Sukses

6 Efek Samping Minum Teh Susu Berlebihan Bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat teh susu, konsumsi dalam batas wajar.

Liputan6.com, Jakarta Teh susu atau milk tea semakin banyak peminat. Minuman ini menggantikan gula menjadi susu sebagai pemanisnya. Teh dan susu memiliki keuntungannya masing-masing bagi kesehatan. 

Salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki teh adalah zat polifenol yang memiliki antioksidan tinggi melebihi antioksidan pada sayuran. Sedangkan susu memiliki kandungan protein dan mineral yang berperan untuk menunjang aktivitas harian. 

Sebagian orang menyarankan agar tidak mengonsumsi teh dicampur susu. Meski penelitian yang dilakukan pada tahun 1998 dan 2001 tidak menemukan bukti bahwa menambahkan susu bisa mengurangi manfaat kesehatan teh.

Namun, pada penelitian baru menemukan bahwa susu tidak mengganggu penyerapan senyawa teh yang disebut catechin yang disebut sebagai zat bermanfaat bagi kesehatan yang dimiliki teh hijau. 

Di balik manfaat teh susu, namun apabila mengonsumsi campuran teh dan susu secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Ada efek samping bagi kesehatan tubuh jika kamu terlalu sering mengonsumsi teh susu.

Berikut beberapa efek samping minum teh susu berlebihan bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kembung

Ketika kamu minum terlalu banyak teh susu, tanpa disadari perut kamu akan kembung. Efek samping ini didapat karena teh mengandung banyak kafein yang menjadi salah satu penyebab perut kembung.

Menambahkan susu ke dalamnya dapat menyebabkan kembung, karena susu dan kafein dapat meningkatkan pembentukan gas.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Kecemasan dan Stres

Minum teh susu secara berlebihan bukan hanya menunjukkan masalah kesehatan fisik, namun juga mengganggu kesehatan mental. Kesehatan mental yang kerap terjadi jika terlalu sering minum teh susu adalah cemas berlebihan, stres, gelisah, kurang tidur, dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan teh dapat mengaktifkan sel-sel otak untuk menenangkan. Namun, ketika kamu mengonsumsinya terlalu banyak, maka dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam otak yang akan mengarah pada kecemasan.

4 dari 7 halaman

Insomnia

Efek samping minum teh susu berlebihan selanjutnya dapat mengakibatkan insomnia. Layaknya kopi, teh hitam yang digunakan untuk menyeduh teh susu kaya akan kafein. Ketika tubuh kelebihan kafein, akan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

Namun, apabila kamu minum teh susu dalam jumlah yang sedikit tidak akan menyebabkan masalah tidur. Hal ini merupakan efek samping paling umum dari campuran teh dengan susu dan gula.

5 dari 7 halaman

Jerawat

Salah satu efek samping minum teh susu yang paling terlihat bagi kulit adalah munculnya jerawat. Pada jumlah konsumsi normal, teh dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Namun, minum teh berlebihan justru akan menghasilkan panas dan menciptakan ketidakseimbangan dalam bahan kimia di tubuh.

Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat. Daerah yang paling sering terkena jerawat yang disebabkan oleh konsumsi teh berlebihan adalah wajah, leher, dan dada.

6 dari 7 halaman

Kurang Nutrisi

Efek samping minum teh susu berlebihan bagi kesehatan lainnya dapat kekurangan nutrisi. Penelitian mengungkapkan bahwa menyeduh teh dan susu bersamaan dapat mengganggu terserapnya nutrisi penting di dalam tubuh. Terlalu banyak minum teh juga dapat menyebabkan tubuh kurang zat besi dan zink.

7 dari 7 halaman

Konstipasi

Adanya kandungan kimia bernama teofilin di dalam teh dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, terlalu banyak teofilin dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi yang berujung pada konstipasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini