Sukses

10 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Terkenal, Alamnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kalimantan Timur memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Mulai dari pulau-pulau yang memiliki keindahan alam laut yang memesona hingga wisata perbukitan dengan pemandangan alam yang begitu mengagumkan ada di sini. 

Alam Kalimantan memang terkenal sangat alami. Apalagi hutan Kalimantan juga begitu luas, sehingga menjadi habitat berbagai flora dan fauna. Untuk menikmati berbagai keindahan alam ini tentunya kita harus bersama-sama melindunginya, terutama dari tangan manusia sendiri.

Tempat wisata di Kalimantan Timur yang terkenal menawarkan alam yang begitu menakjubkan. Siapa yang tidak tahu dengan keindahan Kepulauan Derawan, yang telah terkenal tidak hanya di dalam negeri namun juga sampai ke luar negeri. Tentunya mengunjungi Kalimantan Timur sebagai destinasi liburan akan sangat menyenangkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/1/2020) tentang tempat wisata di kalimantan timur

2 dari 6 halaman

Kepulauan Derawan dan Danau Kakaban

Kepulauan Derawan

Tempat wisata di Kalimantan Timur Pertama tentunya adalah Kepulauan Derawan. Pulau satu ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan wisatawan mancanegara pun sering sekali tampak berkungjung ke tempat ini.

Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Bagi para pecitna dunia bawah laut, Pulau Derawan bagaikan surga.

Dengan berbagai jenis karang dan jenis ikan, bahkan merupakan salah satu spot pari manta yang jumlahnya sedikit di dunia, Pulau Derawan harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kamu tidak hanya akan terkagum-kagum dengan berbagai keindahan di Pulau Derawan, namun juga tidak ingin meninggalkannya. Dijamin semua penat dan lelahmu sehari-hari dapat terobati bila berkunjung ke salah satu wisata Kalimantan Timur ini.

Danau Kakaban

Merupakan salah satu bagian dari Pulau Derawan, Danau Kakaban adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Tentunya kamu sudah tahu betapa istimewanya Danau Kakaban ini.

Jika kamu ingin berenang bebas di antara ratusan bahkan ribuan ubur-ubur langka, maka di danau inilah tempat satu-satunya. Ada beberapa jenis ubur-ubur langka yang hidup di Danau Kakaban ini yang sama sekali tidak mengeluarkan sengat, dan juga berbagai jenis ikan-ikan kecil yang dapat kamu jumpai.

Jika kamu ingin mencoba diving di tengah laut lepas, perairan Pulau Kakaban pun tidak kalah menarik untuk diselami. Terdapat banyak sekali jenis ikan langka seperti barakuda, hiu white tip, black tip, hingga hammer shark yang akan menemani kamu menyelam.

3 dari 6 halaman

Pulau Maratua dan Gua Haji Mangku

Pulau Maratua

Keindahan tempat wisata di Kalimantan Timur memang berasal dari berbagai kepulauan yang dimilikinya. Masih merupakan bagian dari Pulau Derawan, Maratua merupakan lokasi wisata yang tidak kalah menakjubkan.

Keindahan alam Maratua yang terletak di perbatasan perairan Indonesian dan Malaysia ini bahkan disebut-sebut sebagai surga bawah laut untuk para penyelam. Terumbu karang yang indah, ikan-ikan langka yang cantik dan berbagai biota laut lainnya merupakan keindahan utama yang akan kamu dapatkan dari salah satu wisata Kalimantan Timur ini.

Bahkan menjelang senja tiba, ikan-ikan laut seperti lion fish, pari putih, hingga penyu akan menampakkan dirinya di bawah dermaga. 

Gua Haji Mangku

Masih di Pulau Maratua, kamu bisa menemukan gua indah bernama Haji Mangku. Salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur ini begitu eksotis karena airnya jernih kebiru-biruan. Berada di tengah hutan membuatmu akan merasa jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Selain itu, akses Gua Haji Mangku juga sangat mudah. Dari pintu masuk ke lokasi gua, kamu hanya perlu berjalan selama 10 menit. Lokasi tepatnya ada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

4 dari 6 halaman

Danau Labuan Cermin dan Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo

Danau Labuan Cermin

Tempat wisata di Kalimantan Timur selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin ini lokasi tepatnya terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Danau ini sendiri diberi nama Labuan Cermin karena memiliki air yang begitu jernih. Saking jernihnya, air danau tersebut terlihat seperti cermin, karena bayangan objek di atas danau bisa terlihat jelas dari permukaan air danau. Hal ini jugalah yang membuat Danau Labuan Cermin menjadi salah satu wisata Kalimantan Timur terfavorit.

