Sukses

4 Kerajaan Unik yang Muncul di Indonesia, Bikin Geleng-Geleng

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan munculnya kerajaan baru, yaitu Kerajaan Agung Sejagat. Kerajaan Agung Sejagat diketahui didirikan di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kerajaan Agung Sejagat dipimpin seorang pria yang dipanggil Sinuwun bernama Toto Santosa Hadiningrat.

Sedangkan sang wanita yang bernama Fanni Aminadia dipanggil Kanjeng Ratu atau Dyah Gitarja. Kerajaan ini mulai ramai dibicarakan setelah muncul foto-foto mengenai kirab budaya seperti Wilujengan yang diadakan pada 10-12 Januari 2020.

Namun belum sempat menguasai dunia, aksi Raja dan Permaisuri Kerajaan Agung Sejagat, Totok Santosa dan Fanni Aminadia sudah berakhir. Pasalnya, polisi menangkap mereka karena aktivitas yang membuat resah masyarakat. Ternyata kemunculan kerajaan unik ini bukan yang pertama kalinya.

Sebelum Kerajaan Agung Sejagat, juga muncul berbagai macam kerajaan unik dengan nama-nama yang unik di berbagai penjuru Tanah Air. Penasaran apa saja kerajan unik yang muncul di Indonesia? Berikut 4 kerajaan unik di Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/1/2020).

2 dari 5 halaman

1. Kerajaan Agung Sejagat

Kerajaan Agung Sejagat mendadak viral dan menghebohkan masyarakat karena mengklaim mereka adalah penerus Kerajaan Majapahit dan memiliki kekuasaan di seluruh dunia. Kerajaan ini mulai viral lantaran foto acara kirab budayanya tersebar di dunia maya.

Kerajaan yang belum diketahui kapan dibentuk ini ternyata sudah memiliki sekitar 450 orang pengikut. Selain itu, mereka juga mengatakan memiliki 13 menteri. Dalam jumpa pers di ruang sidang keraton, pimpinan Kerajaan Agung Sejagat atau dipanggil Sinuhun tersebut mengatakan keberadaannya adalah menunaikan janji 500 tahun runtuhnya Kerajaan Majapahit tahun 1518.

Keberadaan Kerajaan Agung Sejagat juga ditandai dengan bangunan semacam pendopo dan sendang atau kolam di sebelah utara yang keberadaannya disakralkan. Selain itu juga ada sebuah batu yang terletak di dalam keraton tersebut dianggap sebagai prasasti oleh Kerajaan Agung Sejagat.

3 dari 5 halaman

2. Kerajaan Ubur-Ubur

Tahun 2018, warga Serang di Provinsi Banten juga heboh dengan munculnya kerajaan aneh. Kerajaan Ubur-Ubur diketahui adalah sebuah nama resmi sebuah komunitas keagamaan. Komunitas ini dipimpin pasangan suami-istri dan yang mengaku sebagai jelmaan Nyi Roro Kidul.

Kerajaan Ubur-ubur didirikan di Jalan Sayabulu Kota Serang, Banten. Mengadakan pertemuan setiap hari Kamis malam hingga Jumat dini hari. Walaupun pengikutnya tak sebanyak Kerajaan Agung Sejagat, rakyat kerajaan ini hanya ada 20 orang dan 8 warga tetap.

Meski demikian memiliki struktur organisasi cukup komplit. Di puncak struktur ada Ratu bernama Aisyah dan Raja bernama Rudi. Diketahui tujuan dari didirikannya Kerajaan Ubur-Ubur berhubungan dengan bisikan gaib. Mereka mengaku mendapat bisikan untuk membobol dua bank internasional yaitu Bank Swiss dan Bank Griffin 1999 Birmingham.

4 dari 5 halaman

3. Kerajaan Jipang

Kerajaan unik yang muncul di Indonesia lainnya adalah Kerajaan Jipang di Blora, Jawa Tengah. Kerajaan Jipang ini diketahui sempat mati dan berdiri kembali pada tahun 2014. Bahkan di tahun 2016 sempat menyelenggarakan kirab dengan dukungan pemerintah setempat.

Kerajaan Jipang atau biasa dikenal dengan nama Kadipaten Jipang, adalah nama sejarah yang disebut-sebut dalam beberapa kronik Jawa, khususnya yang terkait dengan Kerajaan Demak dan proses berdirinya Kerajaan tersebut. Keberadaan kerajaan ini dibuktikan dengan banyaknya peninggalan yang masih ditemukan di daerah setempat, termasuk di area persawahan.

Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II, Barik Barliyan mengatakan Jipang merupakan sebuah kerajaan bawahan dari Kerajaan Demak. Nama Jipang banyak muncul dalam catatan sejarah karena penguasanya, Arya Penangsang, lebih dikenal dengan nama Arya Jipang, yang merupakan Sultan Demak ke-5.

5 dari 5 halaman

4. Kerajaan Tahta Suci

Beberapa waktu yang lalu Indonesia dikejutkan dengan adanya ajaran sesat yang mengatasnamakan sebuah kerajaan. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Tahta Suci yang dipimpin Lia Aminuddin atau yang dikenal Lia Eden yang mengaku menjadi Rasul Kerajaan Surga.

Dalam syiarnya, perempuan kelahiran Surabaya, 21 Agustus 1947, itu mengaku sebagai Jibril dan Mesias yang muncul di dunia sebelum kiamat. Dia juga mengaku sebagai reinkarnasi Bunda Maria, Ibu dari Yesus Kristus. Sedangkan anaknya, Ahmad Mukti mengklaim reinkarnasi Isa Almasih.

Lia Eden juga mengatakan kepada siapapun tentang akhir zaman yang terjadi pada akhir Mei 2015. Ia mengatakan bahwa nantinya akan ada UFO yang rencananya didaratkan di Monas dan membawa Eden dan pengikutnya ke surga.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Status Facebook Bapak-Bapak Tentang Cinta Ini Bikin Geleng Kepala
Artikel Selanjutnya
Bak Kakak Beradik, Ini 5 Potret Adhisty Zara dan Hasya Kyla Bersama Ibunda