Sukses

18 Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler, Mudah Dijangkau

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Kota Semarang sangat beraneka ragam. Hal ini tak terlepas dari perannya sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Kota Semarang juga memiliki harmonisasi multikultur yang apik, di mana kebudayaan Cina, India, Arab, dan Eropa sangat terasa di kota ini.

Kota yang dikenal sebagai kawasan bisnis ini memiliki gedung-gedung tua yang masih kokoh berdiri hingga saat ini. Ketika berkunjung ke sini, maka ada beberapa destinasi wisata Kota Semarang terpopuler yang wajib dikunjungi.

Destinasi wisata Kota Semarang terpopuler ini didominasi dengan bangunan-bangunan tua yang sarat akan nilai sejarah. Selain itu, ada juga wisata alam yang bisa kamu nikmati dari ketinggian Kota Semarang.

Ketika berkunjung ke Semarang, kamu akan terpuaskan dengan banyaknya destinasi wisata Kota Semarang yang memukau. Terpenting, hampir semua tempat wisata di Semarang ini sangat mudah dijangkau.

Berikut rekomendasi destinasi wisata Kota Semarang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1/2020).

2 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler Penuh Kesejukan

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron salah satu destinasi wisata Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Desa Susuka, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Semarang.

Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti outbond, olahraga, dan latihan SAR hingga pramuka. Terlebih saat akhir pekan, kamu akan menemukan banyak tenda yang terpasang di sepanjang jalan hutan.

Hutan Mangrove Pantai Maron

Destinasi wisata Kota Semarang selanjutnya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Tempat wisata ini cocok dikunjung bersama keluarga di akhir pekan.

Hutan mangrove ini juga cocok buat kamu yang suka berswafoto. Pasalnya Hutan Mangrove Pantai Maron ini memiliki spot foto yang keren dan tentunya Instagramable.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata alam satu ini.

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Destinasi wisata Kota Semarang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Umbul Sidomukti. Wisata alam ini menawarkan wisata alam pegunungan dengan adanya kolam yang jernih. Selain berenang dan menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu bisa mencoba wahana yang menantang adrenalinmu dengan mencoba bermain outbond.

3 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler: Wisata Alam

Taman Tabanas Semarang

Destinasi wisata Kota Semarang lainnya adalah Taman Tabanas. Bisa dibilang ini bukit bintangnya Kota Semarang.

Tempat ini cocok dikunjungi saat malam hari. Kamu bisa menikmati keindahan Kota Semarang di malam hari dari ketinggian. Dari spot ini kamu akan disuguhkan kerlap-kerlip lampu Kota Semarang yang terlihat memesona.

Brown Canyon

Kamu pasti sudah enggak asing kan dengan destinasi wisata indah di Grand Canyon Amerika? Nah, destinasi mirip seperti itu kini bisa kamu lihat dari dekat tanpa perlu ke Amerika.

Pasalnya Indonesia kini juga memiliki wisata alam yang tidak kalah dengan Grand Canyon. Brown Canyon merupakan bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang.

Karena sudah tidak digunakan lagi, kini bekas penambangan banyak terdapat bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata dan berswafoto.

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi apabila kamu suka durian. Kebun ini terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati.

Selain bisa berlibur dan berwisata, di sini juga menyuguhkan edukasi mengenai berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya. 

4 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler

Lawang Sewu

Destinasi wisata Kota Semarang yang sudah sangat populer dan merupakan salah satu landmark adalah Lawang Sewu. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda yang unik karena memiliki pintu sangat banyak.

Selain fungsi vital Lawang Sewu sebagai sebuah kantor administrasi, terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi khusus. Penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan pernah menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Belanda sebelum Indonesia mengikrarkan kemerdekaan.

Karena bangunannya yang kuno nan megah, ditambah adanya ruangan-ruangan tambahan, tak jarang masyarakat menganggap Lawang Sewu penuh dengan kesan mistis. Namun demikian, pengunjung lokal maupun luar Semarang seperti tak pernah ada habisnya datang mengunjungi tempat bersejarah ini di berbagai kesempatan.

Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat berkumpulnya anak muda maupun keluarga bagi masyarakat Semarang. Kawasan ini menjadi salah satu ikon Kota Semarang yang bisa kamu jadikan destinasi wisata mu.

