Sukses

7 Cara Alami Agar Prediabetes Tidak Jadi Diabetes

Salah satu cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes adalah dengan mengubah pola hidup

Liputan6.com, Jakarta Cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes perlu kamu kenali. Prediabetes sendiri merupakan suatu kondisi kadar gula darah terlalu tinggi untuk dianggap normal, tetapi tak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2. 

Kamu dikatakan sebagai prediabetes jika kadar gula darah puasa berkisar antara 101-125 mg/dL atau jika tingkat gula darah dua jam setelah tes toleransi glukosa adalah antara 140-200 mg/dL. Meskipun orang dengan kondisi prediabetes memiliki 5 persen kemungkinan terkena diabetes selama 5-10 tahun ke depan, hal ini dapat dihindari.

Cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes adalah dengan mengubah pola hidup. Selain menjadi lebih aktif, menurunkan berat badan, mengurangi stres, berhenti merokok, dan tidur nyenyak, makan sehat juga dapat membantu mencegah atau membalikkan prediabetes.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/1/2020) tentang cara alami agar pradiabetes tidak jadi diabetes

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seimbangkan Asupan Makanan dan Perhatikan Porsi

Seimbangkan Asupan Makanan

Cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes yang pertama adalah menyeimbangkan asupan makanan. Isi setengah piring makanan kamu dengan sayuran dan nutrisi bermanfaat lain seperti beras merah, quinoa, kacang-kacangan, kacang polong, bayam, millet (jenis sereali), atau farro (jenis biji-bijian utuh).

Karbohidrat dari beras merah misalnya, memiliki lebih banyak serat dan nutrisi daripada karbohidrat olahan seperti nasi putih, roti, dan pasta. Tak lupa, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, perbanyak sayuran dalam menu, terutama sayuran yang tidak mengandung zat tepung seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang hijau. Konsumsi setidaknya 1-3 porsi per hari.

Perhatikan Porsi Makan dan Minum Banyak Air Putih

Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Makan porsi yang lebih kecil dapat membantu mengurangi kalori dan tetap merasa puas.

Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, prioritaskan air putih sebagai sumber utama hidrasi. Ini akan membantu dalam mengurangi kalori cairan yang tidak perlu yang selama ini mengisi tubuh. Jadi jagalah porsi makan dan minum banyak air putih sebagai cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes.

3 dari 4 halaman

Makan Setiap 3-6 Jam Sekali dan Makan Berat Hanya pada Pagi dan Siang Hari

Makan Setiap 3-6 Jam Sekali

Cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes berikutnya adalah makan setiap 3-6 jam sekali. Sarapanlah dalam waktu satu atau dua jam setelah bangun tidur. Kemudian, makanlah camilan setiap 3-6 jam. Pada dasarnya, jangka waktu tersebut dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan.

Makanlah sedikit saja sebelum kamu benar-benar membutuhkannya sehingga tubuh tidak harus “memikirkan” bagaimana menjaga gula darah tetap stabil. Cara ini ampuh untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Makan Berat Hanya pada Pagi dan Siang Hari

Selanjutnya, kamu sebaiknya makan berat hanya pada pagi dan siang hari saja. Hal ini penting sebagai cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes. Saat pagi hari, makanlah makanan yang mampu membuat kenyang, karena kamu paling membutuhkan energi pada pagi hari.

Ketika siang hari, cukup makan separuh dari porsi sarapan dan lebih sedikit lagi saat makan malam. Sementara, untuk camilan sebelum tidur batasilah antara 100-150 kalori setidaknya sebelum kamu beristirahat pada malam hari.

4 dari 4 halaman

Diet Sehat, Olahraga Rutin, dan Tidur Cukup

Menerapkan Diet yang Sehat

Jika kamu perlu menurunkan berat badan sebagai cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes, rencanakan diet yang sehat dan tepat. Hindari menerapkan diet yang terlalu ketat karena biasanya kamu akan jadi cepat bosan dengan diet tersebut, sehingga kemungkinan untuk kembali ke pola makan yang sebelumnya jadi lebih mungkin. Ujung-ujungnya kamu akan kembali menimbun berat badan dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Olahraga Secara Rutin

Jangan pernah malas untuk berolahraga karena bergerak lebih aktif dapat menurunkan level glukosa darah serta menurunkan lemak tubuh, yang tentunya menjadi salah satu cara alami agar prediabetes tidak jadi diabetes.

Jika belum terbiasa, kamu bisa mulai memasukkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian seperti naik tangga ketimbang lift atau eskalator, melakukan stretching saat bekerja, dan masih banyak lagi. Secara ideal, kamu harus berolahraga minimal 30 menit per hari dalam seminggu.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab berat badan semakin naik. Tubuh pun akan lebih sulit untuk menggunakan insulin secara lebih efektif. Latih diri kamu tidur dan bangun pada saat yang sama setiap hari. Hindari menonton televisi atau berkutat dengan gawai terlalu lama sebelum tidur, serta hindari mengonsumsi kafein setelah makan siang.

Jika kamu sudah memiliki kondisi prediabetes, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup sebagai cara alami agar prediabetes tidak menjadi diabetes.

Karena jika tidak, rata-rata 5-10 persen orang dengan prediabetes akan berkembang menjadi diabetes tipe 2. Penting juga untuk mendiskusikan diet apa yang tepat dengan dokter sekaligus menjaga agar tingkat gula darah tetap terkontrol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini