Sukses

17 Jenis Kapal Laut di Dunia, Kenali Masing-masing Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Jenis kapal laut beraneka ragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kapal laut merupakan salah satu moda transportasi yang paling efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan kapal laut memiliki kapasitas dan daya angkut lebih besar dibandingkan moda transportasi darat dan udara.

Secara garis besar, kapal merupakan kendaraan besar yang mengangkut penumpang dan barang melalui jalur laut dan sungai. Meskipun kapal sama-sama berkendara di air, namun kapal memiliki perbedaan dengan perahu.

Kalau kapal adalah kendaraan besar pengangkut penumpang dan barang di sungai, laut, dan lain sebagainya. Sedangkan perahu, ukurannya lebih kecil dari kapal sehingga fungsinya memiliki beberapa perbedaan.

Berikut jenis kapal laut di dunia beserta masing-masing fungsinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/1/2020).

2 dari 5 halaman

Jenis Kapal Laut: Kapal Penumpang

Jenis kapal laut pertama adalah Kapal Penumpang atau Passenger Ship. Kapal penumpang memiliki fungsi untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang cukup banyak. Kapal penumpang memiliki beberapa jenis lagi, di antaranya kapal pesiar, kapal samudra, dan kapal fery.

- Kapal Pesiar

Kapal pesiar merupakan jenis kapal penumpang yang digunakan untuk tujuan pelayaran pesiar. Tujuan penumpang menaiki kapal pesiar guna menikmati waktu yang ingin dihabiskan di atas kapal pesiar tersebut.

Kapal pesiar memiliki ragam fasilitas penginapan dan perlengkapan layaknya hotel berbintang. Rute perjalanan kapal pesiar selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatannya. Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalannya di tempat yang sama.

- Kapal Samudra

Jenis kapal laut selanjutnya adalah Kapal Samudra. Kapal penumpang ini identik dengan kapal pesiar. Jenis kapal ini memiliki fasilitas yang mirip dengan kapal pesiar seperti penginapan dan perlengkapan.

Namun, rute perjalanan yang digunakan pada kapal samudra berbeda dengan kapal pesiar. Kapal samudra berangkat dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain. Kapal Titanic termasuk jenis kapal Samudra.

- Kapal Feri

Kapal Feri merupakan kapal yang digunakan untuk transportasi penyebrangan laut maupun sungai yang mengangkut penumpang beserat serta kendaraannya. Biasanya, kendaraan yang diangkut beragam. Mulai mobil pribadi, bus, truk, hingga semi-trailer. Jelasnya, kapal Feri hanya digunakan sebagai penyebrangan laut dan sungai.

3 dari 5 halaman

Jenis Kapal Laut: Kapal Barang

Jenis kapal laut berikutnya adalah kapal barang, Kapal barang merupakan kapal besar yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan pengangkutan barang dalam jumlah besar dan secara massal. Jenis kapal raksasa pengangkut barang ini sering dijumpai di pelabuhan.

Kapal barang merupakan jenis kapal yang paling sering dijumpai karena bukan hanya jumlahnya yang banyak, malinkan jenis kapalnya juga beragam. Mulai kapal container, kapal tanker, kapal pengangkut barang curah, kapal pengangkut mobil, dan lain sebagainya.

- Kapal Peti Kemas

Kapal container atau kapal peti kemas merupakan jenis kapan khusus yang digunakan untuk mengangkut container yang berukuran standar. Jenis kapal ini memiliki palka untuk menyimpan peti kemas ukuran standar.

Biasanya peti kemas diangkat ke atas kapal lewat pelabuhan terminal peti kemas dengan menggunakan derek khusus. Jenis kapal ini sangat tidak asing bagi kamu karena populasinya sangat banyak.

- Kapal Tanker Minyak

Kapal tanker memiliki fungsi untuk mengangkut cairan minyak. Ada dua jenis tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak jadi dan kapal tanker pembawa minyak mentah.

Jenis kapal pengangkut minyak mentah biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil. Jenis kapal ini dibuat dengan monstruksi yang kokoh dan tidak boleh ada minyak yang diangkutnya tumpah ke laut.

- Kapal Pengangkut Barang Curah

Kapal pengangkut barang curah merupakan jenis kapal barang yang memiliki fungsi untuk mengangkut barang-barang curah seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam, dan lain sebagainya. Jenis kapal laut ini memiliki palka atau rongga-rongga kargo yang terpisah.

- Kapal Pengangkut Barang Berat

Kapal pengangkut barang berat merupakan jenis kapal yang dirancang untuk mengangkut barang dengan ukuran superbesar yang melebihi ukuran kapal tersebut. Jenis kapal ini mengangkut kapal lain.

