Sukses

20 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan dan Cara Pakainya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang putih bukan hanya sebatas penambah cita rasa pada makanan saja. Lebih dari itu, ada segudang manfaat bawang putih bagi kesehatan yang belum banyak diketahui.

Rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini memiliki senyawa khusus yang dapat menunjang kesehatan manusia. Ada beberapa senyawa yang dimiliki bawang putih seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat allicin yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Zat ini juga yang menyebabkan aroma menyengat pada bawang putih.

Beragam penelitian pun pernah dilakukan untuk menelusuri manfaat bawang putih bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/1/2020). 

2 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Meringankan Sakit Gigi

Bantu meredakan sakit gigi merupakan manfaat bawang putih bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Bawang putih memang sudah dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi.

Cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun sayangnya, cara ini membawa efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

Mencegah Kanker Paru

Mengonsumsi bawang putih mentah yang sudah dicuci bersih dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru. Mengutip pernyataan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, hasil studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan bahwa responden yang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

3 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bawang putih bagi kesehatan lainnya dapat menurunkan risiko kanker. Khasiat antikanker disebabkan adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Bawang putih juga dinilai sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru.

“Bawang putih bagus, untuk mencegah kanker paru. Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak tetapi manfaatnya luar biaa. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil dulu," kata dr. Nadia Octavia seperti dikutip dari situs Klik Dokter.

Mengatur Gula Darah

Manfaat bawang putih bagi kesehatan dapat berfungsi sebagai pengatur gula darah. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan insulin dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengendalikan gula darah pada orang dengan diabetes.

4 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Mengatur Ritme Jantung

Mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat mengatur ritme jantung. Hal tersebut dapat membantu Anda agar terhindar dari gangguan jantung. Bagi Anda yang memiliki keluhan terhadap detak jantung yang terlalu cepat, konsumsi bawang putih dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Terbukti banyak khasiat bawang putih khususnya bagi kesehatan jantung. Bawang putih menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, memungkinkan zat besi mengalir lebih baik bagi tubuh.

Berbagai penelitian menunjukan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat kadar gula dalam darah.

5 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Membantu Penderita Hipertiroidisme

Manfaat bawang putih bagi kesehatan dapat membantu penderita hipertiroidisme. Hal ini dikarenakan adanya kadar yodium yang tinggi pada bawang putih membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sangat efektif bagi penderita hipertiroid. Pengobatan dengan bawang putih telah terbukti sangat berdampak baik pada penderita penyakit ini.

Mencegah Flu

Manfaat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya dapat mencegah flu datang. Hal ini dikarenakan adanya zat yang tekandung dalam bawang putih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi bawang putih, misalnya, dapat mengurangi rata-rata lama flu seseorang sebanyak 70 persen.

6 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Mengatasi Infeksi Jamur

Adanya kandungan allicin yang terdapat pada bawang putting mampu mengaktifkan enzim-enzim yang bertugas membuang racun dari dalam tubuh. Allicin merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas menyebabkan kerusakan pada tubuh, termasuk pada organ hati.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu pemicu paling utama dari serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan, ekstrak bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu.

7 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Mencegah Alzheimer

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah serta sifat antioksidan pada bawang putih dapat mencegah penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

Mempertahankan Stamina

Manfaat bawang putih lainnya dapat meningkatkan kapasitas kerja. Hal ini dikonfirmasi dengan sebuah studi terakhir yang menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan konsumsi bawang putih.

Membantu Detoksifikasi Logam Berat

Pada dosis yang tinggi, senyawa sulfur dalam bawang putih telah terbukti dalam melindungi kerusakan organ dari toksisitas logam berat.

Mempertahankan Kualitas Tulang

Salah satu studi menemukan bahwa bawang putih secara signifikan dapat memperlambat pengurangan estrogen pada perempuan yang telah menopause. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang membahas dampat bawang putih pada tulang laki-laki.

8 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Kulit

Merawat Rambut dan Kulit

Ada berbagai kandungan dalam bawang putih yang dapat melindungi kulit ari efek radikal bebas dan memperlambat penurunan kolagen, yang berujung pada hilangnya elastisitas kulit. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan bawang putih sebagai perawatan luar.

Bawang putih dapat melindungi kulit dari infeksi jamur dan bisa menyembuhkan kulit dari iritasi. Bawang putih juga ampuh untuk merawat rambut. Menggosokkan bawang putih mentah ke kulit kepala dan memijatnya bisa mencegah dan mengembalikan ketebalan rambut yang berkurang akibat rontok.

Membersihkan Komedo

Komedo di wajah sangat mengganggu penampilan, karena wajah terlihat lebih kasar dengan adanya komedo yang menonjol di bagian hidung dan tengah pipi. Kalau beberapa langkah perawatan tak berhasil menghilangkan masalah komedo, kini kamu perlu mencoba bawang putih. Manfaat bawang putih bisa membantu menghilangkan komedo.

Cara membersihkan komedo, oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area wajah yang berkomedo. Kemudian pijat halus dengan perlahan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara ini hingga komedo benar-benar hilang.

9 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kecantikan

Perkecil Pori-pori di Kulit Wajah

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat seperti kulit jeruk dan tentu saja dapat mengganggu penampilanmu. Tapi tenang saja, kini kamu bisa mengatasi pori-pori yang besar tadi dengan bawang putih.

Cara membuat ramuan dari bawang putih ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu siung bawang putih yang telah dihancurkan dengan setengah buah tomat. Kemudian gunakan racikan ini sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Bawang putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek dan noda hitam di wajah. Tidak susah untuk mendapatkan manfaat bawang putih ini. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan super tipis di flek hitam atau noda bekas jerawat tersebut, jika sudah bisa bilas menggunakan air hangat.

10 dari 10 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Kulit

Menunda Penuaan

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan. Senyawalah inilah yang bisa membantu kamu menunda penuaan. Mungkin terdengar aneh, namun dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan madu dan lemon di pagi hari. Cukup potong kecil bawang putih. Kemudian campurkan dengan lemon dan madu saat bangun tidur di pagi hari.

Artikel menarik lainnya.

Menghilangkan Peradangan pada Kulit

Kalau kamu memiliki beberapa masalah kulit seperti bersisik, gatal, dan memerah, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Kamu bisa mengatasi beberapa masalah ini dengan bawang putih.

Cara mendapatkan manfaat bawang putih dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian balurkan pada bagian tubuh atau kulit yang bermasalah. Gunakan secara rutin dan rasakan hasilnya yang luar biasa.