Sukses

Pesona Wisata Telaga Sarangan, Dilengkapi Harga Tiket dan Kegiatan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Telaga Sarangan merupakan tempat wisata di Magetan yang paling terkenal. Popularitas ini didapatkan karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Gunung Lawu. Telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini berjarak sekitar 16 kilometer arah barat pusat kota Magetan. 

Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Wisata Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata di Magetan yang menjadi favorit para wisatawan. Fasilitas di sekitar telaga pun sudah lengkap, mulai dari penginapan, kios cendera mata, bahkan pengunjung dapat pula menikmati indahnya Telaga Sarangan dengan berkuda mengitari telaga.

Suasana lereng pegunungan yang sejuk dan dingin dapat membuat kamu tenang dan nyaman menikmati liburan. Apalagi dengan pemandangan indah sekitar Gunung Lawu, membuat Telaga Sarangan menjadi paket lengkap untuk liburan kamu.

Kamu juga bisa menikmati hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga, yaitu sate kelinci. Bahkan nongkrong sore dan jajan di kedai kaki lima sekitar Telaga Sarangan bisa menjadi opsi kamu menikmati senja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/1/2020) tentang wisata telaga Sarangan

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Alamat dan Harga Tiket

Wisata Telaga Sarangan berada di lereng gunung lawu. Berjarak 16 kilometer dari kota magetan. Atau hanya 5 km dari tawangmangu. Kamu bisa pergi ke kawasan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, kami disarankan memastikan kendaraanmu kuat, karena jalannya penuh tanjakan yang berkelok dan cukup curam.

Sepanjang perjalanan, kamu akan dihibur dengan keindahan panorama tawangmangu. Dengan perbukitan dan pemandangan gunung lawu yang terlihat jelas di depan mata.

Harga tiket masuk wisata Telaga Sarangan ini sebesar 15 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya parikir untuk mobil sebesar 7 ribu rupiah dan motor sebesar 5 ribu rupiah. Harga yang bisa dibilang seimbang dengan sebuah kawasan yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

Bagi yang membutuhkan penginapan. Disekitar telaga, sudah banyak penginapan dan juga homestay dengan berbagai macam harga yang disesuaikan dengan fasilitas yang akan didapatkan.

3 dari 4 halaman

Kegiatan di Wisata Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Dengan luas wilayah kurang lebih 30 ha. Dan kedalaman air yang mencapai 28 meter. Daya tarik utama kawasan ini terletak di telaganya. Kamu bisa menyewa perahu di telaga ini dengan harga 50 ribu rupiah saja.

Dengan perahu, kamu akan diajak berkeliling telaga selama 2 putaran dengan kecepatan fantastis. Dimana, adrenalin akan terpacu karena ombak yang dihasilkan oleh kapal ini begitu mengesankan. Kamu juga bisa menyewa becak air untuk menikmati telaga sekaligus bersantai.

Selain wahana kapal, kamu jug bisa menggunakan jasa naik kuda. Kuda ini akan mengantar kamu berkeliling telaga. Cobalah berkeliling dengan naik kuda, tarifnya sama seperti naik speed boat, yaitu 50.000 rupiah.

Di sekitar telaga ada sebuah air terjun bernama Tirtosari. Memasuki kawasan ini kamu harus membayar uang sebesar 7 ribu rupiah dan berjalan menuju area persawahan yang luas dan indah. Tempat ini sangat indah untuk berfoto.

Dari gerbang masuk menuju ke air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan jalan yang cukup menanjak. Kamu bisa berteduh dan beristirahat di gubug-gubug yang telah disediakan jika sudah lelah.

4 dari 4 halaman

Wisata Belanja dan Kuliner di Telaga Sarangan

Kamu bisa membeli berbagai kerajinan untuk dijadikan cendera mata. Seperti kerajinan anyaman bambu, kulit, sepatu, ataupun makanan khas berupa emping melinjo dan lempeng atau kerupuk puli (kerupuk dari nasi).

Selain itu kamu juga bisa mencicipi sate kelinci yang menjadi menu khas di wisata Telaga Sarangan ini. Namun jika kamu tidak tega menyantap kelinci, ada banyak pilihan menu lain, termasuk nasi pecel khas wisata Telaga Sarangan. Ada banyak warung makan yang berdiri di sekitar telaga yang menawarkan beragam menu untuk memenuhi selera.

Kamu juga bisa menikmati jagung bakar yang bisa mengembalikan kehangatan pada tubuh kamu setelah diterpa dinginnya udara di wisata Telaga Sarangan. Kamu bisa menyantap jagung bakar sambil meminum kopi atau teh hangat dan menyaksikan speed boat beralalu-lalang. Hal ini tentu saja bisa menjadi tontonan yang menarik dan menghilangkan perasaan bosan.

Bagi kamu pecinta makanan sehat, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di pasar dekat wisata Telaga Sarangan. Pasar tersebut menjual aneka jenis sayuran segar yang baru dipetik dari pohonnya dan berasal dari perkebunan di sekitar Gunung Lawu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.