Barang yang dibawa bisa berupa peralatan kilang minyak ataupun kapal besar lainnya. Tempat kargo pada kapal ini tidak dibatasi oleh pagar, sehingga memungkinkan barang bisa diangkut dari arah manapun.

Untuk mengangkut kapal besar lain seperti kapal pesiar, sebagian badan kapal pengangkut dapat ditenggelamkan. Kemudian kapal pesiar digeser ke atas area yang ditenggelamkan tersebut.

- Tongkang

Kapal tongkang merupakan jenis kapal yang mengangkut barang. Sebenarnya kapal tongkang tidak bisa disebut sebagai kapal, karena tidak memiliki mesin sendiri. Kapal ini harus digandeng dengan kapal tunda tugboat.

Tongkatng biasanya disebut sebagai gandengan kapal. Karena kapal tersebut sangat ketergantungan terhadap kapal tugboat.

4 dari 5 halaman

Jenis Kapal Laut: Kapal Fungsional

Jenis kapal laut selanjutnya adalah kapal fungsional. Kapal fungsional merupakan jenis kapal yang tidak digunakan untuk mengangkut orang ataupun barang, melainkan berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas tertentu. Jenis kapal laut fungsional seperti kapal tunda, kapal derek, kapal pengeboran, dan masih banyak lagi.

- Kapal Tunda

Kapal tunda merupakan kapal kecil yang memanuver kapal dengan mendorong atau menarik mereka. Kapal tunda juga memindahkan kapal yang dalam suatu kondisi tidak bisa bergerak sendiri seperti kapal tongkang, kapal rusak, atau platform minyak.

Kapal tunda biasanya berguna sebagai pembuka pintu laut pelabuhan atau sebagai kepal penyelamatan. Kapal tunda memiliki mesin uap, namun saat ini mesin diesel yang kerap digunakan.

- Kapal Penyelamatan

Kapal penyelamatan merupakan kapal yang dibuat khusus untuk membawa petugas dan peralatan keselamatan lain. Kapal ini berfungsi untuk menolong korban kecelakaan yang biasanya terjadi di laut.

- Kapal Derek

Kapal derek merupakan jenis kapal berukuran raksasa yang dilengkapi dengan beberapa derek raksasa. Kapal jenis ini berfungsi untuk mengangkat barang berat ataupun membantu pekerjaan konstruksi di lepas pantai.

- Kapal Pengebor

Kapal pengebor merupakan kapal yang dilengkapi dengan peralatan pengeboran. Kapal ini memiliki fungsi untuk mengebor minyak batu bara atau sumur gas di perairan dalam laut atau pengeboran ilmiah.

- Kapal Pengeruk

Kapal pengeruk merupakan kapal penggali yang biasanya beroperasi dengan kegiatan pengerukan. Kapal ini dapat menghasilkan bahan pasir untuk tujuan reklamasi. Biasanya kapal menyedot pasir di dasar laut yang kemudian dikumpulkan di suatu tempat untuk reklamasi.

- Kapal Pemadam Kebakaran

Layaknya mobil kebakaran yang ada di darat. Kapal pemadam kebakaran juga memiliki fungsi yangs ama. Kapal pemadam kebakaran merupakan kapal yang didesain menyerupai kapal tunda, dengan pompa dan nosel yang dirancang untuk menyemprotkan air sebagai media memadamkan api pada kapal yang sedang terbakar.

5 dari 5 halaman

Jenis Kapal Laut: Kapal Angkatan Laut

Jenis kapal laut selanjutnya adalah kapal angkatan laut. Kapal angkatan laut berfungsi untuk operasi militer laut. Biasanya yang paling sering diketahui adalah kapal induk, kapal perang, dan kapal selam.

- Kapal Perang

Kapal perang merupakan kapal yang dibuat khusus untuk bertempur. Kapal perang dibuat dengan cara yang sangat berbeda dengan kapal laut biasanya. Selain sebagai senjata perang, jenis kapal laut ini juga dirancang untuk menahan tembakan dari musuh. Kapal perang hanya membawa senjata, amunisi, dan pasokan peralatan untuk awaknya sendiri.

- Kapal Patroli

Kapal patrol merupakan kapal angkatan laut yang relatif kecil. Biasanya kapal jenis ini dirancang untuk tugas-tugas pertahanan di pesisir pantai. Ada banyak sekali desain kapal patrol.

Jenis kapal ini umumnya ditemukan dalam berbagai peran perlindungan perbatasan, termasuk anti penyelundupan, anti pembajakan, patroli perikanan, dan penegakan hukum imigrasi.

- Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang didesain khusus untuk bergerak di bawah permukaan air. Umumnya kapal ini digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagain besar ankatan laut memiliki kapal jenis ini.

Loading