Sukses

5 Manfaat Kale Bagi Kesehatan, Sayuran Hijau Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kale bagi kesehatan mungkin belum begitu dikenal banyak orang. Jenis sayuran berdaun hijau ini mungkin hanya dikenal oleh para penggemar salad. Padahal, sayuran yang tergolong ke dalam keluarga kubis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Seperti brokoli, sawi dan kembang kol yang juga merupakan keluarga kubis, kale memiliki kandungan yang tak kalah menyehatkan. Bahkan dalam satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, hingga magnesium.

Manfaat kale bagi kesehatan didapatkan dari kandungan vitamin dan mineralnya tersebut. Kale terdiri dari berbagai jenis, ada kale yang berdaun keriting, kale berdaun datar, atau bahkan kale yang berwarna hijau kebiruan, dan masing-masing jenis kale mempunyai rasa yang berbeda-beda

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/1/2020) tentang manfaat kale bagi kesehatan

2 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kale yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung. Vitamin K yang terkandung pada kale ternyata memenuhi sekitar 680 persen kebutuhan vitamin K dalam satu hari. Jika kamu memasak kale dengan cara merebus dan tidak menambahkan garam ketika proses memasak, maka nilai vitamin K pada kale meningkat hingga 1300 persen.

Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun pada 4.500 pasien usia dewasa, membuktikan bahwa terdapat penurunan risiko kematian pada pasien penyakit jantung jika diberikan ekstra suplementasi vitamin K.

Selain itu, kale juga mengandung asam empedu sekuestran yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian dalam jurnal Food Chemistry, kandungan tersebut bisa menyebakan berkurangnya risiko penyakit jantung dari waktu ke waktu.

Penelitian tersebut juga menemukan fakta, meminum jus kale setiap hari selama 12 minggu bisa meningkatkan HDL sebesar 27 persen. Serta menurunkan kadar LDL sebesar 10 persen, lalu meningkatkan status antioksidan.

3 dari 6 halaman

Membantu Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Dalam hal ini, kale mengandung senyawa yang diyakini bisa menangkal kanker.

Menurut penelitian, kale mengandung sulforaphane atau sejenis molekul gula yang terbukti bisa membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3-carbinol, suatu zat yang diyakini bisa membantu mencegah kanker.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa sulforaphane berhasil menurunkan sel kanker aktif pada penderita kanker payudara sebanyak 65 hingga 80 persen.

 

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Selain tinggi vitamin K, kale juga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dikenal sangat baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berperan dalam pembentukan sel. Penelitian yang dilakukan di National Institute of Health menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A secara rutin, akan terhindarkan dari risiko terkena berbagai penyakit mata dan menjaga kemampuan penglihatan.

Selain itu, kale memiliki berbagai jenis warna seperti, hijau, putih, ungu, dan hijau kebiruan yang disebabkan karena zat lutein dan zat ini baik untuk menjaga fungsi mata.

Menurut penelitian yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institue of Health, seseorang yang mengkonsumsi lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang cukup, akan terhindari dari risiko terkena penyakit mata. Bahkan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi dua jenis vitamin karotenoid tersebut.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Kale juga kaya akan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya, mengandung kalsium nabati. Ini beperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan semua jenis fungsi seluler.

Apalagi, satu gelas kale mengandung 101 mg kalsium, tidak banyak sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi seperti kale. Oleh karena itu, mengonsumsi kale secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tulang.

6 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kale rendah kalori, walaupun masih memberikan jumlah kalori yang signifikan untuk membuat seseorang merasa kenyang. Meskipun begitu kandungan air pada kale juga tinggi. Kale juga memiliki kepadatan energi yang rendah.

Menurut penelitian dalam jurnal berjudul Provision of Foods Differing in Energy Density Affects Long-Term Wight Loss, mengkonsumsi sayuran atau makanan yang memiliki kepadatan energi rendah terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kale juga mengandung dua nutrisi terpenting dalam menurunkan berat badan, yaitu protein dan serat.

Loading