Sukses

5 Fakta Meninggalnya Aktris Senior Ade Irawan, Ibu Kandung Ria Irawan

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari duni hiburan Tanah Air. Aktris senior sekaligus ibu dari Ria Irawan, Ade Irawan meninggal dunia pada Jumat (17/1/2020) siang. Ade Irawan meninggal dunia tepat setelah 11 hari kepulangan Ria Irawan pada 6 Januari 2020 lalu.

Kabar duka ini pertama kali diketahui dari unggahan Ernest Prakasa di akun Twitter peribadinya pada Jumat (17/1/2020). Ade Irawan pun diketahui meninggal dunia sekitar pukul 14.22 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kabar duka meninggalnya aktris senior kelahiran 5 April 1935 ini juga disampaikan oleh pihak keluarga, Dewi Irawan dan Adhi Bambang Irawan melalui media sosial. Meninggalnya aktris senior Ade Irawan ini pun cukup mengejutkan publik. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang mengucapkan ucapan duka cita melalui media sosial.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Ade Irawan.

2 dari 6 halaman

1. Berjarak 11 hari dari meninggalnya sang putri.

Meninggalnya Arzia Dahar atau yang dikenal dengan nama Ade Irawan ini tentu saja cukup mengejutkan publik. Pasalnya, ibunda dari Ria Irawan ini meninggal dunia tepat setelah 11 hari meninggalnya sang putri.

Ria Irawan sendiri meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker. Sebelumnya, Ade Irawan pun diketahui sempat menjalani perawatan intensif di RSUP Fatmawati, Jakarta selatan pada November 2019 lalu.

3 dari 6 halaman

2. Komplikasi Jantung dan Paru-paru

Sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Ade Irawan pun diketahui menderita beberapa penyakit. Ia pun ditengarai memiliki masalah pada jantung dan juga paru-paru.

Ade Irawan meninggal dunia pada usia 82 tahun. Ia juga dikabarkan beberapa kali mendapat perawatan di rumah sakit karena kondisinya yang cukup lemah akibat komplikasi jantung serta paru-paru.

4 dari 6 halaman

3. Dimakamkan pada keesokan harinya.

Jenazah Ade Irawan tiba dirumah dukam di Jalan Anggrek Lestari Indah Blok N No.11, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jenazah baru tiba di rumah duka pada pukul 16.30 WIB. Kedatangan janazah pun disambut penuh haru duka oleh kerabat. Bahkan sang putri Dewi Irawan pun tak mampu menahan tangis melihat jenazah sang ibunda tiba di rumah duka.

Jenazah Ade Irawan pun direncanakan akan dimakamkan pada keesokkan harinya, Sabtu (18/1/2020) pada pukul 10.00 WIB di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Almarhuman juga akan dimakamnya pada liang lahat yang sama dengan makam sang suami, Bambang Irawan.

5 dari 6 halaman

4. Dapat menghargaan Lifetime Achievement

Sebulan sebelum Ade Irawan meninggal dunia, aktris senior kelahiran Padang, Sumatra Barat ini juga sempat merah penghargaan. Ade Irawan mendapatkan penghargaan 'Lifetime Achievement' dari Festival Film Indonesia 2019 yang dihelat pada 8 Desember 2019 lalu. Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya pada dunia perfilman Indonesia.

6 dari 6 halaman

5. 56 tahun berkiprah di industri perfilman Indonesia

Ade Irawan mulai terjun ke dunia seni peran pada 1964. Dirinya memulai karier sebagai pemeran figuran dalam film Diambang Fadjar yang di produksi Agora pimpinan Bambang, sang suami. Tak hanya bermain di depan layar saja, akan tetapi Ade Irawan juga pernah menulis skenario untuk dilm Fajar Menyingsing pada 1975 dan Belas Kasih.

Bahkan, diusianya yang tak lagi muda pada 2016 lalu, Ade Irawan juga turut ambil bagian dalam film Dreams karya Guntur Suharjanto.Selain aktif dalam dunia film layar lebar, Ade Irawan juga beberapa kali terlihat membintangi sinetron di layar kaca.