Sukses

6 Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Serta Cara Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kayu manis untuk kecantikan bisa didapatkan dengan memperhatikan cara penggunaannya. Walaupun rempah ini biasanya hanya digunakan untuk menjadi penyedap masakan atau pemanis minuman, kamu juga bisa menjadikannya bahan perawatan kecantikan. 

Penggunaan kayu manis untuk perawatan kecantikan biasanya ditambahkan dengan campuran bahan alami lainnya. Tidak hanya merawat kecantikan kulit wajah saja, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kayu manis pada rambut hingga bibir dan mulut.

Manfaat kayu manis untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungannya. Kandungan antioksidannya yang tinggi seperti polifenol, serta memiliki sifat antimikroba dan antiparasit dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan yang baik untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020) tentang manfaat kayu manis untuk kecantikan serta cara penggunaannya

2 dari 7 halaman

Masker Jerawat

Manfaat kayu manis untuk kecantikan yang pertama yaitu sebagai masker jerawat. Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang.

Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat. 

Cara penggunaannya, campur tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

3 dari 7 halaman

Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut juga dapat diatasi dengan manfaat kayu manis ini. Masalah bau mulut dapat disebabkan oleh gigi berlubang dan kurangnya kesadaran untuk merawat kebersihan mulut.

Jika bau mulut terlanjur menghampiri, kayu manis dapat menjadi salah satu solusinya. Cukup obati masalah bau mulut dengan mengunyah satu batang kayu manis. Maka bau mulut bisa teratasi.

Selain dikunyah, kayu manis dapat juga direbus dengan air. Rebusannya dapat digunakan sebagai obat kumur yang bermanfaat untuk mengurangi aroma tidak sedap pada mulut.

4 dari 7 halaman

Masker Rambut

Manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi risiko rambut rontok. Kamu bisa menggunakan kayu manis sebagai campuran masker rambut.

Untuk membuat masker rambut menggunakan kayu manis juga caranya sangat mudah. Siapkan satu sendok kayu manis dan madu, kemudian campur dengan setengah cangkir minyak zaitun.

Tambahkan satu butir telur sebagai perekat, lalu oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan shampo sampai bersih. Rambut kamu akan kembali sehat dan lebat.

5 dari 7 halaman

Pelembap Bibir Alami

Selain itu, manfaat kayu manis untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai pelembap bibir alami. Pelembab bibir dengan kayu manis mungkin terdengar aneh. Namun, bagi kamu yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, rempah ini sangat bermanfaat.

Penggunaannya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir.

6 dari 7 halaman

Melembapkan Kulit

Selain untuk mengatasi jerawat, manfaat kayu manis untuk kecantikan kulit wajah juga dapat melembapkan kulit. Kulit kering dan bersisik merupakan masalah yang sering dialami oleh perempuan. Kulit yang bersisik selain mengurangi rasa percaya diri, juga dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Untuk mengembalikan kelembaban kulit, gunakan lulur yang terbuat dari campuran garam laut, minyak almond, minyak zaitun, madu, dan kayu manis bubuk. Dengan begitu, masalah kulit kerinf dan bersisik bisa kamu hindari.

7 dari 7 halaman

Sebagai Foundation untuk Kulit Bercahaya

Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai foundation untuk kulit bercahay. Riasan wajah yang glowing bisa didapat dengan bantuan bubuk kayu manis. Caranya, bubuhkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder. Oleskan pada wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.