Sukses

5 Kisah Perjuangan Hidup Cerelia Raissa, Idap 5 Macam Mental Illness

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Cerelia Raissa dikenal sebagai bintang FTV yang kerap kali menghiasi layar kaca. Parasnya yang cantik dan bakat aktingnya yang memukau, kian melambungkan namanya. Gadis kelahiran Jakarta, 15 Februari 1997 ini sudah aktif di dunia hiburan sejak 2006 lalu.

Telah lama berkarier sebagai aktris dan model, tak banyak yang tahu jika pemilik nama lengkap Cerelia Ayuna Reyna Raissa ini pernah melewati masa hidup yang berat. Dikenal sebagai model dan aktris yang sering berpakaian terbuka, kini Cerelia Raissa telah mantap berhijab.

Sebelum mantap berhijab, gadis yang sudah belasan membintangi judul FTV ini pernah mengidap 5 macam mental illness hingga beberapa kali melakukan aksi percobaan bunuh diri. Ia juga sempat mengatakan jika sudah nakal sejak usia muda dan tak percaya pada agama.

Penuh perjuangan hingga akhirnya berhijrah, berikut 5 kisah hidup perjuangan gadis yang akrab disapa Cerel dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (14/1/2020).

2 dari 6 halaman

1. Idap 5 Macam Mental Illnes

Cerelia Raissa baru-baru ini membagikan kisah perjuangan hidupnya lewat channel YouTube milik Gritte Agatha. Video yang diunggah pada Rabu (1/1/2020) lalu ini Cerel membagikan kisah hidupnya di mana mengidap 5 macam mental illness.

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, cerel mendatangi psikater. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, Cerel dikethaui mengidap mental illness. Di luar dugaan Cerel mengidap Bipolar Disorder, Anxiety Disorder, Borderline Personality Disorder (BPD), Binge Eating Disorder dan Anorexia Disorder.

Bahkan Cerel sempat mengatakan jika keluarganya bahkan keluarga besarnya tak ada yang tahu jika dirinya mengidap 5 macam illness. Ia pergi ke psikiater dan dirawat tanpa sepengatahuan mereka.

3 dari 6 halaman

2. Percobaan Bunuh Diri

Mengidap 5 macam illness bukan perkara yang mudah dilewati oleh Cerelia Raissa. Cerel juga menambahkan jika ia sudah beberapa kali mencoba mengakhiri hidupnya sejak usia 5 tahun. Dimulai dari mengonsumsi obat hingga overdosis sampai aksi bunuh diri lainnya.

"Dari gantung diri, loncat dari gedung, pisau, cutting di tangan, pisau di bagian jantung, sama od (Over Dosis). Dulu aku cutting SD karena terlalu ngerasa sedih dan sakit hati aku dihilangin dengan sakit fisik, itu SD. SMP mulai lagi, SMA stop karena mulai dewasa tapi sempet kumat di 18,19,20 terus ada kumat-kumatnya karena berantem sama orang, pokoknya ada trigger," katanya.

4 dari 6 halaman

3. Dikelilingi Sahabat yang Menggagalkan Aksinya

Telah puluhan kali mencoba bunuh diri, ternyata aksi Cerel tersebut digagalkan oleh teman dan sahabatnya. Cerel menjelaskan jika setiap kali akan mengakhiri hidupnya, momen itu selalu saja bertepatan dnegan kehadiran temannya.

"Tiap kali aku mau bunuh diri alhamdullillah banget temen aku selalu datang, selalu aja, aku udah gantung diri, talinya udah di leher temen masuk ke dalam kamar, aku mau loncat dari apartemen, balkon, temen dateng, saat pisau sudah di jantung, tinggal tekan doang, temen aku dateng, jadi emang kayak belum waktunya untuk meninggal sih," paparnya.

5 dari 6 halaman

4. Pernah Ketergantungan Alkohol

Sempat tak punya teman hingga Sekolah Menegah Pertama, Cerel yang semakin dewasa mulai memiliki teman saat SMA. Namun sayangnya ia terjerumus ke dlaam kenakalan remaja.

Cerel bahkan sempat ketergantungan alkohol berat. Ditambah lagi kehidupannya sebagai artis membuatnya selalu menghadiri pesta malam hingga pagi.

"Dulu bahkan aku gak bisa tidur kalau belum minum alkohol, jadi selalu minum tiap hari, party hard, tiap hari isinya minum malem sampe pagi, tidur sampe siang, hangover, makan, dinner terus drink sampai pagi, tiap hari kayak gitu, yang haram memang nyaman," pungkasnya.

6 dari 6 halaman

5. Putuskan Berhijab

Cerelia Raissa sebelumnya dikenal sebagai aktris dan model seksi yang kerap berpakaian terbuka. Ia bahkan mengaku sudah nakal sejak usia muda dan tak percaya dengan agama.

Namun kini penampilannya sudah berubah. Cerel memutuskan berhijab sejak 20 Oktober 2019 lalu. Tak sekedar penampilan, Cerel juga mencoba untuk mengubah tata bicara dan gaya hidupnya. Keputusan Cerelia untuk berhijab ini sontak mendapatkan berbagai macam pujian dari netizen.

 

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mantap Berhijrah, Ini 7 Potret Cerelia Raissa dalam Balutan Hijab
Artikel Selanjutnya
Jarang Terlihat di Layar Kaca, Ini 6 Potret Terbaru Artis FTV Nadya Almira