Sukses

6 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah Serta Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker kunyit untuk wajah bisa didapatkan dengan meraciknya sendiri di rumah. Membuat racikan masker kunyit juga tidak begitu susah. Kamu tinggal mencampurkannya dengan beberapa bahan alami lainnya sehingga bisa mengatasi berbagai maslaah kulit.  

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Karena itulah, manfaat masker kunyit untuk wajah bisa kamu dapatkan setelah mencampurkannya dengan bahan lain.

Manfaat masker kunyit untuk wajah bisa dijadikan perawatan rutin. Namun, menggunakan masker kunyit sebagai produk perawatan wajah juga tak boleh sembarangan. Kamu juga perlu memperhatikan jenis kulit. Tiap jenis kulit pastinya memerlukan perawatannya sendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/1/2020) tentang manfaat masker kunyit untuk wajah

2 dari 7 halaman

Membantu Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Bekas

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Bahkan, penggunaan kunyit yang diimbangi dengan gaya hidup sehat diyakini juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

Kunyit bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah jerawat kamu. Kamu bisa mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kualitas anti-inflamasi kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit.

Manfaat masker kunyit untuk kulit berjerawat ini dapat digunakan dengan kombinasi kunyit dan yogurt. Bakteri pada yogurt jika diaplikasikan pada wajah akan melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Berikut cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, air mawar dan sejumput kunyit.

2. Aduk rata hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan ke seluruh wajah.

3. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan seminggu sekali.

3 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit

Manfaat masker kunyit untuk wajah berikutnya adalah dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit mampu membantu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam.

Polusi dan sinar matahari cukup berbahaya bagi kulit, terutama kulit di wajah. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Perpaduan terbaik kunyit untuk kulit kusam adalah bersama madu dan tepung jagung. Madu kaya akan antioksidan yang bisa membuat kulitmu bersinar. Sementara tepung jagung juga memberi efek mencerahkan wajah dan sebagai bahan pengikat di masker. Berikut cara penggunaannya:

1. Campur kunyit dan tepung jagung. Setelah dibuat menjadi pasta, tambahkan madu.

2. Oleskan masker ke wajah dan leher.

3. Biarkan selama 15-20 menit.

4. Gunakan kain basah hangat untuk menghapus masker. Gunakan seminggu sekali.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Kulit Kering dan Mengurangi Kerutan di Wajah

Manfaat masker kunyit untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi kulit kering dan mengurangi kerutan. Hal ini karena kandungan aktif yang terdapat pada kunyit diyakini mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, kunyit juga diyakini efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

Kulit kering selalu membutuhkan pelembab dan hidrasi ekstra baik saat musim hujan maupun musim panas. Kamu bisa memadukan kunyit dengan bahan alami yang melembabkan kulit. Tip perawatan kulit kering penting lainnya adalah menggunakan tabir surya pelembab setiap hari untuk mencegah kerusakan dan kekeringan kulit.

Kamu bisa mencampurkan susu dan bubuk almond dengan kunyit untuk mendapatkan manfaat masker kunyit untuk wajah dalam mengatasi kulit kering dan kerutan. Susu membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond menambah kelembaban pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Berikut cara menggunakan ramuan masker untuk kulit kering ini:

1. Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi.

2. Oleskan secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit.

3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembabkan dengan krim pelembab setelahnya.

4. Ulangi seminggu sekali secara rutin.

5 dari 7 halaman

Baik untuk Kulit Berminyak

Produksi berlebihan sebum dan minyak oleh kelenjar sebaceous adalah alasan utama untuk kulit berminyak. Jadi, seseorang harus menjaga wajah agar tidak terkena minyak berlebih dengan membersihkannya secara teratur. Kunyit dikenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan dan karena itulah manfaat masker kunyit untuk wajah dapat berguna untuk merawat kulit berminyak.

Perpaduan masker kunyit yang cocok untuk kulit berminyak adalah bersama bubuk cendana. Bubuk cendana diperkaya dengan beberapa mineral yang bisa meresap ke dalam kulit. Bubuk cendana juga bisa menjadi exfoliator yang baik. Berikut cara menggunakan masker kunyit untuk kulit berminyak:

1. Tambahkan bubuk cendana dan sejumput bubuk kunyit dalam mangkuk.

2. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar.

3. Oleskan dan simpan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

4. Gunakan ini beberapa kali seminggu.

6 dari 7 halaman

Baik untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif sangat sulit dirawat karena cenderung alergi terhadap sebagian besar produk kosmetik. Kemerahan yang sering, peradangan, dan gatal-gatal adalah beberapa tanda kulit sensitif yang terlihat dan umum.

Manfaat masker kunyit untuk wajah dicampur lidah buaya sangat bermanfaat untuk kulit sensitif karena menenangkan dan mengurangi peradangan.

Lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang membantu menghaluskan kulit. Sangat membantu untuk ruam, luka bakar, dan kulit yang teriritasi. Berikut cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta.

2. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.

3. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

Manfaat masker kunyit untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Penggunaan masker kunyit secara rutin diyakini mampu membantu mengatasi munculnya noda gelap di wajah akibat hiperpigmentasi.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa dengan mengoleskan kunyit ke kulit selama 4 minggu, hiperpigmentasi kulit dapat berkurang hingga 14%.

Loading