit pasta gigi putih secara merata menggunakan kain langsung di atas coretan spidol. Sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi berjenis gel. Pasta gigi putih yang murah sepertinya akan bekerja paling baik.

Kamu juga bisa mengencerkan pasta gigi dengan menambahkan sedikit air di dalam cangkir. Oleskan pasta gigi encer ini di atas coretan spidol. Diamkan pasta gigi selama 5-10 menit. Lalu gosok coretan spidol dengan kain. Gunakan gerakan memutar untuk membantu mengangkat noda dari dinding. Terakhir, bersihkan sisa-sisa pasta gigi dengan kain lembap. Coretan spidol seharusnya bisa hilang.

3 dari 6 halaman

Soda Kue

Cara menghilangkan noda coretan di dinding selanjutnya bisa dengan menggunakan soda kue. Sebagai bahan soda bikarbonat yang bersifat basa, soda kue atau baking soda rupanya tak hanya bisa digunakan saat membuat makanan, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan coretan pada dinding rumah.

Gunakan spons cuci piring yang kasar (biasanya berwarna hijau). Lembapkan spons dan tuangkan sedikit soda kue di atasnya. Tempelkan spons pada dinding yang bernoda dan gosok perlahan menggunakan gerakan memutar. Kamu mungkin harus membilas dan mengulang proses, tergantung seberapa tebal garis dan warna spidol.

4 dari 6 halaman

Perlengkapan Mandi Berbahan Dasar Kimia

Cara menghilangkan noda coretan di dinding selanjutnya bisa menggunakan perlengkapan mandi berbahan dasar kimia. Contohnya seperti hairspray, penghapus cat kuku, cairan pembersih tangan, dan alkohol isopropyl atau alkohol gosok.

Sebelum menggunakannya, kenakanlah sarung tangan. Lalu tuangkan pembersih pada kain lap lembut atau bola kapas. Pastikan kamu membuangnya setelah digunakan. Selanjutnya, totolkan cairan pembersih pada coretan spidol.

Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah menggosok coretan dengan gerakan memutar. Kamu mungkin harus menggosoknya beberapa kali untuk menghapus seluruh noda spidol. Bersihkan area dinding yang bermasalah dengan sabun lembut dan air. Setelah coretan spidol terhapus, bersihkan dinding agar terbebas dari residu bahan kimia yang keras.

5 dari 6 halaman

Cuka

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cuka sebagai salah satu cara menghilangkan noda coretan di dinding. Cuka sebenarnya merupakan salah satu penyedap andalan dalam setiap masakan. Namun, siapa sangka kandungan asam asetat yang ada di dalamnya memiliki beragam manfaat, termasuk dalam membersihkan dinding dan perabotan rumah tangga.

Untuk membersihkan dinding dengan cuka gampang kamu bisa memasukkan cuka ke dalam botol spray. Semprotkan pada coretan dinding, usap dari bawah ke atas. Hal ini guna menghindari kotoran bekas coretan mengotori area lainnya.

6 dari 6 halaman

Tutupi Kembali dengan Cat

Jika coretan terlalu banyak, dan metode yang disebutkan di atas tidak berhasil menghilangkan noda spidol, mungkin tidak ada jalan lain, kecuali mengecat ulang dinding. Carilah cat lama dengan warna yang sama dari toko cat.

Lakukan persiapan seperti proses pengecatan pada umumnya. Bersihkan dinding, lakukan pengampelasan jika diperlukan, dan biarkan mengering. Sapukan cat di atas noda spidol. Lakukan pengecatan beberapa kali untuk memastikan seluruh coretan tertutup.

Haluskan hasil pengecatan baru sedemikian rupa agar tidak terlihat jauh berbeda dengan cat lama dan tidak terkesan seperti “tambalan”. Kemudian, biarkan cat mengering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini