Sukses

11 Wisata Dekat Candi Borobudur, Alam Indah dan Suasana Sejuk

Liputan6.com, Jakarta Wisata dekat Candi Borobudur bisa jadi pilihan destinasi saat mengunjungi salah satu keajaiban dunia ini. Candi Borobudur merupakan candi Buddha di Magelang, peninggalan Dinasti Syailendra. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Tak hanya keindahan candi, di sekitar kawasan Borobudur kamu juga bisa menemukan destinasi menarik lainnya. Ada banyak pilihan wisata dekat Candi Borobudur. Wisata dekat Candi Borobudur dapat ditempuh dengan mudah dan sangat dekat dari Candi Borobudur. Di wisata dekat Candi Borobudur ini kamu tak hanya menyusuri peninggalan sejarah tapi juga keindahan alam yang memesona.

Wisata dekat Candi Borobudur ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar destinasi saat berada di Magelang. Berikut 11 wisata dekat Candi Borobudur yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(10/1/2020).

2 dari 6 halaman

Museum dan bangunan unik

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur. Di dalam museum ini terdapat rekonstuksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa.

Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur. Dalam sejarah dunia, Kapal Borobudur termasuk kapal modern pertama di dunia, karena mempunyai struktur ganda dengan dayung yang banyak dan lambung kapal yang luas.

Museum Borobudur

Di sebelah Museum Kapal Samudraraksa berdiri juga sebuah museum Karmawibhangga atau juga disebut Museum Borobudur. Museum ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan lokasi lain di Jawa Tengah.

Rumah Kamera

Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rumah ini dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo Seorang pelukis profesional di Indonesia.

Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

3 dari 6 halaman

Candi

Candi Mendut

Magelang tak cuma punya Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah. Sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Candi Mendut yang juga bercorak Buddha. Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak.

Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syalendra antara abad 8 hingga 9 Masehi. Candi Pawon terbuat dari batu andesit. Candi ini berdenah bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.

4 dari 6 halaman

Rafting dan desa wisata

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur kamu juga bisa merasakan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya. Di sini kamu akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.

5 dari 6 halaman

Perbukitan

Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema makin populer ketika masuk dalam film AADC 2 di mana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu bersama. Bangunan Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Untuk sampai ke bangunan ini pengunjung harus menyusuri jalan setapak ke Bukit Menoreh. Bangunan ini sejatinya bukanlah gereja. Namun dimasudkan sebagai rumah doa bagi siapa saja. Dari atas Gereja Ayam, pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan Bukit Menoreh, bahkan dari atas sini Candi Borobudur terlihat dari kejauhan.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Bukit ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

6 dari 6 halaman

Perbukitan

Bukit Barede

Bukit Barede berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian.

Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada di kompleks Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udaranya yang sejuk khas pegunungan membaut bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.