Tugu Muda tepat berada di depan Lawang Sewu, sehingga kamu bisa berfoto sepuasnya di spot ini. Namun, kamu perlu berhati-hati karena letaknya dekat dengan jalan raya. Jangan sampai kamu mengganggu lalu lintas.

5 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler Bersejarah

Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu destinasi wisata edukasi dan sejarah di Semarang. Dulunya, stasiun ini merupakan tempat singgah dari kereta uap yang mengangkut para tentara Belanda ke Semarang. Sejak 8 April 1976, tempat ini beralih fungsi menjadi sebuah museum dengan koleksi awal 21 lokomotif.

Kini kamu dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta uap kuno berusia ratusan tahun atau kereta diesel yang sedikit lebih modern. Terdapat dua rute perjalanan yang dapat kamu pilih, pertama rute Ambarawa menuju Tuntang yang menyajikan pemandangan gunung dan juga Rawa Pening. Sementara rute kedua yang melintasi Ambarawa dan Bedono bakal menyajikan lintasan berbukit dengan latar gunung Ungaran dan Merbabu.

Kota Lama

Bukan hanya di Jakarta yang memiliki kawasan Kota Lama. Di Kota semarang juga terdapat kawasan Kota Lama yang menyajikan megahnya bangunan-bangunan lama khas Belanda.

6 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler Pusat Kota

Kawasan Simpang Lima

Selain Lawang Sewu, landmark populer di Semarang lainnya adalah Simpang Lima. Tempat wisata ini merupakan lapangan terpopuler yang terlatk di jantung Kota Semarang.

Disebut Simpang Lima karena letaknya yang berada di tengah-tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan.

Kampung Pelangi

Bukan hanya Malang yang memiliki kampung pelangi, Jodipannya. Wisata Kota Semarang juga memiliki Kampung Pelangi yang terletak di Dusun Wonosari dan tidak jauh dari Lawang Sewu.

Ketika kamu berkunjung ke Kampung Pelangi, dari jauh sudah terlihat warna-warni rumah yang memiliki cat berwarna-warni dengan berbagai gambar dan tulisan yang menarik.

Kampung Pelangi di Semarang ini terbilang baru, karena dulunya kampung ini adalah deretan perkampungan kumuh. Bagi kamu yang suka fotografi, wisata Semarang yang satu ini wajib banget dikunjungi.

7 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler Religi

Masjid Agung

Selain destinasi wisata alam, di Semarang kamu juga bisa menikmati wisata religi dengan mengunjungi Masjid Agung. Masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari ini memiliki keindahan luar biasa.

Keindahan yang ditawarkan berupa gedungnya yang mirip dengan MAsjidil Haram di Mekkah. Menggunakan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma, Arab dan memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri.

Biasanya payung di masjid ini akan dibuka ketika sholat Jumat berlangsung. Selain itu, di menaranya terdapat tulisan yang berlafazkan Asmaul Husna.

Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada juga bangunan tua yang terkenal di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur serta interior yang juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto. 

8 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler Kompleks Pecinan

Kompleks Pecinan

Kompleks Pecinan atau warga lokal biasa menyebutnya kawasan Gang Baru. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan dan suasana khas Tionghoa di tengah Kota Semarang. Selain suasana khas seperti di China, di Kompleks Pecinan ini juga dapat melihat beberapa klenteng tua.

Masing-masing kelenteng memiliki nilai sejarahnya masing-masing. Jadi, selain berwisata kamu juga bisa belajar sejarah dan beribadah jika kamu umat Konghucu.

Vihara Buddhagaya

Tempat wisata religi di Kota Semarang lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah ihara Buddhagaya Watugong. Di sini terdapat dua bangunan utama yang paling terkenal, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

9 dari 9 halaman

Destinasi Wisata Kota Semarang Terpopuler

Kelenteng Sam Poo Kong

Destinasi berikutnya merupakan bukti peninggalan dan perkembangan budaya Tiongkok di Indonesia.  Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan sejumlah lampion bergantungan di beberapa sisi kelenteng. 

Meski memiliki fungsi sebagai tempat peribadatan, Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan. Kamu pun dapat berburu gambar di seputar kelenteng atau mencoba pakaian khas Tiongkok yang disewakan di sana.

Pasar Semawis

Buat kamu pecinta kuliner, wajib untuk mengunjungi Pasar Semawis. Ini merupakan pasar kuliner malam yang mulai buka dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. Di sana kamu bisa menikmati berbagai makanan dan minuman. Pasar ini terletak di kawasan Pecinan Semarang