Buat orang-orang yang menyukai fotografi, Danau Labuan Cermin tentunya merupakan lokasi paling menarik, karena banyak sekali spot foto yang dapat dicoba. Apalagi kamu juga menggunakan perahu di danau ini.

Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo menjadi salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur yang pas untuk merefleksikan diri sekaligus menikmati nuansa perkampungan yang asri dan alam yang menenangkan.Potensi yang dimiliki telaga dengan air yang biru itu sangat luar biasa.

Airnya yang jernih dan pemandangan alam yang indah menjadikan spot ini membuatnya menjadi tempat favorit untuk menenangkan diri.Pepohonan yang rindang juga menambah keasrian tempat wisata yang terbilang baru ini.

Pihak pengelola lokal kini juga mempersiapkan beragam fasilitas tambahan agar wisatawan makin kerasan.Lokasinya ada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

5 dari 6 halaman

Pulau Sangalaki dan Pulau Beras Basah

Pulau Sangalaki

Tempat wisata di Kalimantan Timur berikutnya masih seputar pulau, yaitu Pulau Sangalaki. Keindahan pantainya sudah tak terbantahkan lagi. Pasir yang putih, pemandangan pohon kelapa yang menenangkan dan ombak yang bergerak perlahan.

Belum lagi pemandangan bawah air bakal membuat kamu terus berdecak kagum karena keindahannya.Di Pulau Sangalaki ini, kamu bisa belajar tentang penyu. Kamu bisa melihat langsung bagaimana perkembangbiakkan penyu, dan bahkan bisa ikut melepas langsung anak-anak penyu ke laut lepas.

Bagi penggemar diving, kamu bisa melakukan penyelaman di sejumlah titik yang pemandangannya begitu menakjubkan, seperti spot seperti Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta  Avenue, Ridge, Light house, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, Town dan Sandy Ridge sudah sangat mendunia.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah Tempat wisata di Kalimantan Timur selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang menawarkan panorama alam bawah laut. Airnya yang jernih, ombaknya yang tenang, serta pasir putihnya yang lembut membuat pulau ini kerap kali dijadikan arena untuk snorkeling.

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Maka untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga jam dengan kendaraan. Namun saat tiba di sana, kamu akan menemukan pemandangan alam yang snagat memesana.

Di pulau ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan laut pada umumnya seperti melihat terumbu karang, menemukan biota laut yang beragam, dan bintang laut yang menggemaskan. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain snorkeling adalah dengan bermain banana boat. Untuk fasilitas yang ada di Pulau Beras Merah ini juga sudah sangat lengkap. Dimana sudah ada mushola, warung makan, dan toilet yang bersih.

6 dari 6 halaman

Batu Dinding dan Taman Batu Bukit Sembinai

Wisata Alam Batu Dinding

Tidak hanya wisata pantai dan pulaunya yang indah, Kalimantan Timur juga memiliki perbukitan yang unik. Salah satunya adalah Batu Dinding di Kutai Kartanegara. Untuk sampai ke lokasi, perjalanan yang kamu lalui sangat seru dan tiada duanya.

Menyusuri jalan setapak, kamu bisa merasakan kesejukan ditambah keindahan pemandangan dari perkebunan jeruk sunkist, buah naga dan pohon karet. Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi perbukitan yang megah, membentang cukup luas, yang terlihat seperti dinding.

Tempatnya yang eksotik dan keren, ditambah lanskap pemandangan serta panorama alam yang indah di sekelilingnya, membuat kamu harus mengambil foto di salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur ini.

Taman Batu Bukit Sembinai

Masih seputar bukit batu, kali ini kamu bisa mengunjungi Taman Batu Bukit Sembinai yang berlokasi di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Jalur untuk menuju spot wisata ini bisa dikatakan cukup menantang.

Selain jalan yang berkelok-kelok, juga ada tanjakan dan turunan yang harus dilalui.Namun sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan yang luar biasa keren. Nuansa alaminya masih terasa karena masih jarang dikunjungi. Kamu bisa menikmati sunrise dan sunset dari puncak bebatuan yang indah ini.