Sukses

10 Tempat Wisata di Singkawang, Panorama Alamnya Memukau

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat didominasi dengan pemandangan alam. Kota Singkawang berasal dari kata San Kew Jong atau biasa dibaca Shan Kou Yang. Kata ini memiliki makna gunung mulut laut, yang artinya Kota Singkawang merupakan kota yang berada di antara gunung dan laut. 

Karena kondisi geografis inilah, Kota Singkawang punya banyak pilihan tempat wisata alam yang menggoda untuk dikunjungi dan dijelajahi. Bagi kamu yang belum memiliki rencana libur akhir pekan, tempat wisata di Singkawang bisa kamu jadikan pilihan.

Tiap hari libur, kota ini selalu ramai dikunjungi terlebih saat perayaan Imlek. Karena Singkawang merupakan salah satu kota yang menyelenggarakan perayaan Imlek di Indonesia. Hal ini dikarenakan Kota Singkawang menjadi tempat tinggal oleh etnis Tionghoa terbesar di Indonesia.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Singkawang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

Pulau Randayan

Pulau Randayan merupakan salah satu tempat wisata di Singkawang yang wajib dikunjungi. Randayan merupakan pulau sepi yang memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih, lengkap dengan pemandangan eksotis bak pulau pribadi.

Untuk berkunjung ke pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu dari dermaga pantai pasir panjang dengan waktu sekitar 2 jam. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat banyak. Mulai dari villa, café restoran, yang sangat memanjakan ketika liburan ke pulau ini. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati keindahan pulau bersama keluarga dan teman-teman, Pulau Randayan adalah pilihan yang snagat tepat.

Sinka Island Park

Tempat wisata di Singkawang dengan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Sinka Island Park. Tempat wisata di Singkawang ini merupakan taman yang terdapat di pulau terkecil di dunia, yaitu Pulau Simping.

Pulau ini hanya memiliki bebatuan dan beberapa pohon. Selain itu, ada juga jembatan yang menghubungkan ke pulau ini. Di tempat wisata ini juga terdapat lokasi yang cocok untuk kamu yang suka memancing.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

Pantai Palm Beach

Ada banyak pantai di Singkawang. Salah satu yang terindah adalah Pantai Palm Beach. Selain indah, pantai ini juga merupakan destinasi andalan masyarakat Singkawang.

Pantai ini mirip dengan pantai-pantai lainnya. Deburan ombak, pasir putih yang lembut, serta pepohonan yang tertiup angin menjadi pemandangan yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

Untuk menuju ke pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Kota Singkawang. Biasanya pantai ini ramai pengunjung saat menjelang sore, karena kebanyakan pengunjung ingin menikmati matahari terbenam di pantai ini.

Pantai Pasir Panjang

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki panjang 3 kilometer sehingga dinamakan Pantai Pasir Panjang. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Kota Singkawang untuk menuju pantai ini.

Pantai Pasir Panjang ini sudah menjadi ikon wisata di Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki pasir purih, bersih, dan indah. Pantai ini cocok buat kamy yang ingin bersantai atau bermain voli pantai.

Warna airnya yang sangat indah menambah pesona keindahan dari Pantai Pasir Panjang ini. Bagi kamu yang suka mengunjungi pantai, masukkan Pantai Pasir Panjang ke dalam daftar liburanmu.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

Danau Biru

Pemandangan alam selanjutnya yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Singkawang adalah Danau Biru. Danau ini tercipta akibat penambangan emas. Namun, karena sudah ditinggalkan lama maka tempat ini berubah menjadi danau yang memiliki air berwarna hijau kebiru-biruan.

Bagi masyarakat Singkawang, Danau Biru merupakan tempat wisata terbaik di kota ini. Danau ini menyuguhkan pemandangan dengan air berwarna biru mencolok, sehingga menjadi keunikan tersendiri. Ditambah dengan keadaan alam sekitarnya yang masih alami, membuat suasana romantis semakin tercipta.

Waduk Pajintan

Tempat wisata di Singkawang dengan pemandangan indah lainnya yang bisa dinikmati adalah Waduk Pajintan. Waduk ini terletak di Kelurahan Pajintan yang merupakan bendungan air yang disimpan untuk persediaan air untuk warga sekitar.

Namun, karena bentuknya yang sangat besar, suasana yang indah dan airnya yang berwarna kebiru-biruan membuat waduk ini semakin terkenal di Kota Singkawang. Untuk mencapai waduk ini dibutuhkan perjalanan yang cukup jauh karena jarak waduk dari Kota Singkawang sangat jauh.

Apabila kamu penasaran dengan waduk indah ini, tak ada salahnya untuk mengunjunginya. Waduk ini sangat cocok bagi kamu dan keluarga yang ingin menghabiskan sisa liburan.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe tidak seperti tempat wisata air terjun pada umumnya. Hal ini dikarenakan air terjun ini tidak terlalu besar, namun tetap saja air terjun ini menarik untuk dikunjungi. Terlebih bagi kamu yang suka bermain dan mandi air di air terjun.

Karena letak air terjun ini tergolong tersembunyi, maka belum ada fasilitas yang cukup memadai di sekitar air terjunnya. Jalan untuk menuju ke air terjun ini juga cukup sempit dan tidak ada lahan khusus untuk parkir.

Air Terjun Eria

Tempat wisata di Singkawang dengan nuansa air terjun selanjutnya yang bisa dinikmati adalah Air Terjun Eria. Tempat wisata ini menawarkan sensasi berendam di dalam sejuknya air pegunungan yang sangat jernih, dingin, dan segar.

Jika dilihat, tempat ini sebenarnya bukan air terjun pada umumnya. Namun, masyakarat setempat sering menyebutnya sebagai Sungai Eria. Air yang berada di lokasi wisata tersebut berasal dari pegunungan di sekitar gunung Poteng, sehingga tak heran kalau airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk melepas penat dan menyegarkan otak dari rutinitas harian yang melelahkan, dengan ditemani keindahan alam.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Singkawang

Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk berada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara yang berjarak sekitar 20 menit dari pusat Kota Singkawang. Di tempat wisata ini bukan hanya menikmati keindahan alam, tapi kamu juga bisa sambil belajar.

Tapi karena lokasi wisata ini di gang kecil, maka untuk ke tempat kamu harus menggunakan motor. Sedangkan untuk masuk ke tempat wisata ini kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Ada banyak fasilitas yang dapat digunakan di wisata Hutan Mangrove Setapuk ini, salah satunya adalah kapal motor yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai.

Bukit Rindu Alam

Bukit rindu alam terletak di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Singkawang ini wajib kamu kunjungi ketika berada di sini. Dari ketinggian ini, kamu bisa melihat keindahan dan sejukanya Kota Singkawang dan juga bisa menikmati keindahan beberapa pantai di Singkawang dari ketinggian lewat bukit ini.

Untuk bisa sampai ke puncak ini, kamu perlu menaiki beberapa tangga. Namun jangan khawatir karena selama perjalanan menuju puncak bukit akan disambut dengan beberapa patung binatang dan keindahan alam di sekitar bukit.

 

Loading