Sukses

Naik di Gerbong Khusus Wanita, Para Pria Penumpang Kereta Ini Dipukul Polisi

Liputan6.com, Jakarta Hampir di setiap negara di dunia terdapat kasus pelecehan terhadap wanita. Wanita kerap kali dijadikan objek aksi kejahatan ini. Kebanyakan kasus ini ditemukan di tempat-tempat umum seperti di dalam transportasi umum.

Hal tersebut membuat beberapa pemerintah di berbagai negara membuat kebjikan untuk melindungi wanita. Salah satunya dengan membuat transportasi umum khusus untuk wanita. Beberapa negara yang telah memiliki transportasi ini khususnya kereta yaitu Jepang, Mesir, Iran, Brasil, Meksiko, Filipina, Malaysia, Uni Emirat Arab dan India.

Namun sayangnya meski jelas tertulis gerbong kereta khusus wanita, masih ada saja pria yang melanggar dan nekat masuk ke dalam kereta untuk pergi ke tempat tujuan. Aksi ini bahkan sempat viral di media sosial.

Tak hanya viral, banyak netizen yang turut kesal dengan aksi para penumpang pria di kereta tersebut. Bahkan para netizen mengaku tak hanya terjadi di India saja tetapi juga di beberapa negara lainnya.

2 dari 3 halaman

Polisi Hadang Penumpang Pria

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Rabu (22/1/2020) sebuah video memperlihatkan para polisi wanita menghadang kereta yang diduga banyak ditumpangi pria di stasiun di New Delhi. Di India, polisi diperbolehkan memukul hingga menarik paksa penumpang yang tak mentaati peraturan di transportasi umum.

Tampak beberapa polisi menghadang di pintu keluar kereta dan memukul belasan pria yang nekat masuk ke dalam kereta khusus wanita. Hal ini lantaran kasus pelecehan yerhadap wanita di India cukup tinggi di India.

Pemerintah membuat kereta khusus wanita lantaran wanita berhak merasa aman di tempat umum. Serta menganggap bahwa keadilan bagi wanita telah dirampas dan selalu merasa bahaya bahkan di tempat ramai sekalipun.

3 dari 3 halaman

Reaksi Netizen

Tak hanya di India, fenomena ini ternyata terjadi pula di beberapa negara Asia lainnya. Terlihat dari beragam opini di kolom komentar akun @anthraxxxx. Diunggah pada Selasa (21/1/2020) lalu video ini sudah ditonton sebanyak 401,3 ribu dan diretweets sebanyak 15,3 ribu kali.

Beberapa netizen mengaku video ini bisa menjadi pelajaran dan contoh bagi polisi di negara mereka saat menghadapi fenomena yang sama. Mereka merasa transportasi khusus wanita seolah sama saja dengan transportasi umum lainnya.

"Kalo di Indonesia, yang nempeleng harus marinir.." tulis @rizkyudha.

"Bisakah polisi di Malaysia melakukan ini juga?" komentar @Pretty_TWICE.

"kaget aku langsung asal tapok gitu" timpal @maulanasuef.

"Seorang pria yang menggendong seorang anak dengan istrinya di sampingnya seperti, "Aku selamat" imbuh @TuanAmirFarhan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ibu Ini Gunduli Rambut dan Dijual Rp 28 Ribu, Alasannya Bikin Haru
Artikel Selanjutnya
6 Potret Febby Rastanty Liburan ala Backpacker di India