Sukses

10 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan, Menyegarkan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Jeruk mandarin merupakan jeruk yang sangat populer di dunia. Memiliki rasa manis dan segar, jeruk ini kerap hadir saat perayaan Imlek. Bentuknya yang bulat dan warna kuning keemasan dianggap sebagai lambang kekayaan dan nasib baik. 

Di balik sifat keberuntungannya, jeruk mandarin menyimpan sejumlah manfaat kesehatan. Nutrisi jeruk mandarin rata-rata memiliki banyak vitamin C selain sejumlah kecil vitamin dan mineral penting lainnya.

Jeruk mandarin juga rendah kalori. Buah ini juga terdiri dari karbohidrat dan sebagian di antaranya berasal dari serat makanan. Jeruk mandarin juga mengandung gula. Namun, gula yang ditemukan dalam nutrisi jeruk mandarin lebih sehat.

Makan makanan kaya buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan risiko penyakit jantung dan stroke.

Jeruk mandarin lebih dari sekadar memberikan rasa yang lezat dan segar. Ada sejumlah manfaat kesehatan jeruk mandarin seperti mencegah kanker dan penambahan berat badan.

Berikut 10 manfaat jeruk mandarin, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/1/2020).

2 dari 6 halaman

Cegah kanker dan tinggi vitamin C

Dapat cegah kanker

Jeruk mandarin memiliki limonene dalam jumlah tinggi yang memiliki efek anti kanker. Kandungan ini dapat mencegah sejumlah kanker berkembang seperti kanker payudara dan kanker hati. Jeruk mandarin juga tinggi karoten yang diubah menjadi vitamin A yang terbukti mengurangi risiko kanker hati.

Jeruk mandarin akan mencegah pasien hepatitis C gagal mengembangkan kanker hati karena kandungan cryptoxanthin beta yang tinggi.

Tinggi vitamin C

Jeruk andarin mengandung vitamin C tingkat tinggi yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Vitamin C membantu melawan radikal bebas melalui sifat antioksidannya. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit menular dan kanker. Antioksidan yang terkandung dalam jeruk mandarin melucuti radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

3 dari 6 halaman

Atasi kolesterol dan tekanan darah

Atasi kolesterol

Mandarin memproduksi synephrine yang mengekang produksi kolesterol dalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam jeruk Mandarin membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Jeruk mandarin memerangi radikal bebas, mengoksidasi kolesterol yang membuat kolesterol menempel di dinding arteri.

Jeruk Mandarin mengandung serat larut dan tidak larut seperti hemiselulosa dan pektin yang mencegah penyerapan kolesterol dalam usus.

Tekanan darah

Jeruk mandarin juga membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Jeruk mandarin terdiri dari nutrisi dan mineral seperti kalium yang menurunkan tekanan darah. Jeruk mandarin menjaga aliran darah tetap lancar melalui arteri sehingga tekanan darah tetap normal.

Makan jeruk mandarin secara teratur dapat membantu mengelola tekanan darah. Serat, potasium, dan antioksidan dalam buah-buahan membuat darah mengalir lancar dan menjaga tekanan darah Atetap stabil.

4 dari 6 halaman

Penurunan berat badan dan Tingkatkan kekebalan tubuh

Penurunan berat badan

Jeruk mandarin sangat kaya akan serat. Makanan kaya serat menjaga perut kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak. Makan jeruk mandarin bermanfaat untuk menurunkan insulin, sehingga alih-alih menyimpan gula dan mengubahnya menjadi lemak, ia menggunakannya sebagai bahan bakar yang mengarah pada penurunan berat badan.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam jeruk mandarin sangat berperan dalam mencegah demam dan sangat penting untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Jeruk mandarin memiliki sifat anti-mikroba yang mencegah luka dari dari infeksi virus, jamur dan bakteri.

Jeruk mandarin juga mencegah kejang pada sistem pencernaan dan saraf sehingga mencegah kram dan muntah. Jeruk ini juga adalah pembersih darah alami yang membantu mengeluarkan racun dan zat yang tidak diinginkan dari tubuh.

5 dari 6 halaman

Sehatkan tulang dan kulit

Sehatkan tulang

Magnesium, kalsium, dan fosfor yang ditemukan dalam jeruk mandarin berkontribusi pada kesehatan tulang. Jeruk mandarin juga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan berkontribusi bagi kesehatan tulang. Jeruk mandarin juga merupakan sumber vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang normal dan diferensiasi sel.

Sehatkan kulit

Jeruk Mandarin mengandung banyak serat makanan. Ini membuatnya mudah untuk membersihkan sistem tubuh. Karena mandarin kaya akan vitamin C, ia dapat memberi tubuh 80% antioksidan yang dibutuhkannya. Ini mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh yang berpengaruh pada kesehatan kulit. Jeruk mandarin memberi cahaya yang sehat dan alami ke wajah jika dikonsumsi secara rutin.

6 dari 6 halaman

Cerahkan kulit dan cegah keriput

Cerahkan kulit

Mandarin adalah sumber vitamin C dan E. Keduanya sangat penting untuk kulit yang tampak sehat. Asupan reguler jeruk mandarin dapat meningkatkan warna kulit. Ini juga memberi kulit tanpa bebas dari bekas jerawat dan noda hitam.

Cegah keriput

Jeruk Mandarin juga sangat populer untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Jeruk ini dapat dikonsumsi langsung atau sebagai jus, dan dapat juga diaplikasikan secara topikal. Minyak dari jeruk mandarin (diekstrak dari jeruk mandarin) juga terbukti membantu dalam menumbuhkan sel dan jaringan baru. Ini juga membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Jenis Jeruk Manis yang Populer Beserta Masing-Masing Keuntungannya